x

Melihat Catatan Impresif Pulisic, Wonderkid Andalan Dortmund yang Berlabuh ke Chelsea

Rabu, 2 Januari 2019 17:50 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Yohanes Ishak
Christian Pulisic resmi ke Chelsea.

FOOTBALL265.COM - Chelsea dikabarkan telah mencapai kesepakatan dengan Borussia Dortmund untuk mendatangkan wonderkid asal Amerika Serikat, Christian Pulisic.

Kabarnya, Chelsea harus mengeluarkan dana sebesar 45 juta pounds atau sekitar Rp827 miliar, dan baru bisa menggunakan jasa pemain 20 tahun itu pada musim panas nanti. Seraya membiarkan Pulisic tetap memperkuat Dortmund di sisa musim ini.

Kesepakatan ini tentu akan disambut atusias oleh pendukung The Blues, apalagi klub kebanggaan mereka mampu mengalahkan beberapa klub rival yang juga mengincar tandatangan Pulisic.

Baca Juga

Namun untuk beberapa suporter Chelsea lainnya, bandrol mahal yang baru bisa mempekuat tim musim depan juga bisa menjadi pertanyaan mengenai siapa sebenarnya Pulisic dan seberapa hebat kualitasnya.

Untuk itu INDOSPORT coba merangkumkan catatan Christian Pulisic mulai dari meniti karier hingga akhirnya menjadi andalan di lini depan Borussia Dortmund beberapa musim kebelakang:


1. Karier Junior

Penampilan Christian Pulisic bersama Borussia Dortmund di musim lalu.

Lahir pada 18 september 1998 di Hershey, Pennsylvania, Amerika Serikat, Pulisic mengawali usia mudanya dengan bergabung ke tim junior Pennsylvania Classics. Selain itu Pulisic juga pernah tergabung dalam program pelatihan Timnas U-17 Amerika Serikat sebelum akhirnya direkrut klub asal Jerman Borussia Dortmund pada awal februari 2015.

Tergabung dalam tim U-17 Dortmund, hanya butuh waktu tak sampai lima bulan, Pulisic langsung di promosikan ke tim U-19 meski usianya baru menginjak 17 tahun.

Tampil apik di tim U-19, aksi Pulisic membuat pelatih Dortmund saat itu Thomas Tuchel memanggilnya ke tim utama.


2. Debut di Borussia Dortmund

Selebrasi Christian Pulisic, Borussia Dortmund vs Darmstadt

Pulisic pertama kali tampil di tim senior Borussia Dortmund pada laga uji coba jeda musim dingin awal 2016. Dirinya bermain dua kali sebagai pemain pengganti dan berhasil mengemas satu gol ditambah satu assist.

Selanjutnya pada 24 januari 2016 dirnya tampil sejak menit awal melawan Union Berlin juga dalam laga uji coba dan kembali mencetak satu assist dan satu gol.

Baca Juga

Menyakinkan dalam laga uji coba, debut resmi Pulisic pun tiba di penghunjung januari 2016 saat turun menggantikan Andrian Ramos menghadapi FC Ingolstadt dalam laga Bundesliga Jerman.

Selanjutnya pada 18 februari, juga sebagai pemain pengganti, Pulisic menjalani debutnya di Liga Europa kala menghadapi FC Porto dengan kemenangan 2-0.

Termasuk dipercaya turun pertama kali sejak menit awal mengahadapi Bayer Leverkusen pada 21 februari 2016, total di musim 2015/16 dirinya tampil sebanyak 12 kali di tim senior Borussia Dortmund dan mampu mengemas sepasang gol.


3. Tim Utama Borussia Dortmund

Dua sayap Dortmund, Christian Pulisic dan Marco Reus

Memasuki musim baru 2016/17 Pulisic semakin dipercaya tampil di tim senior Borrusia Dortmund. Total 29 penampilan di Bundesliga dan 10 laga di Liga Champions dicatatkannya bersama torehan empat gol dan 11 assist di kedua ajang tersebut.

Bahkan catatan Pulisic yang kala itu baru menginjak usia 18 tahun mampu mengalahkan statistik penampilan winger andalan Dortmund Marco Reus.

Sama berposisi sebagai winger, gaya penampilan Pulisic disebut-sebut memang memiliki kemiripan dengan Reus. Yakni memadukan kecepatan dan olah bola mumpuni yang langsung bisa menusuk ke kotak penalti lawan.

Baca Juga

Hal itu juga diakui sendiri oleh Pulisic, yang menyebut dirinya banyak belajar dari penampilan pemain asal Jerman itu.

"Saya belajar banyak dari Marco (Reus), sangat luar biasa memilikinya dalam tim" kata Pulisic pada tahun 2017.

Karier Pulisic di Dortmund pun semakin meningkat tiap musimnya, sekalipun Die Borussen berganti tampuk kepelatihan. Musim 2017/18 dirinya tampil tampil 15 laga di dua ajang dan bisa menciptakan tujuh gol dan satu assist. Sementara musim ini Pulisic telah tampil di 24 kesempatan dengan torehan yang jauh lebih banyakl, 14 gol dan sembilan assist.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT

Amerika SerikatChelseaBundesliga JermanBorussia DortmundLiga Primer InggrisLiga InggrisBola InternasionalLiga JermanChristian Pulisic

Berita Terkini