x

Ini 3 Wasit Lisensi FIFA yang Sudah Meriahkan Piala Presiden 2019

Sabtu, 16 Maret 2019 14:20 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni

FOOTBALL265.COM - Turnamen pra musim sepak bola Indonesia, Piala Presiden 2019 masih memainkan babak grup sejauh ini. Namun, saat ini sudah sebanyak enam wasit berlisensi FIFA yang mengatur pertandingan Piala Presiden 2019.

Piala Presiden 2019 sendiri sejauh ini sudah berjalan cukup baik. Dengan banyak anggapan bahwa kompetisi ini bahkan lebih baik dari turnamen resmi sepak bola Indonesia, Liga 1, khususnya untuk kualitas wasit.

Setelah ditelusuri dari beberapa pertandingan yang sudah dilakoni di fase grup Piala Presiden 2019 sejauh ini, ternyata beberapa wasit sudah berlisensi FIFA, yang di mana lisensi tersebut sudah di-update untuk tahun 2019.

Baca Juga

Oleh karena itu, INDOSPORT pun coba merangkum siapa saja tiga wasit berlisensi FIFA yang sudah meriahkan Piala Presiden 2019. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Thoriq Alkatiri

Thoriq Alkatiri, salah satu wasit berlisensi FIFA di Piala Presiden 2019.

Tidak perlu dipertanyakan lagi, Thoriq Alkatiri bisa disebut sebagai salah satu wasit berprestasi dari sepak bola Indonesia.

Wasit kelahiran 1988 ini pernah menyabet beberapa kali memimpin laga-laga internasional seperti ajang dari Asian Football Confederation (AFC) yang ditunjuk langsung oleh FIFA.

Baca Juga

Dilansir dari Antara, Thoriq yang lulus dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ini berhasil mendapatkan sertifikat atau lisensi FIFA pada tahun 2014 lalu. Bahkan Thoriq juga menyabet penghargaan sebagai wasit terbaik Liga 1 2018.

Di Piala Presiden 2019 ini, dia juga pernah memimpin pertandingan perdana Grup B antara Bhayangkara FC vs Semen Padang yang berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan The Guardians.


1. 2. Yudi Nurcahya

Ini alasan PSSI tunjuk wasit FIFA di Final Liga 3.

Seperti yang tertuang pada situs resmi FIFA, salah satu dari tiga wasit sepak bola Indonesia yang memiliki lisensi FIFA aktif adalah Yudi Nurcahya.

Wasit asal Bandung ini resmi mengantongi lisensi FIFA untuk pertama kalinya pada awal tahun 2018 lalu. Pada awal tahun 2019, Yudi Nurcahya masih aktif sebagai wasit berlisensi FIFA, tidak seperti Musthofa Umarella yang lisensinya tidak aktif tahun ini.

Di Piala Presiden 2019 ini Yudi Nurcahya juga baru satu pertandingan. Saat tuan rumah Grup E, Arema FC berhasil menaklukkan Barito Putera dengan skor 3-2.

Baca Juga

3. Dwi Purba Adi Wicaksana

Wasit yang pimpin pertandingan Piala Presiden 2019, Persib Bandung vs Tira Persikabo, Dwi Purba Adi Wicaksana.

Dwi Purba Adi Wicaksana, kiprah pria asli Kudus ini di dunia perwasitan terhitung cukup cepat. Lulus dari Fakultas PKLO UNNES 2010, Purba sudah merintis karirnya dengan mengikuti kursus C3 di lingkup daerah pada 2009 awal. 

Dwi Purba sudah memiliki lisensi FIFA sejak tahun 2015. Purba juga dinilai memiliki catatan yang cukup bagus dengan keputusan-keputusan yang tegas.

Untuk Piala Presiden 2019 ini, dia pun dipercaya sebagai wasit pertandingan laga pembuka turnamen antara Persib Bandung vs Tira Persikabo yang berakhir dengan kekalahan untuk Maung Bandung.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 dan Piala Presiden 2019 Lainnya Hanya di INDOSPORT

WasitThoriq AlkatiriLiga IndonesiaTRIVIAPiala Presiden 2019

Berita Terkini