x

Depak Mario Gomez, 3 Pelatih Liga Malaysia Ini Layak Dilirik Persib Bandung sebagai Pengganti

Rabu, 12 Desember 2018 20:46 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
3 Pelatih Liga Malaysia ini layak dilirik Persib Bandung sebagai pengganti Mario Gomez.

FOOTBALL265.COM - Persib Bandung secara resmi mendepak pelatihnnya Roberto Carlos Mario Gomez kendati masih menyisakan kontrak satu musim tersisa.

Secara prestasi, Gomez memang tak bisa dinilai buruk, mengingat dalam situasi klub yang mengalami banyak masalah, dirinnya masih bisa membawa Persib Bandung bertengger di papan atas kompetisi sepak bola Liga 1 2018.

Namun seperti yang disebut Direktur PT PBB, Teddy Tjahyono, attitude pelatih asal Argentina itulah yang membuat dirinnya akhirnya di depak manajemen.

Baca Juga

Berkaca dari hal itu, keputusan manajemen Persib Bandung untuk merekrut Gomez dari Liga Malaysia di awal musim jelas bukan keputusan yang tak sepenuhnnya salah. Dan jika manajemen Persib Bandung ingin mengulang sekali lagi, mendatangkan pelatih dari Liga Malaysia, rasannya hal itu juga bisa menjadi keputusan yang layak dipertimbangkan.

Karena sederet pelatih berkualitas memang ada di kompetisi negara tetangga itu, bahkan di antaranya merupakan pelatih berlabel terbaik layaknya Gomez.

Siapa saja mereka, berikut INDOSPORT merangkumkan.


1. Mehmet Durakovic (Australia/Montenegro)

Mehmet Durakovic

Dengan label peraih penghargaan pelatih terbaik Malaysia 2018, nama Mehmet Durakovic layak ada di daftar teratas pelatih Liga Malaysia yang bisa menjadi pilihan Persib Bandung.

Kualitas pelatih asal Montenegro itu terbukti dari keberhasilannya membawa Perak FA menjadi juara di Piala Malaysia dan runner up di Liga Malaysia kendati belum genap dua tahun menukangi klub sepak bola tersebut.

Selain itu pengalaman Durakovic sebagai pemain di Timnas Australia, termasuk juga melatih klub Australia Melbourne Victory muda dan senior jelas akan sangat berguna bagi Persib Bandung yang memiliki pemain-pemain muda berkualitas.

Baca Juga

Selain itu untuk ukuran mengatur pemain-pemain berlabel bintang yang memiliki ego tinggi, Durakovic juga sudah terbukti mampu. Karena dirinya pernah melatih pemain seperti Harry Kewell, Isaka Cernak, hingga Ante Coric selama di Melbourne Victory.

Selain catatan prestasinya bersama Perak FA, Mehmet Durakovic juga pernah sekali menjadi juara Piala Malaysia bersama Selangor FA dan juga dua kali menjadi runner up Liga Malaysia bersama tim yang sama.

Jangan lupa Durakovic juga memiliki pengalaman melatih pemainan asal Indonesia, yakni ketika dirinya memimpin Andik Vermansah kala bermain di Selangor FA.


2. Raul Longhi (Argentina)

Raul Longhi kala menukangi Espanyol

Meski belum memiliki gelar pelatih terbaik di Liga Malaysia, nama Raul Longhi layak masuk pertimbangan Persib Bandung.
Apalagi Raul belum dikabarkan memiliki klub baru usai didepak oleh klubnya terdahulu Johor Darul Takzim. Padahal bersama Johor, dirinya sukses membawa klub tersebut menjadi juara di Liga Super Malaysia tahun 2018.

Secara kualitas, Raul sendiri memiliki pengalaman yang tak bisa dianggap remeh. Malang-melintang di Liga Sepak Bola Spanyol, Raul bahkan pernah dipercaya menukangi klub sebesar Espanyol meski hanya sebatas pelatih interim.

Baca Juga

Satu hal lagi yang bisa membuat Raul semakin cocok untuk menukangi Persib Bandung. Yakni karena dirinya merupakan mantan asisten Mario Gomez sekaligus juga melanjutkan tampuk pimpinan Gomez di Johor Darul Takzim.

Dengan kenyataan itu, maka sudah bukan hal yang sulit lagi untuk Raul meneruskan tim yang pernah dibangun Gomez di Persib Bandung nantinya.


3. B. Sathianathan (Malaysia)

Pelatih Malaysia, B. Sathianathan (Malaysia)

Jika dua nama di atas adalah pelatih yang berasal dari luar Asia Tenggara, maka sosok B. Sathianathan bisa menjadi pilihan pelatih lokal Asia Tenggara yang pantas dipertimbangkan Persib Bandung.

Secara kualitas mantan pelatih Timnas Malaysia ini sudah tak patut untuk dipertanyakan lagi. Itu terbukti dari tiga gelar pelatih terbaik Malaysia yang pernah diraihnya, yakni pada tahun 2010, 2012, dan 2017.

Secara prestasi B. Sathianathan terakhir mampu membawa klubnya Felda United meraih gelar juara di Malaysia Premier League atau kompetisi kasta kedua sepak bola Malaysia. Selain itu gelar yang sama juga pernah diraihnya bersama ATM FA tahun 2012. Termasuk juga gelar Piala Malaysia bersama Kelantan FA tahun 2010 silam.

Di level internasional kualitas B. Sathianathan juga terbukti dari keberhasilanya membawa Timnas Malaysia menjuarai turnamen Merdeka selama dua kali berturut di tahun 2007 dan 2008.

Baca Juga

Satu yang mungkin sulit bagi Persib Bandung untuk bisa memakai jasa pelatih 60 tahun ini, yakni dirinya baru saja menandatangani kontrak dengan klub Liga Malaysia lainnya Selangor FA pada November lalu.

Tapi apapun masih sangat mungkin di dunia sepak bola, apa lagi kejelasan kapan bergulirnnya Liga 1 2019 masih belum pasti. Andai nasib berpihak lain bagi B. Sathianathan di Selangor, maka peluang Persib Bandung untuk mendatangkannya bisa saja terwujud.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persib BandungPelatihLiga IndonesiaLiga MalaysiaLiga 1Roberto Carlos Mario GomezTRIVIA

Berita Terkini