x

Perjalanan Karier Emir Eranoto, Wonderkid Indonesia yang Jadi Kapten Klub Italia

Sabtu, 20 April 2019 15:38 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil

FOOTBALL265.COM - Nama pemain sepak bola muda Indonesia, Emir Eranoto, yang kini menimba ilmu sepak bola di ISM Academy, Italia, belakangan menjadi perbincangan hangat usai bantahan sang pemain tentang ‘klaim’ Malaysia di akun Instagram-nya.

Melalui Instastory-nya, Emir sempat mengatakan bahwa dirinya lahir di Jakarta, bukan di Kuala Lumpur. Bantahan itu ia tujukan kepada salah satu komentar di akun Instagram-nya yang menulis menggunakan simbol bendera Malaysia.

Baca Juga
Emi Reranoto Pemain indonesia di luar negeri

Menanggapi banyaknya tanggapan untuk pemain yang pernah mengikuti seleksi bersama tim Bali United U-17 pada tahun 2016 silam, tim FOOTBALL265.COM berkesempatan untuk melakukan wawancara dengan Emir Eranoto dan mengulik perjalanan karier sang pemain saat di Eropa.

Pertama Kali Main di Eropa dan Mendapat Kontrak dengan Tim Italia

Diketahui jika Emir Eranoto baru pertama kali tampil di Italia pada tahun ini, dan dikarenakan umurnya yang belum genap mencapai 18 tahun sehingga dirinya harus menimba ilmu di akademi sepak bola di negeri Pizza tersebut terlebih dahulu.

Baca Juga

"Ini tahun pertama saya berada di Italia, dan pada saat saya sampai di sini bulan September kemaren umur saya masih 17 tahun, dan untuk bermain di Liga Italia untuk mendapatkan kontrak itu minimal berumur 18 tahun jadi saya bergabung dengan salah satu agen dan akademi sepak bola yaitu ISM Academy," kata Emir, kepada INDOSPORT.com.


1. Kontrak Profesional Pertama dari Tim Liga Italia

Pemain muda Emir Eranoto yang ditunjuk menjadi kapten tim klub Italia

Usai melewati masa pelatihan di akademi, bulan November tahun lalu Emir Eranoto genap berusia 18 tahun dan akhirnya mendapat kontrak resmi dari salah satu klub di divisi enam Liga Italia, San Marco Juventina.

"Setelah saya mengikuti latihan & juga pertandingan di akademi saya pada bulan November kemarin, akhirnya saya berumur 18 tahun dan bulan Desember kemaren pelatih dari Akademi saya mengirim saya untuk try out di salah satu klub divisi 6 Italy yang bernama San Marco Juventina," beber ia.

Baca Juga

Peran Agen Sepak Bola Bandung dalam Karier Emir Eranoto

Meski namanya jarang terdengar di Tanah Air, namun ada salah satu agen pesepakbola asal Bandung bernama fruity soccer yang mau mengurusi dokumen Emir di Indonesia sebelum terbang ke Italia.

"Dari Indonesia ada bantuan dari agen yang bernama Fruity Soccer di Bandung, yang membantu persiapan dokumen saya karena agen saya yang di Indonesia sebagai penyambung antara saya dan orang tua saya di Jakarta," sambungnya.

Emir pun menjelaskan sulitnya berpindah karier dari Liga Indonesia menuju Liga Italia, sebab untuk berkompetisi disana para pemain haru memiliki sejumlah dokumen penting.

Baca Juga

"Kita juga harus mengurus dokumen dari klub lama saya di Indonesia, dan disini (Italia) juga saya harus punya yang namanya permesso disoggiorno, residensa, dan codice fiscale dan itu membutuhkan waktu yang lama. Belum lagi nanti data-data saya harus dikirim terlebih dahulu ke KBRI Roma," tandasnya.

Emir Eranoto sendiri saat ini merupakan salah pemain muda yang saat ini bermain untuk ISM Academy di Italia, tak cuma sekadar bermain, Emir bahkan dipercaya menjadi kapten tim di tim tersebut.

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Liga 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.

ItaliaMalaysiaTimnas IndonesiaLiga ItaliaBola InternasionalSepak Bola

Berita Terkini