x

Hati-hati Persija Jakarta, 4 Klub Indonesia Ini Memalukan di Liga Champions Asia

Senin, 10 Desember 2018 20:16 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni

FOOTBALL265.COM - Kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2018 baru saja berakhir. Dengan Persija Jakarta resmi menjadi juara Liga 1 2018.

Persija Jakarta berhasil menang di pekan terakhir kontra Mitra Kukar. Membuat mereka tidak terkejar oleh PSM Makassar yang juga menang atas PSMS Medan di hari yang sama, Minggu (09/12/18).

Dengan status juara Liga 1 2018, Persija Jakarta mendapatkan tiket ke Liga Champions Asia 2019. Namun, memulai kompetisi tertinggi Asia itu dari babak play-off.

Baca Juga

Sebanyak tiga pertandingan babak play-off harus dimainkan terlebih dulu oleh Persija Jakarta sebelum dipastikan masuk babak utama Liga Champions Asia 2019.

Terlepas dari perjalanan sulit Persija Jakarta, di bawah ini, INDOSPORT sudah merangkum sebanyak 5 klub yang tidak boleh ditiru oleh Persija Jakarta di Liga Champions Asia 2019.


1. 1. Petrokimia Putra

Liga Champions Asia 2018/AFC

Klub pertama yang tidak boleh ditiru oleh Persija Jakarta adalah Petrokimia Putra, yang ikut Liga Champions Asia 2002/03 dari babak play-off. Petrokimia Putra mengikuti langsung babak ketiga play-off.

Namun, memalukan, Petrokimia Putra yang menghadapi wakil Tiongkok, Shanghai Shenhua, harus menelan kekalahan dengan agregat 6-4. 

Baca Juga

Petrokimia sebenarnya mampu menang 3-1 kala bermain di Indonesia, namun ketika bertamu ke Tiongkok, mereka kalah telak dengan skor 5-1. Memalukan.


2. 2. Persita Tangerang

Logo Persita Tangerang.

Sementara Persita Tangerang, juga ikut Liga Champions Asia di tahun yang sama bersamaan dengan Petrokimia Putra. Saat itu mereka menjadi wakil Indonesia, setelah menjadi runner-up Divisi Utama Liga Indonesia.

Di babak ketiga play-off Liga Champions musim 2002/03, Persita Tangerang menghadapi wakil Thailand, Osotspa FC. Mereka kalah agregat secara 1-0.

Baca Juga

Uniknya, Persita Tangerang kalah 1-0 saat memainkan laga kandang mereka di Indonesia. Sementara di Thailand, Persita mampu bermain imbang tanpa gol.


3. 3. Sriwijaya FC

Logo Sriwijaya FC.

Kali ini terjadi di Liga Champions 2010, saat Persipura dan Sriwijaya FC mewakili Indonesia. Sriwijaya FC harus memulai asa mereka di babak pertama play-off.

Memalukan untuk Sriwijaya FC, mereka langsung terhenti di babak pertama play-off saat dikalahkan oleh wakil Singapura, Singapore Armed Forces dengan skor telak 0-3. 

Baca Juga

Menelan kekalahan di babak play-off, Sriwijaya FC harus puas berada di Piala AFC, kompetisi persis di bawah Liga Champions Asia.


4. 4. Persipura Jayapura

Logo Persipura Jayapura.

Klub terakhir adalah Persipura Jayapura yang terlibat masalah dengan PSSI sendiri. Demi tampil di Liga Champions Asia 2012, yang saat itu menjadi juara Liga Indonesia musim 2011/12, harus menempuh jalur hukum.

Setelah mengadu pada Court of Arbitration for Sports (CAS), Persipura pun mendapatkan hak mereka berlaga di Liga Champions Asia, yang dimulai dari babak pertama play-off.

Baca Juga

Persipura Jayapura pun langsung terhenti di babak pertama play-off, saat mereka kalah 3-0 dari wakil Australia, Adelaide United. Setelah kalah, Persipura pun tidak ada jatah juga ke Piala AFC.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 2018 Lainnya Hanya di FOOTBALL265.COM

Persija JakartaPersita TangerangPersipura JayapuraSriwijaya FCLiga Champions AsiaPetrokimia GresikLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini