x

3 Pemain yang Dapat Selamatkan Karier Unai Emery di Arsenal

Selasa, 23 April 2019 01:10 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Arum Kusuma Dewi
Pelatih Arsenal, Unai Emery.

FOOTBALL265.COM – Musim pertama Unai Emery di Arsenal tak sepenuhnya gagal. Meski Arsenal tak bisa bersaing di jalur juara Liga Primer Inggris, namun The Gunners konsisten berada di posisi empat besar dan menembus babak semifinal Liga Europa.

Emery yang didatangkan Arsenal pada musim panas 2018 dibebani tugas berat untuk bisa mengembalikan reputasi Tim Gudang Peluru pasca mundurnya pelatih legendaris Arsene Wenger. Mantan pelatih Sevilla dan Paris Saint-Germain itu memulai tugasnya dengan baik.

Di awal musim Liga Primer 2018/19, Arsenal di bawah komando Emery sukses melakoni 22 laga tanpa kekalahan. Namun pada pertengahan musim, masalah demi masalah mulai menghampiri skuat Emery.

Akibat performa buruk di paruh kedua Liga Primer Inggris, Arsenal sempat terlempar dari empat besar. Sebelum akhirnya mereka menemukan lagi jalur kemenangan dan kembali masuk ke zona Liga Champions.

Meski kini mulai menemukan konsistensi baik di Liga Primer maupun kompetisi Eropa, petinggi Arsenal nampaknya belum terlalu puas dengan kinerja Emery. Apalagi, Arsenal lagi-lagi gagal bersaing di jalur juara Liga Inggris.

Baca Juga

Musim depan, Emery dituntut untuk menghadirkan prestasi lebih baik bagi Arsenal. Gelontoran dana guna mendatangkan amunisi baru sudah disiapkan. Portal berita olahraga INDOSPORT merangkum tiga nama yang bisa didatangkan Unai Emery ke Arsenal musim depan.


1. Joan Jordan

Joan Jordan, gelandang tengah Eibar.

Meski bukan nama tenar, Joan Jordan merupakan salah satu komoditas panas di Spanyol. Gelandang tengah berusia 24 tahun itu tampil impresif sepanjang musim 2018/19 bersama klub gurem LaLiga Spanyol, Eibar.

Dari 32 pertandingan Liga Spanyol bersama Eibar, Jordan bermain 32 kali dengan torehan empat gol dan empat assist. Eibar pun ia bawa menjauh dari zona degradasi.

Baca Juga

Nama Joan Jordan bisa menjadi opsi terbaik bagi Arsenal dan Emery yang musim depan dipastikan kehilangan Aaron Ramsey. Berkaca pada kesuksesan transfer Lucas Torreira dan Matteo Guendouzi awal musim ini, Jordan merupakan nama terdepan untuk didatangkan Arsenal musim panas mendatang.

Apalagi nilai transfer Joan Jordan cukup murah. Dihimpun dari Transfermarkt, harga Jordan berkisar di angka 10 juta euro atau sekitar Rp158 miliar.


2. Ryan Fraser

Ryan Fraser gelandang Bournemouth

Ryan Fraser menjadi kunci permainan rancak Bournemouth musim ini. Winger asal Skotlandia tersebut berdiri sejajar dengan Eden Hazard dan Christian Eriksen dalam hal catatan assist. Musim ini, Fraser sudah mencetak 12 assist bersama Bournemouth.

Baca Juga

Fraser menjadi pemain penting Bournemouth dalam tiga musim terakhir Liga Inggris dengan catatan 15 gol dan 23 assist. Pemain berusia 25 tahun itu bisa menjadi amunisi tambahan Emery di sektor sayap. Seperti diketahui, musim ini Emery hanya punya Alex Iwobi dan Henrikh Mkhitaryan sebagai pemain sayap murni.

Sama seperti Joan Jordan, Fraser bukanlah pemain tenar namun punya potensi untuk lebih bersinar jika bermain di tim yang tepat. Arsenal tak perlu mengeluarkan dana besar jika ingin memboyong Fraser. Dihimpun dari Transfermarkt, harga Fraser saat ini berkisar 18 juta euro atau sekitar Rp285 miliar.


3. Tobey Alderweireld

Toby Alderweireld, bek Tottenham Hotspur saat sedang minum di sela-sela pertandingan.

Mendatangkan bek tengah top sepertinya sudah menjadi agenda Arsenal di setiap musim. Musim depan, The Gunners bisa berfokus pada misi membajak Tobey Alderweireld dari tim tetangga, Tottenham Hotspur.

Awal musim ini, Arsenal dikait-kaitkan dengan Samuel Umtiti (Barcelona) dan Jean-Phillippe Gbamin (Mainz). Namun lagi-lagi Emery harus dihadapkan pada terbatasnya dana Arsenal untuk mendatangkan pemain top.

Nama Alderweireld bisa menjadi solusi Arsenal akan kebutuhan bek tengah tangguh. Reputasi itu sudah melekat pada sosok asal Belgia tersebut. Alderweireld adalah salah satu kunci keberhasilan Tottenham menembus babak semifinal Liga Champions 2018/19.

Baca Juga

Namun Arsenal tak sendiri dalam perburuan Alderweireld. The Gunners harus bersaing dengan duo Manchester yang juga disebut-sebut berminat menggunakan jasa pemain berusia 30 tahun tersebut.

Dihimpun dari Transfermarkt, jika ingin membahak Alderweireld dari Tottenham, Arsenal harus menyiapkan dana tak kurang dari 40 juta euro atau sekitar Rp633 miliar.

Terus Ikuti Berita Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT