x

Meski Tak Memiliki Prestasi, ini Bukti Jika Ivan Kolev Pilihan Tepat Bagi Persija Jakarta

Selasa, 8 Januari 2019 04:22 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Abdurrahman Ranala
Kelebihan Ivan Kolev Jika Melatih Persija Jakarta.

FOOTBALL265.COM - Persija Jakarta dikabarkan bakal meresmikan Ivan Kolev sebagai juru taktik mereka, meski secara statistik pelatih asal Bulgaria tersebut tak memiliki prestasi membanggakan namun ada satu hal yang membuat Ivan Kolev sangat pas sebagai nahkoda baru Macan Kemayoran.

Selama berkarier sebagai pelatih, Ivan Kolev memang belum meraih satu gelar apaun meski sempat dua kali mengangkat trofi namun dua gelar tersebut didapat di luar kompetisi resmi. (Piala Sultan Brunei bersama Persija-2000, Sriwijaya juara Inter Island Cup-2010).

Di level Timnas Indonesia pun Ivan Kolev hanya mampu meraih runner up Piala AFF, tepatnya saat membawa Timnas  Indonesia dan Myanmar meraih peringkat kedua di ajang AFF 2002 dan 2004.

Baca Juga

Meski tak memiliki prestasi mentereng, namun sejatinya kecocokan antara Persija Jakarta dan Ivan Kolev sangatlah kental bahkan bisa disebut jika Kolev merupakan penemu embrio juara Persija di era milenium.

Hal tersebut terjadi kala keduanya bertemu pertama kali pada musim 1999, dimana Persija Jakarta menjadi klub pertama yang ia latih di Indonesia mampu dibawa hingga babak semifinal Liga Indonesia.

Pada musim berikutnya, Persija Jakarta arahan Kolev kembali gagal di Semifinal Liga Indonesia usai kalah 0-1 dari PSM Makassar yang menjadi juara di akhir kompetisi.

Meski gagal dalam dua musim perdananya, Kolev dianggap sukses membangun pondasi tim Ibu Kota dan pada 2001 Persija sukses meraih gelar Liga Indonesia bersama pelatih Sofyan Hadi, lantaran Kolev harus pergi untuk menangani Timnas Bulgaria U-21.

Baca Juga

Dengan kembalinya Ivan Kolev ke Persija Jakarta, mampukah ia membangun kembali embrio juara yang sempat ia tinggalkan 17 tahun lalu tersebut dan membuat macan kemyoran mempertahankan gelarnya musim depan.

Terus Ikuti Perkembangan Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di FOOTBALL265.COM.