x

Adu Antar Lini Manchester United vs Liverpool, Siapa Lebih Unggul?

Sabtu, 23 Februari 2019 14:59 WIB
Editor: Coro Mountana

FOOTBALL265.COM – Ajang sepak bola paling bergengsi di Inggris, Premier League bakal memainkan salah satu pertandingan terpanasnya di akhir pekan ini. Laga itu adalah Manchester United vs Liverpool yang akan berlangsung di Old Trafford pada Minggu (23/02/19) malam hari.

Manchester United yang berhasil meraih kemenangan penting atas Chelsea (2-0) di Piala FA, akan mencoba untuk melanjutkan tren positif tersebut. Terlebih saat ini mereka sedang terlibat persaingan dengan Chelsea dan Arsenal untuk posisi di zona Liga Champions.

Baca Juga

Sedangkan bagi Liverpool, kemenangan akan sangat berharga karena dapat menjauhkan mereka dari kejaran Man City. Masalahnya Liverpool dipercaya tidak akan mudah meraih kemenangan karena Manchester United sangat tangguh ketika bermain di kandang (1 kali kalah di kandang musim ini).

Duel yang akan berlangsung dengan sangat panas ini tentu akan menarik jika kita membahas duel antar lini yang dihuni oleh sejumlah pemain hebat. Bagaikan perang bintang, duel antar lini yang akan terjadi di Manchester United vs Liverpool pasti akan berjalan dengan sangat ketat dan sengit.

Baca Juga

Untuk itu, berikut INDOSPORT mencoba untuk membahasnya dalam adu antar lini Manchester United vs Liverpool.


1. Kiper

Kiper Manchester United, David de Gea usai kemenangan melawan Tottenham Hotspur, Senin (14/01/19)

Untuk sektor kiper, Manchester United memiliki David De Gea, sedangkan Liverpool mempunyai Alisson Becker di bawah mistar. Tak bisa dipungkiri jika kedua penjaga gawang yang juga membela negaranya itu merupakan bagian dari para kiper terbaik di dunia untuk saat ini.

Jika Manchester United tidak memiliki David De Gea, rasanya sulit untuk melihat Manchester United bisa bersaing di papan atas seperti saat ini. Penyelamatan-penyelamatan ajaibnya kerap mengamankan poin demi poin krusial untuk Manchester United.

Alisson Becker sebelum melakukan penyelamatan gemilang.

Alisson Becker sendiri bagaikan kepingan puzzle yang hilang dari skuat asuhan Jurgen Klopp yang selama ini tidak memiliki kiper yang tangguh. Kelebihan dari Alisson Becker ada pada ketenangan yang sangat luar biasa kala satu lawan satu dengan penyerang lawan.

David De Gea boleh jadi sedikit lebih unggul berkat pengalamannya yang lebih banyak dibanding Alisson.


2. Lini Belakang

Luke Shaw (kanan) memotong umpan pemain Southampton.

Di formasi 4 pemain belakang Manchester United, akan diisi oleh Luke Shaw (bek kiri), Ashley Young (bek kanan), Victor Lindelof dan Chris Smalling (bek tengah). Sedangkan lini pertahanan Liverpool akan diperkuat oleh Trent Arnold, Andy Robertson, Virgil van Dijk, dan Joel Matip.

Satu ujian bagi lini pertahanan dari Manchester United adalah apakah mereka mampu menjaga Mohamed Salah dan Sadio Mane atau tidak. Kemenangan 2-1 di Old Trafford musim lalu disebabkan keberhasilan dari lini pertahanan yang mematikan pergerakan Mane dan Salah.

Virgil van Dijk melakukan sundulan.

Liverpool sendiri yang akhirnya bakal diperkuat oleh Trent Arnold akan mencoba untuk mengantisipasi permainan cepat Manchester United. Masalahnya ada pada Matip yang kerap lamban dalam mengantisipasi pergerakan cepat dari pemain lawan.

Lepas dari itu, bisa dikatakan lini pertahanan Liverpool lebih kokoh berkat kehadiran salah satu bek terbaik di dunia, Virgil van Dijk.


3. Lini Tengah

Selebrasi Paul Pogba (Manchester United) bersujud usai mencetak gol penalti ke gawang Fulham.

Dengan mengandalkan formasi 4 pemain berbentuk diamond, lini tengah Manchester United akan diperkuat oleh Ander Herrera, Nemanja Matic, Paul Pogba, dan Juan Mata. Sedangkan Liverpool akan mengandalkan trio James Milner, Fabinho, dan Georginio Wijnaldum.

Berkaca dari kemenangan 2-0 atas Chelsea, Ole Gunnar Solskjaer besar kemungkinan tidak akan mengganti formasi mereka di laga itu termasuk di lini tengah. Komposisi 4 pemain tengah ini sangat bagus dengan menempatkan Juan Mata sebagai penggangu dan membiarkan Pogba bebas bergerak.

Wijnaldum saat menyundul bola.

Liverpool akan mengandalkan 3 gelandang pekerja kerasnya seperti Milner, Fabinho, dan Wijnaldum. Bak mesin yang tak berhenti bergerak, Milner dan Wijnaldum akan berusaha untuk mengalirkan bola di lini tengah, sedangkan Fabinho bertindak sebagai pemutus serangan yang pertama.

Kesimpulannya, sulit untuk membandingkan lini tengah kedua tim karena mereka bermain dengan tipe yang berbeda. Jika Manchester United bermain dengan sistem playmaker dalam diri Paul Pogba dan Juan Mata, maka Liverpool bermain tanpa seorang pengatur serangan sama sekali.


4. Lini Depan

Marcus Rashford striker Man United

Sektor penyerangan merupakan lini yang paling seru untuk diadu karena kedua tim memiliki pemain berbakat. Romelu Lukaku dan Marcus Rashford di kubu Manchester United dibandingkan dengan Roberto Firmino, Mohames Salah, dan Sadio Mane milik Liverpool.

Lukaku yang memiliki badan sangat besar akan bertindak sebagai pengecoh dan penahan bola di lini depan, sedangkan Rashford adalah penyerang yang mengandalkan kecepatan. Khusus untuk Rashford, dirinya adalah momok bagi Liverpool dengan torehan dua golnya pada Maret tahun lalu.

Trio andalan Liverpool: Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah.

Tak bisa dipungkiri jika trio Firmino-Mane-Salah merupakan salah satu yang paling menakutkan di Eropa bahkan dunia. Firmino yang bergerak sedikit ke belakang membuat Mane dan Salah kerap mendapatkan kosong di belakang lini pertahanan lawan.

Pada akhirnya lini serang Liverpool terlihat lebih menakutkan dengan Salah sebagai topskor (17 gol). Bagi Manchester United, jika Lukaku bermain baik maka besar kemungkinan mereka mampu mengimbangi liarnya trio lini depan Liverpool.

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Manchester United dan Liverpool di FOOTBALL265.COM.