x

3 Fakta Karier Damian Lizio, Pemain Baru Persebaya Jebolan Timnas Argentina

Kamis, 14 Februari 2019 10:34 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Isman Fadil
Damian Lizio pesepak bola asal Argentina yang diincar Persebaya

FOOTBALL265.COM - Kontestan Liga 1Persebaya Surabaya dikabarkan telah menjalin kesepakatan dengan pemain asal Amerika Latin, Damian Lizio untuk mengisi satu slot pemain asing tersisa.

Damian Lizio sendiri memang belum secara resmi diumumkan sebagai pemain baru oleh Persebaya Surabaya, dan dikabarkan baru akan diperkenalkan setibanya sang pemain ke Indonesia.

Jika nantinya pemain 29 tahun itu secara resmi diperkenalkan Persebaya Surabaya, jelas merupakan suatu keuntungan bagi tim berjuluk Bajul Ijo itu bisa mendapatkan jasa Darmian.

Baca Juga

Karena meski lebih banyak menghabiskan karier di klub kasta tertinggi Liga Bolivia, Darmian tercatat merupakan pemain yang pernah berseragam Timnas Argentina dan bermain dengan bintang-bintang top Eropa.

Mengenai pengalaman karier junior Darmian, berikut akan INDOSPORT.com rangkumkan bersama dua fakta lainnya berikut ini.


1. Jebolan Timnas Argentina

Logo Federasi Sepakbola Argentina (AFA).

Lahir di Florida Argentina 30 Juni 2019, Damian Lizio sempat sangat menjanjikan sebagai pemain sepak bola usia mudanya.

Mengenyam pelatihan hingga bergabung bersama klub raksasa Argentina, River Plate, Damian bahkan sempat dipanggil untuk memperkuat Timnas Argentina U-20 di medio 2009.

Pemainggilan tersebut membuatnya sempat merasakan bermain bersama pemain-pemain yang kini menjadi bintang di Eropa, seperti bek AC Milan Mateo Musacchio, eks Liverpool Emiliano Insua, gelandang Inter Milan Ever Banega hingga winger AS Roma, Diego Perotti.

Di Timnas Argentina U-20 itu, Damian juga tak hanya dipanggil sebagai pemain pelengkap. Terbukti dari caps-nya yang mencapai dua digit, yakni 10 kali bermain dan juga menorehkan dua buah gol.


2. Karier Klub

Damian Lizio pesepak bola asal Argentina

Cukup gemilang di usia muda, sayangnya Damian Lizio tak mampu mengembangkan kariernya setara dengan bintang-bintang lain Timnas Argentina U-20.

Selepas dari River Plate U-20, dirinya memang sempat naik kelas ke tim River Plate II dan merasakan bermain di kasta kedua Spanyol bersama Cordoba FC sebagai pemain pinjaman.

Tampil 14 kali bersama Cordoba, tak satu gol dan assist pun yang bisa diciptakan Damian hingga dirinya tak dipermanenkan dan kembali ke River Plate II. 

Sempat bergabung dengan klub kasta tertinggi Cyprus, Anorthosis Famagusta, karier Damian setelahnya lebih banyak dihabiskan di klub besar Liga Bolivia, Bolivar dan sesekali ke klub Argentina, Uni Emirat Arab (UEA), Brasil dan Chile.


3. Pindah Timnas

Damian Lizio (11) saat membela Timnas Bolivia

Tak mampu mengembangkan karier segemilang pemain Argentina lainnya juga membuat Darmian Lizio tak pernah lagi dilirik oleh Timnas Argentina di berbagai level.

Tak mengherankan jika Darmian kemudian memilih untuk memperkuat Timnas negara lain di level senior, yakni Timnas Bolivia.

Tercatat Damian melakoni debut di Timnas bolivia pada laga persahabatan kontra Venezuela (19/11/14) yang berkesudahan dengan kemenangan 3-2. Saat itu Damian sukses tampil gemilang dengan menyarangkan satu gol dan juga satu assist.

Bersama Timnas Bolivia dirinya juga sempat merasakan bermain di Copa Amerika 2015 dan kualifikasi Piala Dunia di tahun yang sama.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Bursa TransferArgentinaPersebaya SurabayaRiver PlateBoliviaLiga IndonesiaLiga 1TRIVIA

Berita Terkini