x

Perbandingan Kekuatan Persija dan PSM Makassar di Liga 1 2018, Siapa Lebih Pantas Juara?

Senin, 26 November 2018 14:08 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
PSM Makassar vs Persija Jakarta

INDOSPORT. COM - Gelaran kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2018 telah memasuki penghujung musim. Persija Jakarta dan PSM Makassar, jadi dua tim teratas yang bersaing ketat memperebutkan gelar juara.

Ya, gelaran Liga 1 2018 kini sudah memasuki pekan ke-32. Fakta ini sekaligus menandakan bahwa Liga 1 2018 tinggal menyisakan dua laga lagi untuk menentukan tim yang akan menjadi juaranya.

Sosok tim yang bersaing ketat memperebutkan gelar juara kini hanya ada dua saja, yakni Persija dan PSM. Keduanya berada di dua teratas klasemen sementara dengan berjarak satu poin saja.

Baca Juga

Persija berada di urutan kedua dengan torehan 56 poin. Sementara PSM, berhasil unggul satu angka di puncak klasemen dengan torehan 57 poin.

Bila menerka, siapa kira-kira tim yang layak menjadi juara Liga 1 2018? Ada baiknya melihat peta kekuatan Persija dan PSM sepanjang gelaran musim ini.


1. Persija Jakarta

Selebrasi Marko Simic setelah mencetak gol pertama untuk Persija ke gawang Sriwijaya FC di laga pekan ke-32 Liga 1 2018.

Mari kita mulai dari Persija terlebih dahulu. Persija, tim asuhan Stefano Cugurra Teco ini terkenal dengan kekuatan lini belakangnya.

Ya, semua asumsi tentang kehebatan lini belakang Persija sudah dibuktikan dengan jumlah kebobolan Persija sampai pekan ke-32. Persija mencatatkan jumlah kebobolan sebanyak 34 gol, atau dengan kata lain yang tersedikit di antara tim-tim peserta Liga 1 2018 lainnya.

Soal lini depan, kualitas yang dimiliki Persija terbilang tak terlalu garang sebagai tim papan atas. Meski memiliki Marko Simic, jumlah gol yang dicetak Persija sampai pekan ke-32 baru menyentuh angka 49.

Baca Juga

Angka jumlah gol Persija tersebut masih sama dengan torehan tim peringkat 13, Persela Lamongan. Bahkan, Persija juga kalah produktif dari Persebaya Surabaya yang duduk di urutan 9 dengan torehan 58 gol.


2. PSM Makassar

Aksi selebrasi Marc Klok bersama rekannya

Beralih ke kubu PSM Makassar, kekuatan utamanya cukup berbeda. PSM Makasaar memiliki lini pertahanan yang tak sekuat Persija.

Bila melihat sampai pekan ke-32, jumlah kebobolan PSM Makassar berada di angka 41. Meski tak terlalu buruk, tapi catatan ini masih sama dengan tim penghuni zona degradasi, Perseru Serui yang juga baru kebobolan 41 gol.

Namun, jangan tanyakan soal kegarangan lini depannya. PSM Makassar terbilang jadi tim yang produktif di Liga 1 2018.

Berdasarkan data sampai pekan ke-32, PSM Makassar telah mencetak 52 gol. Hebatnya, torehan ini merupakan yang kedua terbanyak setelah Persebaya dengan 58 golnya.

Baca Juga

Bila menilik segala perbandingan kekuatan tadi, siapakah yang lebih pantas juara? Persija dengan kekuatan lini belakangannya? Atau justru PSM Makassar dengan kegarangan barisan penyerangnya?

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT