x

4 Bintang Timnas Indonesia yang Gagal Selamatkan Klubnya dari Degradasi

Selasa, 11 Desember 2018 16:53 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Prio Hari Kristanto
Empat bintang Timnas Indonesia yang gagal selamatkan klubnya dari jurang degradasi

INDOSPORT. COM - Sejumlah nama pemain Timnas Indonesia harus menghadapi nasib apes dalam gelaran Liga 1 2018. Bagaimana tidak, berstatus sebagai pemain Timnas Indonesia, mereka justru gagal menyelamatkan klubnya dari jurang degradasi.

Gelaran Liga 1 2018 telah resmi berakhir pada akhir pekan kemarin. Persija Jakarta jadi klub yang keluar sebagai juara setelah mampu berada di posisi puncak tabel klasemen akhir.

Namun, gelaran Liga 1 2018 juga memunculkan tiga nama tim yang terdegradasi, yaitu PSMS Medan, Sriwijaya FC, dan Mitra Kukar.

Baca Juga

Kenyataan adanya tim-tim yang terdegradasi tersebut ternyata punya makna menyakitkan untuk beberapa pemain Timnas Indonesia.

Ya, mereka bisa masuk ke jajaran pemain terbaik nasional, namun justru gagal menyelamatkan klubnya sendiri dari jurang dergadasi.

Lalu, siapa sajakah pemain Timnas Indonesia yang gagal menyelamatkan klubnya dari jurang degradasi tersebut? INDOSPORT mencoba merangkumnya ke dalam ulasan singkat berikut ini.


1. Beto Goncalves

Beto Goncalves striker Timnas Indonesia.

Sosok Beto pada tahun 2018 ini memang menjadi tumpuan Timnas Indonesia. Ia dipercaya sebagai penyerang utama Timnas Indonesia dalam dua ajang sekaligus, yakni Asian Games 2018 dan Piala AFF 2018.

Keberhasilan Beto menembus skuat Timnas Indonesia ternyata tak sejalan dengan prestasinya di level klub. Ya, Beto harus menerima kenyataan kalau dirinya gagal menyelamatkan klubnya, Sriwijaya FC dari jurang degradasi.

Baca Juga

Sriwijaya terdegradasi lantaran sampai akhir musim berada di posisi 17 klasemen. Sriwijaya pun musim depan dipastikan bakal berlaga di kasta kedua, yakni Liga 2.


2. Zulfiandi

Zulfiandi melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Thailand

Sosok Zulfiandi pada tahun 2018 ini memang menjadi tumpuan Timnas Indonesia. Ia dipercaya sebagai pemain utama Timnas Indonesia dalam dua ajang sekaligus, yakni Asian Games 2018 dan Piala AFF 2018.

Keberhasilan Zulfiandi menembus skuat Timnas Indonesia ternyata tak sejalan dengan prestasinya di level klub. Zulfiandi harus menerima kenyataan kalau dirinya gagal menyelamatkan Sriwijaya FC dari jurang degradasi.

Baca Juga

Sriwijaya terdegradasi lantaran sampai akhir musim berada di posisi 17 klasemen. 


3. Septian David Maulana

Septian David Maulana berusaha untuk mendapatkan bola dari serangan pemain Timor Leste.

Hampir sama seperti Beto, Septian David juga menjadi andalan Timnas Indonesia di dua ajang sekaligus. Septian dipercaya masuk ke skuat Timnas Indonesia untuk gelaran Asian Games 2018 dan Piala AFF 2018.

Meski demikian, peforma Septian ternyata tak bisa membantu klubnya, Mitra Kukar, untuk tampil apik. Buktinya, di akhir kompetisi, Mitra Kukar terjerembab dalam jurang degradasi.

Baca Juga

Mitra Kukar terdegradasi lantaran sampai akhir musim berada di posisi 16 klasemen. Mitra Kukar pun musim depan dipastikan bakal berlaga di Liga 2.


4. Bayu Pradana

Kapten Mitra Kukar, Bayu Pradana.

Bayu Pradana jadi salah satu pemain Timnas Indonesia yang berlaga di ajang Piala AFF 2018 lalu. Fakta itu setidaknya sudah mampu menggambarkan bagaimana kualitas Bayu di sepak bola nasional Tanah Air.

Namun, yang terjadi di level klub justru sangat menyakitkan. Bayu gagal menyelamatkan klubnya, Mitra Kukar, dari jurang degradasi.

Baca Juga

Mitra Kukar terdegradasi lantaran sampai akhir musim berada di posisi 16 klasemen. Mitra Kukar pun musim depan dipastikan bakal berlaga di kasta kedua, yakni Liga 2.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya di FOOTBALL265.COM.

Mitra KukarSriwijaya FCZulfiandiBeto GoncalvesBayu PradanaLiga IndonesiaSeptian David MaulanaLiga 1

Berita Terkini