x

Beda Nasib dengan Bima Sakti, Pelatih Filipina Bongkar Cara Tembus Semifinal Piala AFF 2018

Senin, 26 November 2018 14:14 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Sven-Goran Eriksson, pelatih Timnas Filipina di Piala AFF 2018.

FOOTBALL265.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti dan pelatih Filipina, Sven-Goran Erikssen nyatanya memiliki nasib yang sama dalam menangani skuat asuhannya di kompetisi sepak bola Piala AFF 2018.

Keduanya belum lama ditunjuk sebagai pelatih kepala untuk menggantikan nahkoda sebelumnya dan mendapat tugas tak mudah, yakni membawa kedua negara berjaya di kejuaraan sepak bola se-Asia Tenggara itu.

Bima Sakti ditunjuk menggantikan Luis Milla yang tak diperpanjang kontrak, hanya tiga minggu menjelang kick off Piala AFF 2018. Sedangkan, Sven-Goran dipercaya membesut Filipina dua minggu lebih menjelang bergulirnya kejuaraan dua tahunan itu.

Baca Juga

Akan tetapi, garis keberuntungan dua pelatih itu berbeda. Bima Sakti gagal membawa Timnas Indonesia lolos dari babak penyisihan Grup B, sementara Sven-Goran mampu mengantarkan Filipina melaju ke babak semifinal.

Terkait hal itu, Sven-Goran pun lantas membongkar rahasia suksesnya. Menurutnya, ia hanya melanjutkan pekerjaan pelatih sebelumnya, di tambah kekompakan dalam skuat Filipina sudah terbangun, sehingga dirinya gampang merealisasikan taktik dan strateginya.

"Rahasianya tentu tiap pelatih punya keinginan untuk menang. Dan itu yang saya punya," katanya usai laga Indonesia vs Filipina, Minggu (25/11/18) di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Baca Juga

"Saya rasa, pelatih sebelumnya banyak melakukan pekerjaan yang bagus sehingga memudahkan saya."

"Tim ini sangat banyak punya pemain berbakat sehingga kami bisa melangkah sejauh ini," lanjut mantan pelatih Sampdoria di hadapan awak media berita sport.

Filipina mengakhiri babak penyisihan Grup B dengan delapan poin, hasil dari dua kemenangan (atas Singapura dan Timor Leste) dan dua kali imbang kontra Thailand dan Indonesia.

Baca Juga

Sementara itu, skuat Garuda hanya menempati urutan keempat dengan koleksi empat poin, usai menelan dua kekalahan (dari Singapura dan Thailand), satu kemenangan atas Timor Leste, serta imbang melawan Filipina.

Terus Ikuti Update Piala AFF 2018 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di FOOTBALL265.COM

FilipinaSven-Goran ErikssonTimnas IndonesiaBima SaktiPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2018

Berita Terkini