x

Bukan Hanya Egwuatu Ouseloka, Ini 3 Pemain Lain yang Menyusul Dinaturalisasi

Kamis, 17 Januari 2019 09:19 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Ilustrasi Marc Klok berseragam Tim Nasional Indonesia.

FOOTBALL265.COM - Induk sepak bola Indonesia, PSSI, sedang mengurus proses naturalisasi pemain asal Nigeria, Godstime Ouseloka Egwuatu, atau biasa dipanggil Olisa.

Kabar proses naturalisasi tersebut diketahui melalui rilis Kemenpora saat Rapat pimpinan (Rapim) pembahasan persiapan Raker dengan Komisi X DPR RI pada Senin (14/01/19) di Ruang Rapat Lantai 10 Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Setelah mendapat rekomendasi positif dari DPR dan izin Presiden Jokowi, bisa dibilang, proses naturalisasi Ouseloka Egwuatu hanya tinggal menunggu waktu. 

Baca Juga

Ternyata, bukan hanya Egwuatu yang dalam waktu dekat bakal menjadi WNI. Setidaknya ada tiga pemain Liga 1 yang telah menyatakan kesiapannya dan mengurus proses naturalisasi. 

Di antara pemain tersebut bahkan ada yang berusia muda dan menjadi bintang di klub Liga 1. Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT rangkum untuk Anda. 


1. 1. Marc Klok

PSM Makassar (Marc Klok).

Keputusan Marc Anthony Klok untuk meninggalkan Liga Bulgaria di usia 24 tahun untuk bermain di Liga Indonesia sempat mengejutkan beberapa pihak. 

Namun, bagi Marc Klok hal itu bukanlah sebuah masalah. Klok pun mampu membuktikan bahwa pilihannya adalah tepat. 

Ia kini menjadi bintang di Liga 1. Bersama klub PSM Makassar, MarcKlok menjadi tokoh sentral yang berperan dalam perburuan gelar juara. 

Pengalaman Marc Klok selama dua musim di Makassar pun mengantarkan pada wacana untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). 

Keinginan menjadi WNI sendiri datang dari Marc Klok. Kini, pemain yang baru saja diperpanjang kontraknya oleh PSM tersebut tengah menjalani proses naturalisasi menjadi WNI. 

Dengan kontrak sampai tahun 2023 (lima tahun lebih), maka Klok telah memenuhi syarat yang dibutuhkan untuk menjadi WNI. CEO PSM, Munafri Arifuddin, menjadi salah satu sosok penting yang mendukung langkah Klok untuk menjadi WNI. 


2. 2. Shohei Matsunaga

Gelandang PSMS Medan, Shohei Matsunaga.

Nama Shohei Matusnaga sudah tak asing lagi dalam percaturan sepak bola Indonesia. Shohei sudah membela klub Indonesia sejak tahun 2011. 

Tercatat ada tujuh klub Indonesia yang pernah dibela Shohei. Karier panjang pemain 30 tahun itu di Indonesia akhirnya mengantarkan pada keinginan untuk menjadi WNI.

Walau masih menemui hambatan, namun Shohei secara resmi telah mengurus proses naturalisasinya. Shohei sendiri telah memenuhi syarat lima tahun tinggal di Indonesia. 

Sayangnya, hingga kini proses naturalisasi tersebut belum menemui titik terang. 

Namun, yang jelas dalam satu atau dua tahun ke depan akan ada kabar positif mengenai proses Shohei Matsunaga.


3. 3. Silvio Escobar

Penyerang Perseru Serui, Silvio Escobar.

Nama Silvio Escobar mungkin tak sementereng Esteban Vizcarra maupun Spasojevic. Namun, pemain berposisi striker ini secara nyata tengah mengajukan proses menjadi WNI. 

Prosesnya sendiri telah dimulai sejak awal tahun 2018 lalu. 

Escobar yang kini membela Perseru Serui tercatat telah lima tahun berkarier di Indonesia. Pemain berposisi striker ini tiba di Tanah Air pada tahun 2013.

Bahkan, kini Escobar telah memperistri wanita asal Indonesia. 

Baca Juga

"Saat ini, saya sedang mengurus proses naturalisasi. Saya memang ingin menjadi warga negara Indonesia,” ujar Escobar.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya di FOOTBALL265.COM

Shohei MatsunagaNaturalisasiLiga IndonesiaMarc KlokTRIVIA

Berita Terkini