x

3 Catatan Buruk Esquerdinha yang Wajib Dicermati Bhayangkara FC

Minggu, 3 Maret 2019 13:52 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
Gelandang asing anyar Bhayangkara FC asal Brasil, Esquerdinha.

INDOSPORT. COM - Pemain asing anyar Bhayangkara FC, Esquerdinha, ternyata punya beberapa catatan buruk yang patut dicermati. Apa saja?

Ya, Bhayangkara kembali bergerak dalam aktivitasnya di bursa transfer pemain. Terakhir, Bhayangkara baru saja memboyong seorang pemain berkebangsaan Brasil bernama Esquerdinha.

Bhayangkara sendiri memberikan pernyataan resmi kalau proses transfer Esquerdinha telah rampung. Buktinya, di akun media sosial Bhayangkara, terdapat video perkenalan Esquerdinha.

Baca Juga

Walau sudah mendapatkan seorang pemain asing baru, Bhayangkara tak boleh lengah begitu saja. Terutama, Bhayangkara perlu mencermati beberapa catatan buruk yang dipunyai sang rekrutan anyar, Esquerdinha.

Lalu, apa saja catatan-catatan buruk Esquerdinha yang patut dicermati Bhayangkara? INDOSPORT.com mencoba merangkumnya ke dalam ulasan singkat berikut ini.


1. Loyalitas

Gelandang asing anyar Bhayangkara FC asal Brasil, Esquerdinha.

Catatan buruk pertama yang dimiliki oleh Esquerdinha berkaitan dengan loyalitas. Esquerdinha ternyata bukan tipe pemain yang bisa setia dengan satu klub.

Ya, semua itu bisa terlihat dari profil Esquerdinha di situs Transfermarkt. Di sana, tertera jelas kalau Esquerdinha cukup sering gonta-ganti klub.

Baca Juga

Setidaknya sudah 13 kali Esquerdinha pindah klub hingga akhirnya kini bergabung ke Bhayangkara FC. Catatan ini patut dicermati, sebab belum tentu Esquerdinha bisa memberikan kontribusi apik dan langsung pindah ke klub lain dalam waktu cepat.


2. Catatan Gol

Rubens Raimundo Da Silva, pemain baru Bhayangkara asal Brasil

Catatan buruk kedua yang dimiliki oleh Esquerdinha berkaitan dengan sisi produktivitas gol. Esquerdinha terbilang pemain yang tak terlalu tajam.

Esquerdinha lebih banyak menghabiskan kariernya di kompetisi kasta tertinggi Brasil. Selama berkiprah di sana, pemain berusia 29 tahun ini nampak kesulitan dalam memperbaiki catatan golnya.

Baca Juga

Buktinya tertera pada situs Transfermarkt. Esquerdinha telah tampil 44 kali Serie A Brasil, dan hanya bisa mencetak dua gol saja.


3. Adaptasi

Rubens Raimundo Da Silva, pemain asing anyar Bhayangkara FC

Sepak bola memang kerap diidentikan sebagai permainan plus olahraga yang menggunakan bahasa universal. Namun, tanpa penguasaan bahasa verbal secara utuh, kendala komunikasi mungkin saja bisa terjadi.

Ya, Esquerdinha sudah cukup lama menghabiskan kariernya di Brasil sana. Dari 2008 hingga 2018, ia gonta-ganti membela sejumlah klub Negri Samba.

Baca Juga

Oleh karena itu, Esquerdinha sepertinya akan kesulitan beradaptasi dengan bahasa di Indonesia. Jika tidak mampu beradaptasi dengan cepat, komunikasi Esquerdinha dengan pemain Bhayangkara lainnya akan terhambat.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 dan Piala Presiden 2019 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Liga IndonesiaBhayangkara FCPiala Presiden 2019

Berita Terkini