x

3 Penjaga Gawang Termahal di Dunia

Minggu, 17 Februari 2019 17:00 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Yohanes Ishak
David De Gea, kiper Manchester United.

FOOTBALL265.COM- Sosok penjaga gawang dalam sepak bola sejatinya tidak bisa dipandang sebelah mata. Kemampuannya dalam bertahan, seringkali menjadi faktor penting untuk sebuah tim dalam meraih kemenangan.

Bila di era sebelumnya penjaga gawang kerap dipandang sebelah mata. Saat ini, sosok palang pintu terakhir sebuah tim ini, mulai diperhitungkan kehadirannya di lapangan hijau.

Baca Juga

Hal tersebut dibuktikan dengan melonjaknya harga atau nilai transfer beberapa penjaga gawang. Salah satunya, ialah Thibaut Courtois dan Kepa Arrizabalaga yang berhasil direkrut oleh Real Madrid dan Chelsea pada bursa transfer musim panas lalu dengan harga fantastis.

Baca Juga

Menariknya, walau dengan nominal sebesar itu, Kepa dan Cortouis nyatanya bukanlah penjaga gawang termahal di dunia saat ini. Bahkan keduanya tidak masuk dalam tiga besar. Lantas siapa yang menempati tigs teratas? Berikut INDOSPORT coba merangkumnya berdasarkan situs transfer Internasional Transfermarkt.
 


1. David de Gea

Selebrasi kiper Manchester United, David de Gea.

Sejak diboyong Manchester United dari Atletico Madrid, nama David de Gea secara perlahan-lahan mulai mencuri perhatian sebagai penjaga gawang.

Baca Juga

Kemampuannya di bawah mistar gawang The Reds Devils pun membuatnya menjadi pemain yang dielu-elu kan oleh para penikmat sepak bola disaat para penggawa United lainnya tidak bisa bermain apik. Bisa dibilang bahwa penjaga gawang berpaspor Spanyol ini menjadi faktor penentu di kala The Reds Devils terpuruk.

Saat ini De Gea memiliki nilai transfer sebesar 70 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun. Harga tersebut tentu saja melonjak hampir tiga kali lipat dari nominal yang dikeluarkan United ketika memboyongnya, yakni 25 juta euro atau sekitar Rp 396 miliar.
 


2. Marc-Andre ter Stegen

Kiper utama Barcelona, Marc-Andre ter Stegen.

Walau sempat diragukan bisa tampil maksimal bersama Barcelona. Ter Stegen nyatanya mampu mendobrak ekspetasi tersebut. Hal ini tebukti kala dirinya tak tergantikan di bawah mista gawang Blaugrana, walau pesaingnya adalah Jasper Cillessen berada di bawahnya.

Baca Juga

Ter Stegen sendiri diboyong oleh Barcelona dengan mahar 12 juta euro atau sekitar Rp190 miliar dari Borussia Monchengladbach pada tahun 2014 silam. Sejak saat itulah, karier penjaga gawang 26 tahun tersebut pun meroket. 

Rentetan gelar prestisius, seperti satu trofi Liga Champions, tiga trofi La Liga dan tiga Copa Del Rey berhasil ia raih selama berseragam Blaugrana.

Berkat performanya yang apik ini, nilai jual ter Stegen pun melonjak berkali-kali lipat dari harga yang harus dikeluarkan oleh Barcelona. Berdasarkan Transfermarkt, Stegen saat ini memiliki harga sebesar 80 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun. Angka ini pun membawa namanya menempati peringkat kedua dalam rangkin penjaga gawang termahal.
 


3. Jan Oblak

Jan Oblak, kiper Atletico Madrid.

Atletico Madrid memang dikenal sebagai salah satu klub pencetak penyerang berbakat di dunia. Akan tetapi, banyak yang tidak mengetahui bahwa rival dari Real Madrid ini nyatanya sering pula melahirkan penjaga gawang potensial. Salah satu buktinya, ialah De Gea yang saat ini berada di puncak kariernya bersama Manchester United.

Saat ini, Atletico tengah dikawal oleh seorang penjaga gawang dari Slovenia, Jan Oblak. Walau belum mendatangkan trofi bergengsi, sosok Oblak di bawah mistar gawang Atletico tidak ada duanya.

Baca Juga

Didatangkan dari Benfica pada tahun 2014 lalu dengan nominal 16 juta euro atau sekitar Rp 253 miliar. Oblak secara perlahan-lahan mulai bertranformasi menjadi palang pintu yang tak tergantikan di Atletico.

Alhasil dirinya pun menjadi salah satu pemain terpanas setiap kali bursa transfer dibuka. Karena terlalu 'panas'-nya Oblak, nilai transfernya pun melonjak naik bak roket. Berdasarkan Transfermarkt, dirinya berhasil menjadi penjaga gawang termahal di dunia dengan nilai transfer 80 juta euro atau sekitar 1,2 triliun.

Terus Ikuti Update Sepak bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.
 

David de GeaMarc-Andre ter StegenJan OblakBola Internasional

Berita Terkini