x

Suka Duka Umuh Muchtar, Melangkah dari Bobotoh Hingga Sosok Penting Persib Bandung

Minggu, 17 Februari 2019 18:02 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Umuh Muchtar, Manajer Persib Bandung.

FOOTBALL265.COM - Manager Persib Bandung, Umuh Muchtar, bercerita mengenai awal perjalanannya menjadi Bobotoh hingga kini sudah menjadi manajer klub sepak bola Indonesia papan atas itu. Umuh mengungkapkan suka dukanya melangkah dari bawah hingga kini menjadi sosok penting di balik keberhasilan Persib.

Umuh Muchtar mengaku telah mengidolakan Persib Bandung sejak kecil. Dimulai sebagai bobotoh hingga menjadi sosok penting di manajemen tim Persib Bandung, telah dilakoni oleh pria yang akrab disapa Haji Umuh itu.

Baca Juga

"Saya dari dulu memang menyukai sepakbola sejak kecil Sekolah Dasar (SD), ikut anak-anak dewasa main bola. Kami mempunyai tim namanya Persibas (Persib Babakan Surabaya). Saya dari kecil suka dengan Persib Bandung. Ke manapun Persib main, saya tonton, dan  biasanya nonton (Persib) bersama keluarga," ujar Umuh Muchtar kepada INDOSPORT.


1. Umuh Saat Jadi Bobotoh

Manajer Persib, Umuh Muchtar bersama Mario Gomez dan Supardi Nasir di 1933 Dapur & Kopi, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Rabu (21/11/18).

Ketika masih bekerja di salah satu perusahaan asing, Umuh sebagai Bobotoh masih tetap mengikuti ke manapun Persib bertanding. Karena ingin terus menyaksikan Persib, ia pun rela berhenti kerja.

"Dulu saya bekerja di perusahaan asing, saat itulah saya mulai menjadi Bobotoh yang selalu ikut Persib bertanding dimanapun," tambah Umuh

"Pernah saya satu minggu tidak pulang bersama para bobotoh lain. Sampai akhirnya, saya meninggalkan pekerjaan dan memulai usaha sendiri agar bisa terus menyalurkan dedikasi untuk Persib," bebernya.


2. Peran Penting Umuh di Persib Bandung

Manajer Persib, Umuh Muchtar saat ditemui di Stafion Si Jalah Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (03/10/2018).

Umuh mulai menjadi bagian dari Manejemen Persib pada kompetisi Liga Indonesia 2007-2008 dengan jabatan Asisten Manajer. Pada 2008, Umuh menjadi Manajer Persib menggantikan Jaja Sutardja. jabatan yang diembannya saat ini, hingga saat ini.

Pada 2009, Umuh diserahi mandat oleh Dada Rosada (Ketua Badan Pengelola Persib) untuk menjadi Direktur PT. PBB menggantikan Chandra Solehan.

Beberapa bulan berselang, Umuh berhasil membawa konsorsium pengusaha untuk menjadi investor PT Pesib Bandung Bermartabat (PT PBB). Salah satunya adalah Erick Thohir yang pada akhirnya menjadi komisaris utama Persib saat itu. 

Posisi Umuh tahun 2009-2011 di Persib adalah komisaris merangkap direktur merangkap manajer tim. Umuh memutuskan untuk mundur dari jabatan direktur PT PBB pada 2011. Di bawah bimbingannya, Persib menjadi salah satu tim terkuat di Indonesia. 


3. Sosok Umuh yang Royal pada Pemain Persib

Marcio Souza bersama manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar.

Umuh Muchtar pun terkenal karena rasa sayang dan sikap royalnya dalam memberikan bonus kepada para pemain jika target-target mereka tercapai. Pada saat Maung Bandung menjuarai Indonesia Super League (ISL) 2014, Umuh memberikan hadiah umroh untuk para pemain Persib.

Baca Juga

"Saya sebelumnya memang sudah janji sama Allah janji juga sama anak anak (Pemain Persib) kalo juara, kalian saya akan berangkatkan umroh sama keluarganya juga, nah itulah janji saya sama Allah," ujar Umuh.

Baca Juga

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT

Penulis: Bella Wulansari.

Persib BandungUmuh MuchtarBobotohLiga Indonesia

Berita Terkini