x

Jelang Berakhirnya Liga 1 2018, Bagaimana Kiprah 5 Pemain Termahal Musim Ini?

Rabu, 28 November 2018 15:20 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Ezechiel pada laga Persib vs Persija.

FOOTBALL265.COM - Kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2018 mulai mendekati akhir musim. PSM Makassar dan Persija Jakarta yang digadang-gadang akan keluar sebagai juara di musim ini, harus saling sikut-menyikut satu sama lain hingga minggu terakhir.

Tentu saja hal ini menjadi sepenggal cerita menarik yang dapat dibahas oleh para penikmat sepak bola Indonesia, selain polemik dualisme jabatan yang dilakukan oleh Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi.

Di luar semua itu, sejatinya Liga 1 musim ini memiliki cerita yang benar-benar menarik perhatian untuk dibahas beberapa catatan yang menarik, yakni hadirnya beberapa pemain-pemain yang berharga 'mahal'. 

Besarnya biaya yang dikeluarkan untuk mendatangkan para pemain tersebut, harus seimbang dengan penampilannya di lapangan hijau. Akan tetapi apakah itu sesuai dengan kenyataan? 

Baca Juga

Maka dari itu INDOSPORT telah merangkum kiprah 5 pemain termahal Liga 1 musim ini berdasarkan Transfermarkt.


1. Stefano Lilipaly & Danny Guthrie

Gelandang Bali United, Stefano Lilipaly.

Stefano Lilipaly

Kemampuan Stefano Lilipaly memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Berposisi sebagai gelandang serang, tekniknya dalam mengiring bola, serta visinya dalam melancarkan serangan, menjadi sebagian kecil alasan mengapa pemain Bali United ini sering kali diagung-agungkan.

Berdasarkan Transfermarkt, Lilipaly memiliki nilai kontrak sebesar 405 ribu euro atau sekitar Rp6 milliar. Dengan angka sebesar itu, lantas bagaimana penampilan pemain 28 tahun ini? 

Dari 27 penampilannya di semua ajang, Lilipaly mampu berkontribusi atas 15 gol yang dicetak oleh Serdadu Tridatu dengan rincian 12 gol dan tiga assists.

Sedangkan saat membela Merah Putih, Lilipaly yang telah mengikuti dua turnamen bergengsi, yakni Asian Games 2018 dan Piala AFF 2018 mampu memberikan penampilan terbaiknya, walau gagal meraih satupun gelar bersama Indonesia.

Baca Juga

Danny Guthrie

Sejak pertama kali didatangkan oleh Mitra Kukar, Danny Guthrie mampu mencuri perhatian khalayak luas, terutama para pencinta sepak bola Indonesia. Bukan karena kiprahnya, melainkan karena klub yang pernah dibelanya pada masa lalu.

Ya, pemain 31 tahun ini diketahui merupakan lulusan dari akademi Liverpool dan Manchester United. Tak ayal banyak yang berharap dengan kemampuan Guthrie. 

Akan tetapi, tak sedikit pula yang beranggapan bahwa gelandang tengah ini memiliki nilai kontrak yang cukup mewah.

Diketahui Guthrie memiliki nilai kontrak bersama Mitra Kukar sebesar 450 ribu euro atau sekitar Rp 7 milliar. Tentu saja angka ini masih tergolong 'murah' untuk pemain yang merupakan binaan asli klub terkemuka Inggris ini.

Lantas dengan nilai kontrak yang cukup mewah tersebut, bagaimana kiprah Guthrie di Mitra Kukar? Dari 28 pertandingannya di Liga 1 2018, Guthrie telah berkontribusi atas empat gol. 

Akan tetapi, sangat disayangkan kehadiran Guthrie tak mampu membuat Mitra Kukar berbicara banyak di musim ini dengan menempati peringkat ke-14 dengan perolehan poin 39.


2. Jaimerson Xavier & Ezechiel Ndouasel

Selebrasi Jaimerson da Silva saat buat gol lawan Borneo FC.

Jaimerson Xavier

Kedatangannya dianggap sebagai angin segar untuk Persija Jakarta. Bagaimana tidak? Di bawah arahan Teco, Jaime mampu membawa Macan Kemayoran menjadi tim yang disegani pada musim ini.

Kemampuannya dalam bertahan, berhasil membawa Persija menjadi salah satu tim yang diprediksi akan memenangkan Liga 1 2018 pada akhir musim nanti. Tentu saja gelontoran uang sebesar 495 ribu euro atau sekitar Rp8 milliar tidak terbuang sia-sia.

Menariknya, walau berposisi sebagai bek tengah, Jaime mampu mendulang banyak gol. Dari 35 pertandingan yang telah dilakoni pada semua ajang, pemain 28 tahun ini mampu mencetak tujuh gol.

Baca Juga

Ezechiel Ndouasel

Mungkin diantara nama-nama yang terdaftar disini, sosok Ezechiel Ndouasel merupakan satu-satunya yang bisa dikatakan sukses. Kombinasinya bersama Jonathan Bauman, mampu membuat Persib Bandung menjadi tim yang disegani sebelum terkena sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI.

Sama seperti Jaime, Ezechiel memiliki nilai kontrak sebesar 495 ribu euro atau sekitar Rp8 milliar. Tentu saja, mengingat kontribusinya di lini depan Maung Bandung, gelontoran uang tersebut tak ada artinya.

Dari 20 penampilannya di Liga 1 2018, Ezechiel telah berkontribusi atas 19 gol yang terdiri dari 15 gol dan empat assists. Andai saja dirinya tidak mendapatkan sanksi, diyakini Persib akan menggila dan berpeluang besar menjuarai kasta tertinggi sepakbola Indonesia ini.


3. Brwa Nouri

Pemain anyar Bali United Brwa Nouri tengah menjalani tes medis agar bisa bermain di Liga 1 2018.

Didatangkan oleh Bali United pada musim ini. Sosok Brwa Nouri tak bisa dipandang sebelah mata. Pengalamannya bermain di Liga Eropa bersama Ostersunds, membuat Serdadu Tridatu tak berpikir panjang untuk mendatangkannya.

Dilansir dari Transfermarkt, pemain 31 tahun ini memiliki nilai kontrak 720 ribu euro atau sekitar Rp11 milliar. Angka ini membuat Nouri berhasil menempati peringkat pertama sebagai pemain termahal Liga 1.

Lantas dengan predikatnya sebagai pemain termahal di kompetisi tertinggi sepakbola Indonesia ini, bagaimana dengan kiprahnya bersama Bali United? Tercatat Nouri telah memainkan 11 pertandingan tanpa mencatatkan satupun gol dan assist. 

Baca Juga

Akan tetapi, penilaian sukses atau tidaknya bukanlah dari torehan kedua hal itu saja.

Berdasarkan statistik, ketika Nouri bermain, Serdadu Tridatu hanya mengalami tiga kekalahan. Menariknya, ketika Nouri tidak diturunkan secara penuh, Bali United gagal meraih kemenangan.

Penulis: Ridi F Khan

Ikuti Terus Berita Liga 1 dan Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di FOOTBALL265.COM

Persib BandungPersija JakartaMitra KukarStefano LilipalyLiga IndonesiaBali United FCLiga 1Ezechiel N'DouasselJaimerson da Silva XavierDanny GuthrieTRIVIABrwa Nouri

Berita Terkini