x

Gusti Randa Tak Tahu, Ternyata Ini Bunyi Pasal Match Fixing Statuta FIFA

Kamis, 24 Januari 2019 07:28 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi

FOOTBALL265.COM - Exco PSSI Gusti Randa mengaku tidak tahu mengenai pasal pengaturan skor pertandingan (match fixing) dalam statuta FIFA. Berikut ini adalah bunyi pasalnya.

Pengakuan tersebut dilontarkan ketika ia hadir pada program acara Mata Najwa Trans 7 yang kali ini membawa tema 'PSSI Bisa Apa Jilid 3; Saatnya Revolusi', Rabu (23/01/19) malam.

Ketidaktahuan Gusti Randa akan hal tersebut terungkap usai menyampaikan pernyataan soal match fixing. Seketika itu juga Sesmenpora Gatot S Dewa Broto tampak geram dan menanyakan pada Gusti.

Baca Juga

"Sekarang Anda tahu ngga pasal berapa di Statuta FIFA yang menyoroti match fixing?," tanya Gatot tanpa ragu.

Gusti Randa pun dengan sigap menjawab kalau ia tidak mengetahi akan hal tersebut. "Saya tidak tahu," kata Exco PSSI ini.

"Ini keterlaluan. Bisa-bisanya Komite Hukum PSSI (sekaligus Exco) tidak hapal ayat dan pasal match fixing di Statuta FIFA," sela Gatot.

Meski begitu, kemungkinan, tidak hanya Gusti Randa saja yang tidak tahu akan pasal soal match fixing dalam statuta FIFA. Pegiat sepak bola nasional juga mungkin ada yang belum tahu.


1. Pasal Match Fixing di FIFA

FIFA.

Tentu saja para penikmat sepak bola harus mengetahui bagaimana FIFA telah membuat peraturan baku terhadap perilaku curang akan pengaturan pertandingan.

Dalam laman resmi FIFA (bisa diunduh juga), tepatnya FIFA Code of Etchics 2018 (Kode Etik FIFA) sudah tertuang pada Pasal 29 terkait manipulation of football matches or competitions. Berikut bunyinya:

1. Orang yang terikat oleh Kode ini dilarang terlibat dalam manipulasi pertandingan dan kompetisi sepak bola. Manipulasi seperti itu didefinisikan sebagai pengaruh atau perubahan yang melanggar hukum, secara langsung atau, dengan tindakan atau kelalaian, tentu saja, hasil atau aspek lain dari pertandingan atau kompetisi sepak bola, terlepas dari apakah perilaku tersebut dilakukan untuk keuntungan finansial, keuntungan olahraga atau tujuan lain apa pun. Khususnya, orang yang terikat oleh Kode Etik ini tidak akan menerima, memberi, menawarkan, menjanjikan, menerima, meminta atau meminta keuntungan uang atau keuntungan lainnya, atas nama dirinya sendiri atau pihak ketiga, sehubungan dengan manipulasi pertandingan dan kompetisi sepak bola.

Baca Juga

2. Orang-orang yang terikat oleh Kode Etik ini harus segera melaporkan kepada Komite Etika pendekatan apa pun sehubungan dengan kegiatan dan / atau informasi yang secara langsung atau tidak langsung berkaitan dengan kemungkinan manipulasi pertandingan atau kompetisi sepak bola seperti dijelaskan di atas.

3. Komite Etik harus kompeten untuk menyelidiki dan mengadili semua perilaku dalam sepak bola asosiasi yang memiliki sedikit atau tidak ada hubungan dengan tindakan di bidang permainan. Kompetensi Komite Disiplin FIFA tetap dipertahankan.

4. Pelanggaran terhadap artikel ini akan dikenai sanksi dengan denda yang sesuai setidaknya CHF 100.000 serta larangan ikut serta dalam aktivitas apa pun yang terkait dengan sepak bola selama minimal lima tahun karena pelanggaran par. 1 dan minimal dua tahun karena pelanggaran par. 2. Setiap jumlah yang diterima secara berlebihan akan dimasukkan dalam perhitungan denda.


2. Berlakunya Kode FIFA

Exco PSSI Gusti Randa.

Lebih lanjut pada Pasal 2 Ayat (1) Kode Etik FIFA menyebutkan kalau statuta ini berlaku untuk:
1. Ofisial, termasuk di dalamnya wasit, pelatih, asosiasi, liga, klub, dan lain-lain;
2. Pemain, semua pesepak bola yang mendapat lisensi dari asosiasi;
3. Agen Pertandingan, perseorangan atau badan hukum yang mendapatkan lisensi dari FIFA untuk menggelar pertandingan sesuai regulasi FIFA;
4. Perantara, mewakili pemain atau klub dalam negosiasi kontrak kerja atau kesepakatan transfer pemain.

Baca Juga

Semua yang menjadi naungan FIFA harus menegakan peraturan yang telah dibuat. Hal ini untuk menjunjung nilai-nilai sportifitas, kejujuran, dan sebagainya dalam dunia sepak bola.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di FOOTBALL265.COM.

FIFAPSSIGusti RandaPengaturan Skor Pertandingan (match fixing)Exco PSSILiga Indonesia

Berita Terkini