x

4 Fakta Gede Widiade, Presiden Persija yang Genap Berusia 54 Tahun Hari Ini

Minggu, 3 Februari 2019 14:27 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
Gede Widiade saat diwawancara oleh pers

FOOTBALL265.COM – Kabar bahagia datang dari keluarga besar Persija Jakarta, di mana Direktur Utama PT Persija Jaya Jakarta, Gede Widiade tengah berulang tahun yang ke-54 pada hari ini, Minggu (03/02/19).

Nama Gede Widiade begitu disegani di kancah persepakbolaan nasional, lantaran ia merupakan salah satu pengusaha sukses yang pernah menjadi direktur utama atau pemilik saham beberapa klub sepak bola besar di Indonesia.

Baca Juga

Guna memperingati hari kelahiran sang pemilik klub kampiun Liga 1 2018, berikut portal media olahraga FOOTBALL265.COM merangkum 4 fakta Gede Widiade:

1. Pengusaha Sukses Tanah Air

Gede Widiade merupakan pengusaha sukses asal Surabaya keturunan Bali, yang memiliki kecintaan tersendiri pada dunia sepak bola. Sehingga ia menginvestasikan sebagian besar kekayaannya untuk pengembangan sepak bola Tanah Air.

Baca Juga

Adapun di luar sepak bola, Gede Widiade memiliki usaha di bidang properti, hotel, serta kafe di berbagai daerah di Indonesia. Keuntungan dari bisnis tersebut ia salurkan ke klub-klub yang ia tangani.

“Saya tidak suka menghamburkan uang untuk kehidupan malam atau untuk kesenangan lainnya. Sepak bola itu satu-satunya hobi yang tidak bias saya tinggalkan dan hobi tidak bias dinilai dengan uang,” ujar Gede.


1. 2. Pemilik Beberapa Klub Besar Sepak Bola

Termasuk Persija Jakarta, Ini 3 Klub 'Milik' Gede Widiade yang Sukses Bhayangkara FC, Persija Jakarta, Persebaya 1927 (IPL)

Sejak berkecimpung di dunia sepak bola, Gede Widiade setidaknya pernah memiliki lima klub di Indonesia. Klub pertama yang ia sambangi adalah Persebaya 1927 sebagai CEO di tahun 2011/2012 dan 2012/2013.

Selepas dari Persebaya 1927, Gede Widiade masih bertahan di Jawa Timur untuk mengelola PS Mojokerto Putro dan mengakuisisi 90 persen saham klub tersebut pada tahun 2013.

25 April 2015 Gede Widiade kemudian mengakuisisi sebagian besar saham PT Mitra Muda Inti Berlian dan menjadi pemilik Persebaya yang bermain di ISL, atau yang saat ini dikenal sebagai Bhayangkara FC.

Baca Juga

Gede Widiade lantas merambah ke tim ibukota dan menjadi Presiden klub Persija Jakarta menggantikan Ferry Paulus pada Maret 2017 lalu. Tak hanya itu, ia juga ditunjuk sebagai CEO klub Liga 2, Persika Karawang.

3. Klub yang Dimilikinya Sering Juara

Sejak Liga 1 2017 bersama Gede Widiade, Persija Jakarta konsisten di papan atas klasemen, bahkan di Liga 1 2018 keluar sebagai juara. Selama dua musim terakhir Persija Jakarta juga menjadi kontestan kompetisi level Asia.

Baca Juga

Tak hanya di Macan Kemayoran, Gede Widiade juga sempat merasakan atmosfer juara di Liga 1 2017 yang menjadi milik Bhayangkara FC. Meski sempat menyatakan jika dirinya sudah melepas saham klub tersebut, namun hingga kini Gede Widiade bahkan masih menjalin silaturahmi dan menghadiri beberapa agenda klub.

4. Dekat dengan Pemain dan Suporter

Gede Widiade merupakan sosok yang dekat dengan pemain sepak bola. Tak hanya pemain yang tengah membela klub miliknya, namun bahkan pemain yang juga sudah lepas kontrak dari klub.

Gede Widiade juga dikenal sebagai sosok yang ramah dan dekat dengan suporter sepak bola, khususnya The Jakmania.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Indonesia Seputar Liga 1 dan Liga Indonesia Lainnya Hanya di FOOTBALL265.COM.

Persija JakartaGede WidiadeLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini