x

Termasuk Fabregas, Ini 3 Pesepak Bola Top yang Pernah Dilempar Buah dan Sayuran di Lapangan

Rabu, 27 Maret 2019 21:13 WIB
Editor: Coro Mountana

FOOTBALL265.COM – Buah-buahan dan sayuran merupakan jenis makanan yang sangat menyehatkan tubuh sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Namun apa jadinya bila buah dan sayuran itu justru dilempar oleh suporter sepak bola ke lapangan hijau.

Melempar sayur-sayuran dan buah-buahan ke dalam lapangan hijau sejatinya merupakan sebuah lambang penghinaan untuk para pemain. Penghinaan tersebut bahkan kerap identik dengan tindakan rasial.

Baca Juga

Setidaknya daun seledri dan buah pisang pernah menjadi buah dan sayur yang pernah dilempar oleh para suporter sepak bola. Ada yang menanggapinya dengan memakan buah dan sayur tersebut, tetapi ada juga yang marah atas tindakan suporter sepak bola.

Salah satunya adalah Cesc Fabregas yang pernah dilempar oleh para penonton yang menghadiri stadion. Namun ternyata tak hanya Fabregas saja, ada pesepak bola top lain yang pernah alami kejadian serupa dengan mantan pemain Barcelona itu, siapa saja dan bagaimana mereka menanggapinya?

Baca Juga

Berikut INDOSPORT merangkumnya dalam 3 pesepak bola top yang pernah dilempar buah dan sayuran di lapangan.


1. Cesc Fabregas

Fabregas dilempar daun seledri

Kejadian itu terjadi pada 25 Februari 2007 di mana Arsenal bertanding dengan Chelsea di final Piala Liga Inggris. Saat itu, Cesc Fabregas yang masih berkostum Arsenal memprotes wasit karena dirinya mendapatkan lemparan daun seledri oleh fans Chelsea.

Sejatinya pelemparan daun seledri yang dilakukan oleh fans Chelsea merupakan sebuah ‘budaya’ yang dipopulerkan oleh Mickey Greenaway. Suporter militan Chelsea itu melempar daun seledri setiap kali Chelsea bertanding.

Namun keterangan lain menyebutkan bahwa melempar daun seledri dipelopori oleh suporter klub Gillingham karena merasa kesal karena lapangan latihan klubnya ditumbuhi sayuran. Apapun itu, kini fans Chelsea sudah dilarang untuk melempar daun seledri ke dalam lapangan lagi.

Dani Alves

Dani Alves memakan buah pisang yang dilempar kepadanya

27 April 2014 menjadi saksi bersejarah ketika bek sayap Barcelona, Dani Alves mendapatkan pelecehan secara rasial saat bertanding menghadapi Villarreal. Pelecehan itu dilakukan dengan melempar pisang kepada Dani Alves, secara tidak langsung mereka menyamakan bek Barcelona dengan hewan penyuka pisang.

Akan tetapi reaksi yang dipertunjukan oleh Dani Alves sangat mengejutkan karena ia mengambil buah pisang itu lalu dikupas dan dimakan. Sejak saat itu banyak pesepak bola mengecam keras tindakan rasis dengan melempar buah pisang.

Roberto Carlos

Roberto Carlos

Sebelum Dani Alves, ternyata seniornya di Brasil yaitu Roberto Carlos pernah dilempar buah pisang saat berkarier untuk klub Rusia, Anzhi Makhachkala. Tepatnya di tahun 2011, Roberto Carlos yang menjadi kapten Anzhi dilempar pisang oleh suporter klub lawan, Krylya Sovetov Samara.

Sontak Roberto Carlos marah besar dengan langsung meninggalkan lapangan padahal pertandingan belum berakhir. Sebelum insiden itu, Roberto Carlos sudah pernah dilempar pisang oleh suporter Zenit sebagai tindakan rasis.

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Cesc Fabregas dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.

Cesc FabregasSuporterLiga IndonesiaRasismeTRIVIASepak Bola

Berita Terkini