x

Inilah Deretan Pemain Asing yang Baru Pertama Kali Main di Liga Indonesia (Part 2)

Minggu, 27 Januari 2019 13:05 WIB
Editor: Coro Mountana
Ilustrasi logo Liga 1 2019.

FOOTBALL265.COM – Ajang Liga 1 2019 memang belum dimulai, tetapi semua peserta sudah cukup disibukan dengan aktivitas di bursa transfer. Sejumlah klub pun terlibat dalam persaingan mendapatkan pemain asing yang berkualitas.

Alhasil para pemain asing tersebut menjadi rebutan dari sejumlah klub-klub Liga 1. Tak hanya mereka yang memang telah bermain di Liga 1 musim lalu, pemain asing yang berada di luar Indonesia juga masuk dalam radar klub.

Baca Juga

Akibatnya, sejumlah pemain asing yang belum pernah sama sekali bermain di Indonesia berhasil didatangkan pada bursa transfer Liga 1. Pemain asing yang baru menjejakan kakinya di Indonesia itu tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Peforma mereka di lapangan akan benar-benar disorot apakah mereka mampu beradaptasi dengan kultur sepak bola Indonesia atau tidak. Jika sebelumnya kami sudah membahas 7 pemain asing yang baru pertama kali bermain di Liga Indonesia.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT.com memabahas 7 pemain asing berikutnya yang pernah pertama kali main di Liga Indonesia.


1. Pavel Smolyachenko

Pavel Smolyachenko saat jalani latihan bersama Arema FC

Nama pertama yang satu ini merupakan pemain asal Uzbekistan yang akan memperkuat Arema FC untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2019. Pavel Smolyachenko akan mengisi kuota pemain asing Asia di Arema FC.

Baca Juga

Pavel diketahui pernah membela Timnas Uzebkistan sebanyak sekali, artinya ia adalah salah satu pemain berkualitas di negaranya. Sebelum ke Indonesia, pemain yang dapat bermain sebagai penyerang itu sempat bermain di Malaysia untuk ATM FA dengan koleksi 6 gol.

Lucas Silva

Lucas Silva, Rekrutan Baru Barito Putera

Kepindahan dua bek tengah sekaligus membuat Barito Putera harus dengan cepat menambal lubang yang ditinggalkan oleh Hansamu Yama dan Aaron Evans. Oleh karena itu Barito Putera mendatangkan dua bek tengah asing sekaligus yaitu Arthur Jesus dan Lucas Silva.

Nama terakhir yang disebutkan tadi merupakan pemain berpaspor Brasil yang sudah berusia 27 tahun. Musim lalu, Lucas Silva memperkuat FC Zaria Balti yang merupakan klub sepak bola yang bermain di Liga Moldova.


2. Javlon Guseynov

Javlon Guseynov, mantan kapten Uzbekistan U-23 resmi ke Borneo FC.

Salah satu kelebihan yang dimiliki Javlon Guseynov adalah kemampuannya yang dapat bermain di beberapa posisi seperti bek tengah hingga bek sayap. Oleh karena itu, Borneo FC segera merekrut Javlon Guseynov untuk Liga 1 2019.

Pemain yang berasal dari Uzbekistan itu sebelumnya bermain di negaranya dengan klub yang bernama AGMG Olmaliq. Kepiawaiannya dalam menjaga lini pertahanan dapat dilihat dari betapa seringnya ia diturunkan musim lalu hingga 17 kali.

Jakhongir Abdumuminov

Jakhongir Abdumuminov pemain Persija Jakarta.

Satu lagi pemain Uzbekistan yang pertama kali main di Indonesia yaitu Jakhongir Abdumuminov yang memperkuat Persija Jakarta. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu di musim lalu bermain untuk Istiklol.

Baca Juga

Permainan Jakhongir sendiri bersama Persija Jakarta terlihat sudah padu dengan penampilan gemilangnya di debut pada pertandingan Piala Indonesia. Dalam kemenangan 8-2 atas Kepri Jaya itu, Jakhongir sukses menciptakan satu asis untuk Marko Simic.

Khurshed Beknazarov

Khurshed Beknazarov pesepak bola asal Tajikistan resmi gabung PS TIRA

Banyaknya ‘invasi’ pemain Uzbekistan di Indonesia ternyata juga diikuti oleh Tajikistan yang mengirimkan Khurshed Beknazarov untuk bermain di PS TIRA. Berposisi sebagai pemain bertahan, dirinya diharapkan dapat mengawal lini belakang agar lebih solid.

Musim lalu, Khushed bermain untuk tim Tajikistan bernama Khujand dengan penampilan yang cukup gemilang. Hal itu membuat Khurshed sempat dipanggil untuk membela Timnas Tajikistan selama 6 pertandingan.


3. Eero Markkanen

Agen Jonne Lindblom (kiri) dan striker baru PSM Makassar Eero Markkanen (kanan).

Bisa dikatakan inilah salah satu pemain asing baru yang paling dinanti aksinya di Liga Indonesia. Pasalnya Eero Markkanen merupakan pemain yang miliki rekam jejak cukup baik di mana sempat ditempa di Real Madrid Castilla.

Pada saat itu, ia bahkan mendapat pujian dari Zinedine Zidane di Real Madrid Castilla sehingga mau mendatangkannya dari AIK (Swedia). Bahkan Markkanen diketahui sempat membela Timnas Finlandia sebanyak 17 kali dengan torehan 2 gol.

Shukurali Pulatov

Shukurali Pulatov Remi Bergabung dengan Semen Padang

Pemain terakhir yang masuk dalam daftar adalh Shukurali Pulatov yang diketahui membela Semen Padang. Pemain asing asal Uzbekistan ini sangat handal di posisi bek tengah, sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh Semen Padang dalam mengarungi kompetisi Liga 1 2019.

Di musim lalu, Shukurali Pulatov bermain untuk Neftchi di ajang Liga Uzbekistan dengan tampil dalam 20 pertandingan. Dengan postur tinggi menjulang hingga 1,83 meter, Shukurali juga diharapkan dapat memenangi duel-duel udara.

Terus Ikuti Perkembangan Bursa Transfer dan Berita Olahraga Lainnya di FOOTBALL265.COM.

Bursa TransferBarito PuteraPersija JakartaSemen PadangPSM MakassarBorneo FCLucas SilvaLiga IndonesiaArema FCLiga 1PS TIRATRIVIAJakhongir AbdumuminovEero MarkkanenPavel Smolyachenko

Berita Terkini