x

Termasuk Persija, Ini 5 Klub Terkenal yang Belum Pernah Degradasi

Selasa, 18 Desember 2018 12:52 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

FOOTBALL265.COM - Persija menjadi salah satu klub terkenal yang belum terdegradasi. Berikut 5 klub terkenal yang belum pernah terdegradasi. 

Klub sepak bola asal ibu kota, Persija Jakarta, berhasil menjadi juara Liga 1 2018. Gelar juara tersebut berhasil diraih Bambang Pamungkas dkk setelah menunggu 17 tahun lamanya. 

Gelar juara Liga 1 2018 adalah gelar ke-11 bagi Persija Jakarta di kancah tertinggi sepak bola Indonesia. Persija Jakarta menjadi klub dengan jumlah gelar juara terbanyak. 

Di bawah Persija Jakarta, ada Persebaya Surabaya yang mengoleksi 8 gelar, dan Persib Bandung dan Persis Solo dengan 7 gelar. 

Baca Juga

Bedanya dengan Persebaya Surabaya dan Persis Solo, Persija Jakarta sama sekali belum pernah terdegradasi ke kasta kedua sepak bola Indonesia. 

Di Eropa, ada beberapa klub yang sama seperti Persija Jakarta, belum pernah terdegradasi. Berikut INDOSPORT telah merangkumnya. 


1. Persija Jakarta

Aksi Pemain Persija Jakarta dan Jakmania konvoi setelah menjuarai Liga 1 2018.

Seperti sudah disampaikan sebelumnya bahwa Persija Jakarta telah mengoleksi 11 gelar juara tanpa terdegradasi. Gelar juara tersebut diraih pada tahun 1931, 1933, 1934, 1938, 1954, 1964, 1971-73, 1973-75, 1978-79, 2001, dan 2018.

Baca Juga

Persija Jakarta hanya pernah beberapa kali terpuruk di papan bawah, namun tidak sampai terdegradasi ke kasta kedua. 


2. Paris Saint-Germain & Barcelona

Selebrasi Lionel Messi saat mencetak hattrick ke gawang Levante.

Paris Saint-Germain

Paris Saint-Germain yang dibentuk pada tahun 1972, memulai perjuangan dari divisi ketiga karena sebagai klub baru. Paris Saint-Germain baru promosi ke Ligue 1 pada tahun 1974. 

Dan sejak saat itu, Paris Saint-Germain tak pernah terdegradasi. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, Paris Saint-Germain menjelma menjadi klub kaya dan penguasa papan atas. 

Baca Juga

Barcelona 

Barcelona tak perlu diragukan lagi adalah salah satu klub terbaik di dunia. Puluhan gelar juara di berbagai kompetisi sudah mereka raih. 

Dan yang melengkapi catatan sempurna itu adalah, Barcelona belum pernah terdegradasi. 


3. Real Madrid & Inter Milan

Logo Inter Milan.

Real Madrid

Real Madrid adalah rival abadi Barcelona baik di La Liga Spanyol, Copa del Rey, hingga Liga Champions. Dan kedua klub ini memiliki satu kesamaan. 

Dua tim ini bersama Athletic Bilbao, menjadi tiga tim di La Liga Spanyol yang belum pernah terdegradasi. 

Baca Juga

Inter Milan

Disaat rival seperti AC Milan dan Juventus punya gelar Serie A Italia atau Liga Champions lebih banyak, Inter Milan punya sesuatu yang tak dimiliki oleh dua rivalnya itu. 

Inter Milan sama sekali tidak pernah terdegradasi ke kasta kedua. Berbeda dengan AC Milan dan Juventus yang pernah merasakan Serie B. 

Ikuti Terus Berita Liga Indonesia dan Sepak Bola Lainnya Hanya di FOOTBALL265.COM

Real MadridBarcelonaPersija JakartaParis Saint-GermainInter MilanLiga IndonesiaTRIVIA

Berita Terkini