x

Piala AFF 2018 Jadi Bukti Kemunduran Timnas Indonesia?

Kamis, 22 November 2018 15:08 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Bima Sakti tampak lesu usai Timnas ditaklukan Thailand dengan skor 4-2

FOOTBALL265.COM - Hasil imbang yang didapat Filipina kala bertanding dengan Thailand membuat Timnas sepak bola Indonesia tersingkir dari ajang sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara, Piala AFF 2018.

Timnas sepak bola Indonesia bersama Timor Leste, Kamboja, dan Laos telah resmi tersingkir dari Piala AFF 2018. Uniknya, tiga tim itu adalah yang tim yang memang dikenal paling lemah di Asia Tenggara.

Timnas Indonesia yang baru mengoleksi tiga angka hasil dari sekali menang dan dua kali kalah membuat mereka tidak bisa mengejar poin dari Filipina yang sudah mengoleksi tujuh poin.

Tiga poin hasil dari kemenangan atas Timor Leste tidak cukup untuk membuat Timnas Indonesia lolos.

Baca Juga

Kegagalan Timnas Indonesia menambah catatan rekor buruk tidak lolos dari babak grup menjadi empat kali. Sebelumnya tragedi gagalnya lolos Timnas Indonesia sebelumnya pernah terjadi di edisi 2007, 2012, dan 2014.

Tapi edisi kali ini rasanya sangat memalukan karena Timnas Indonesia sudah dipastikan gagal lolos meski masih menyisakan satu laga.

Lebih parah lagi Timnas Indonesia gagal bersama tim-tim semenjana Asia tenggara seperti Laos, Kamboja, dan Timor Leste.


1. Status Timnas Indonesia di Asia Tenggara Sudah Bukan Raksasa Lagi?

Timnas Indonesia usai melawan Timor Leste di Piala AFF 2018.

Kegagalan lolos dari babak grup membuktikan kalau kualitas permainan Timnas Indonesia sudah setingkat dengan tim-tim kecil tersebut.

Sungguh ironis melihat Timnas Indonesia yang dahulu disebut sebagai raksasa Asia Tenggara harus tersingkir bersama para 'kurcaci'.

Timor Leste, Kamboja, dan Laos biasanya untuk tampil di Piala AFF harus melewati babak kualifikasi. Jika Timnas Indonesia tidak melakukan evaluasi dan introspeksi besar-besaran, bukan tidak mungkin jika untuk bermain di Piala AFF saja harus melalui kualifikasi.

Baca Juga

Tentu itu menjadi tamparan keras bagi Timnas Indonesia, di saat tim tengah mengalami kemunduran hingga selevel dengan Kamboja, tim-tim lain justru sedang berkembang.

Kita dapat lihat dalam diri Myanmar dan Filipina yang belum pernah juara, justru berpeluang untuk lolos ke semifinal meninggalkan Timnas Indonesia dengan segala dusta dan keserakahan di tubuh pengurusnya.

Terus Ikuti Perkembangan Piala AFF 2018 dan Berita Sepak Bola Lainnya di FOOTBALL265.COM