x

Pertandingan Klasik: Real Madrid 11-1 Barcelona, El Clasico Paling Kontroversial dalam Sejarah

Jumat, 1 Maret 2019 08:21 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Logo Real Madrid vs Barcelona.

FOOTBALL265.COM - Real Madrid akan menjamu Barcelona di La Liga Spanyol, Minggu (03/03/19). Berikut ini pertandingan El Clasico paling kontroversial yang pernah terjadi. 

Kompetisi sepak bola La Liga Spanyol memasuki pekan ke-26 di awal bulan Maret 2019 ini. Salah satu pertandingan yang akan berlangsung adalah big match El Clasico antara Real Madrid vs Barcelona. 

Ini adalah pertemuan ke-4 antara Real Madrid vs Barcelona di musim 2018/19 ini. Di pertemuan pertama, Barcelona menang dengan skor 5-1. 

Sedangkan di ajang Copa del Rey, Real Madrid menahan imbang Barcelona 1-1, sebelum kalah 0-3 saat bermain di kandang. Akhir pekan ini, Real Madrid akan kembali menjamu Barcelona di Stadion Santiago Bernabeu. 

Baca Juga

Laga El Clasico memang selalu dinantikan setiap musimnya. Karena tak hanya skor pertandingan yang menjadi sorotan, tetapi juga kejadian-kejadian serta gesekan yang terjadi dan juga kontroversi di antara kedua tim. 

Sebelum menyaksikan laga El Clasico Real Madrid vs Barcelona akhir pekan ini, INDOSPORT telah merangkum laga El Clasico paling kontroversial dalam sejarah. 


1. Percikan Kontroversi

Jose Mourinho, kini menjadi salah satu pelatih berpengalaman yang menganggur.

Sejatinya, sangat banyak kontroversi yang pernah terjadi dalam laga El Clasico Real Madrid vs Barcelona. Tak hanya pemain, bahkan pelatih dan suporter juga ikut jadi bagian kontroversi laga El Clasico. 

Contohnya Jose Mourinho, saat Mourinho melatih Real Madrid di tahun 2011, pelatih asal Portugal itu 'mencolok' mata dari asisten pelatih Barcelona, Tito Vilanova. 

Keributan dimulai setelah Marcelo diberi kartu merah karena 'menghajar' Cesc Fabregas. Keributan pun pecah di bangku cadangan. 

Mesut Ozil, David Villa dan Jose Pinto ikut terkena imbas dan menerima kartu merah. Namun itu belum berakhir, Mourinho datang ke bangku cadangan Barcelona dan 'mencolok' Tito Vilanova. 


2. Ulah Suporter

Figo dilempari kepala babi saat hendak melakukan tendangan pojok

Suporter juga pernah menjadi bagian dari momen kontroversial di El Clasico. Salah satunya terjadi di tahun 2002. 

Saat itu yang menjadi pemicunya adalah seorang Luis Figo. Luis Figo memutuskan untuk hijrah dari Barcelona ke Real Madrid. 

Keputusan Figo tersebut membuat suporter Barcelona sangat kecewa. Akhirnya kekecewaan itu dilampiaskan saat Real Madrid bertandang ke Camp Nou pada tahun 2002. 

Saat Luis Figo hendak mengambil sepak pojok, suporter mulai melemparkan banyak benda ke lapangan. Namun yang paling mencengangkan adalah sepotong kepala babi yang dilemparkan ke arah Figo. 


3. Paling Kontroversial

El Clasico.

Dua kejadian kontroversial di atas memang baru terjadi dalam dua dekade terakhir. Tetapi kontroversi dalam laga El Clasico sudah ada sejak lama. 

Yang menjadi momen paling kontroversi dalam sejarah El Clasico terjadi pada tahun 1943. Momen itu terjadi akibat perang dan intrik politik. 

Spanyol dilanda perang saudara yang berakhir pada tahun 1939. General Franco menjadi salah satu orang yang cukup marah dengan kurangnya patriotisme dari Kota Catalan. 

Hingga akhirnya sebelum pertandingan Real Madrid vs Barcelona, Jenderal Franco mengucapkan sesuatu pada pemain Barcelona. 

Baca Juga

"Jangan pernah lupakan bahwa sebagian dari kalian bisa bermain karena kebaikan dari sebuah rezim yang memaafkan kurangnya patriotisme kalian," ujarnya saat itu. 

Mendapat peringatan seperti itu membuat pemain Barcelona bermain setengah hati. Hasilnya, pertandingan berakhir dengan skor 11-1 untuk kemenangan Real Madrid. 

Ikuti Terus Berita La Liga Spanyol dan Berita Sepak Bola Lainnya Hanya di FOOTBALL265.COM

Real MadridBarcelonaLaLiga SpanyolEl ClasicoLiga SpanyolPertandingan Klasik

Berita Terkini