x

3 Wonderkid Indonesia yang Siap Mencoba Peruntungan di Luar Negeri

Sabtu, 12 Januari 2019 21:28 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Isman Fadil
Pemain muda Persib Bandung, Gian Zola Nasrullah.

FOOTBALL265.COM – Tiga pemain sepak bola muda (wonderkid) Indonesia siap mencoba peruntungannya di kancah sepak bola luar negeri, terutama liga Asia Tenggara (ASEAN).

Kini ada empat pemain Indonesia yang merumput di dua kasta tertinggi sepak bola Malaysia dan Thailand, antara lain Saddil Ramdani (Pahang FA), Achmad Jufriyanto (Kuala Lumpur FA), Victor Igbonefo (PTT Rayong), dan Yanto Basna (Sukhothai FC).

Baca Juga

Bursa transfer pemain masih berlangsung hingga saat ini. Beberapa pemain bintang Indonesia belum memutuskan masa depannya musim 2019 nanti.

Beberapa di antaranya mengaku mendapatkan tawaran dari klub luar negeri. Ada pula yang sudah mencoba peruntungan dengan mengikuti trial.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT.com merangkum 3 pemain Indonesia yang siap mencoba peruntungan di luar negeri.


1. Osvaldo Haay

Osvaldo Haay saat konfrensi pers.

Kontrak Osvaldo Haay bersama klub sepak bola Indonesia, Persebaya Surabaya, telah berakhir seiring berakhirnya Liga 1 2018. Saat ini, pemain asal Papua itu berstatus bebas transfer sehingga banyak klub yang tertarik dan tengah melakukan pembicaraan dengannya.

Osvaldo mengaku sudah ada Beberapa klub yang melakukan pendekatan kepadanya, baik klub dalam negeri maupun luar negeri, termasuk Persebaya yang juga berusaha kembali merekrutnya.

Baca Juga

"Habis kontraknya di Persebaya, tapi masih ingin fokus untuk Timnas dulu. Sudah ada (pembicaraan), tapi sampai sekarang belum ada komunikasi lagi," kata Osvaldo Haay.

"Ada (tawaran) dari klub dalam negeri dan luar negeri. Semua sama pertimbangannya, yang bagus untuk karier saya akan saya pilih."

Osvaldo baru saja bergabung dan mengikuti latihan perdana Timnas Indonesia U-22 pada Jumat (11/01/19) di Lapangan ABC Senayan, Jakarta. Ia telat bergabung karena sedang ada urusan keluarga di Papua sehingga absen selama empat hari.


2. Gian Zola

Gian Zola Nasrulloh dan Atep tersenyum lebar saat tiba di kota Batam, Riau.

Gelandang Persib Bandung, Gian Zola, kabarnya didekati beberapa tim dari Thailand setelah sebelumnya dipinjamkan selama setengah musim Liga 1 2018 ke Persela Lamongan.

Kabar tersebut dibenarkan oleh ayah Gian Zola, Budi Nugraha. Menurutnya, tim asal Thailand tidak menghubungi langsung anaknya, melainkan melalui agen.

Meski begitu, Zola belum bisa memberikan keputusan mengenai tawaran dari tim asal Thailand tersebut. Ia masih menghargai kontraknya di Maung Bandung.

Baca Juga

"Iya (ada tawaran) tapi kan ada agen, cuma Zola masih terikat kontrak 1 tahun lagi, intinya menunggu keputusan dari pelatih. Kalau masuk skema lanjut di Persib kalau gak masuk skema pasti pindah," ungkap Budi saat dihubungi pada Senin (31/12/18).

Budi menambahkan, sekitar empat tim dari Thailand yang mendekati anaknya. Selain itu, tak sedikit tim dari dalam negeri yang berminat menggunakan jasa Zola.

"Thailand, masih trial. Ada Liga 2 dan Liga 1, ada empat tim. Kalau di Indonesia alhamdulillah ada Liga 1, ada empat sampai enam tim, cuman nggak enak juga kita masih menghargai kontrak di Persib, tunggu keputusan di Persib kalau nggak dipakai di Persib ya pasti tim lain," ucapnya.


3. Sutanto Tan

Sutanto Tan merebut bola.

Eks pemain Persija Jakarta, Sutanto Tan, menjalani trial bersama klub sepak bola asal Swedia, Dalkurd FF. Pemain yang kini membela Bali United itu telah berangkat ke Swedia sejak Minggu (06/01/19) lalu.

Sutanto Tan melalukan persiapan serius sebelum berangkat ke Swedia dengan berlatih di luar negeri. Pemain sepak bola berusia 24 tahun itu mengikuti latihan bersama klub Geylang International FC untuk mempersiapkan fisik dan mental ketika trial bersama Dalkrud FF.

Baca Juga

CEO Bali United Yabes Tanuri mendukung penuh karier Sutanto Tan di Eropa. Ia tidak akan menghalangi kepergian Sutanto Tan ke klub Swedia, Dalkurd FF.

"Kami dukung penuh Sutanto untuk menjalani trial di Swedia. Kalau nantinya Sutanto kembali ke Indonesia, kesempatan untuk bergabung kembali bersama Bali United tetap terbuka lebar untuk dia," ujarnya.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya di FOOTBALL265.COM

ThailandGian ZolaSutanto TanLiga Super MalaysiaLiga InggrisLiga IndonesiaLiga MalaysiaOsvaldo HaayTRIVIA

Berita Terkini