x

Meramal Peluang Timnas U-19 ‘Tempaan Inggris’ Lolos ke Piala Asia

Jumat, 10 Mei 2019 13:05 WIB
Editor: Coro Mountana
Timnas indonesia U-19 jelang melawan UEA U-19 di Piala Asia 2018.

FOOTBALL265.COM – Timnas Indonesia U-19 bakal bertanding di babak kualifikasi Piala Asia U-19 2020, bagaimana peluangnya untuk lolos ke putaran final?

Babak kualifikasi Piala Asia U-19 2020 akan terbagi dalam 11 grup di mana Timnas Indonesia U-19 sendiri akan terbagi dalam zona timur. Beruntung, Timnas Indonesia U-19 mendapat kesempatan berharga untuk menjadi tuan rumah pada babak kualifikasi.

Baca Juga

Tergabung dalam grup K, Timnas Indonesia U-19 harus memperebutkan hak untuk tampil di putaran final yang akan berlangsung di Jepang nanti dengan Korea Utara, Hong Kong dan Timor Leste. Untuk lolos dari babak kualifikasi, Timnas U-19 harus menjadi juara grup atau setidaknya jadi 4 runner up terbaik.

Melihat keuntungan Timnas Indonesia U-19 akan bermain di kandangnya sendiri pada babak kualifikasi, sudah tentu ada harapan agar skuat asuhan Fakhri Husaini bisa lolos ke putaran final. Tapi bagaimana peluang sebenarnya Timnas U-19 untuk lolos?

Baca Juga

Berikut INDOSPORT hadirkan analisis peluang Timnas U-19 untuk lolos ke Piala Asia.


1. Siapa Lawan Terkuat?

Hansamu Yama melakukan sundulan ke gawang Korea Utara.

Melihat calon lawan Timnas Indonesia U-19, rasanya Timor Leste di atas kertas dapat dengan mudah dikalahkan. Sedangkan Hong Kong mungkin akan menjadi lawan yang menyimpan sejuta misteri bagi skuat asuhan Fakhri Husaini.

Pasalnya di level senior, Hong Kong telah menunjukan kapasitas mereka dengan sempat menahan Timnas Indonesia asuhan Bima Sakti pada 16 Oktober 2018. Jadi mungkin Hong Kong akan menjadi lawan yang cukup berbahaya meski seharunya masih bisa dikalahkan.

Masalah sebenarnya ada di Korea Utara yang bisa dikatakan lebih diunggulkan di grup K kali ini. Bayangkan saja berdasarkan rekor pertemuan di usia senior, Timnas Indonesia hanya mampu meraih 1 imbang dengan 8 kekalahan dan tanpa sekalipun menang.

Baca Juga

Tapi jika melihat di level U-23, Timnas Indonesia pernah menahan imbang 0-0 atas Korea Utara di Stadion Pakansari, Cibinong pada ajang PSSI Anniversary Cup 2018, Senin (30/04/18). Saat itu, Timnas Indonesia diasuh oleh Luis Milla bermain dengan sangat baik.

Meski berat, tapi melihat kerangka dasar Timnas Indonesia U-19 sebagian besar merupakan tim Garuda Select yang sedang berguru di Inggris, rasanya ada sedikit harapan untuk buat kejutan.

Andai melawan Korea Utara terlalu berat untuk dikalahkan, setidaknya kita bisa berharap Timnas U-19 dapat menjadi salah satu dari 4 runner up terbaik agar bisa tampil di Piala Asia di Jepang.

Untuk itu, seperti yang sudah dijelaskan kalau sebagian besar fondasi tim berasal dari Garuda Select. Lantas siapa saja penggawa Garuda Select yang besar kemungkinan akan menjadi andalan untuk Timnas Indonesia U-19?


2. Penggawa Garuda Select yang Bisa Perkuat Timnas Indonesia U-19

Garuda Select jelang pertandingan menghadapi klub sepak bola Inggris, Preston North End, Selasa (09/04/19) malam. supersoccer.tv

Tim Garuda Select sendiri dihuni beberapa pemain muda Timnas Indonesia yang mayoritas merupakan eks U-16. Di Inggris, penggawa Garuda Select melakukan berbagai uji coba dengan tim-tim muda dari klub elite di Inggris.

Teranyar, Garuda Select bertanding dengan Leicester City yang berakhir pada skor imbang 2-2. Menariknya pada laga itu, Garuda Select untuk pertama kali dipimpin oleh Fakhri Husaini sebagai pelatih.

Fakhri Husaini akan panggil pemain yang bermain di luar negeri.

Memang menjadi hal yang wajar mengingat rata-rata skuat Garuda Select adalah alumni Timnas Indonesia U-16 yang sempat diasuh oleh Fakhri Husaini. Berdasarkan capaian di Inggris, terdapat sejumlah nama penggawa Garuda Select yang bisa jadi andalan Timnas U-19.

Pertama ada Mochammad Supriadi yang untuk sementara ini menjadi top skor dengan torehan 9 gol. Di bawah Supriadi, ada Amanar Abdillah dan Sutan Diego Zico yang mampu mencetak 7 gol sejauh ini.

(Kini ke kanan) Brylian, Bagus Kahfi, Fajar, dan Supriadi.

Nama Bagus Kahfi yang baru saja mencetak satu gol kala ditahan imbang oleh Leicester City di laga terakhir. Dan tentu masih ada banyak nama penggawa lain seperti Bagas Kaffa dan Andre Oktaviansyah yang bisa menjadi tulang punggung tim.

Pada akhirnya peluang untuk lolos dari babak kualifikasi sebenarnya terbuka lebar apalagi dengan status sebagai tuan rumah. Hanya saja peluang untuk menjadi juara grup sedikit sulit karena ada Korea Utara, mengincar 4 runner up terbaik terbilang lebih realistis.

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Timnas Indonesia U-19 dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.

Korea UtaraPiala Asia U-19Fakhri HusainiLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Garuda SelectBola Indonesia

Berita Terkini