x

Mengenang Final Pertama Watford di Piala FA 1983/84, Dicurangi Gol Kontroversial

Selasa, 14 Mei 2019 12:29 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Everton vs Watford, pertandingan final Piala FA 1983/84. (Foto: Keith Hailey/Popperfoto/Getty Images)

FOOTBALL265.COM - Mengenang final pertama Watford di Piala FA 1983/84 yang gagal juara karena dicurangi oleh gol kontroversial dari Everton. Hati-hati terulang saat menghadapi Manchester City.

Ya, Manchester City vs Watford akan saling bentrok di pertandingan final Piala FA 2018/19, Sabtu (18/05/19), pukul 23.00 WIB, akhir pekan ini.

Pertandingan ini tentu akan sangat menarik untuk kedua tim. Manchester City tentu ingin meraih gelar ini untuk mengamankan double di musim 2018/19 ini.

Baca Juga

Sementara Watford, ingin memenangkan trofi Piala FA untuk mengamankan tiket ke Liga Europa 2019/20 mendatang. Ya, pemenang Piala FA berhak mendapat satu tiket ke Liga Europa di musim depannya.

Watford tentu sangat berharap jadi juara di kompetisi ini, pasalnya saat Liga Primer Inggris 2018/19 berakhir, mereka harus puas bertengger di urutan ke-11 klasemen akhir.

Dengan target memenangkan trofi dan Watford juga ingin ke Liga Europa musim depan, mereka tentu harus fokus. Berharap besar agar kesialan di masa lalu tak terulang untuk mereka.

Watford pernah sial di final Piala FA pertama mereka sepanjang sejarah klub, pada tahun 1984 silam. Yaitu saat mereka menghadapi Everton di Stadion Wembley. Berikut INDOSPORT mengajak kalian mengenang final pertama Watford di Piala FA.


1. Watford Gagal di Final Piala FA 1984

Everton vs Watford, pertandingan final Piala FA 1983/84. (Foto: Keith Hailey/Popperfoto/Getty Images)

Seperti yang disebutkan di atas, Watford mengalami kesialan yang teramat dalam saat menghadapi Everton di pertandingan final Piala FA musim 1983/84.

Mereka kalah 2-0 dari Everton, dengan gol pertama lawan tercipta pada menit ke-38 lewat sontekan Graeme Sharp memaksimalkan umpan terukur dari Gary Stevens.

Gol Sharp itu berbau offside, di mana setelah gol tersebut para pemain Watford langsung melihat hakim garis berharap wasit menganulir gol tersebut. Namun, menurut tayangan ulang, gol tersebut masih onside.

Sebenarnya pertandingan berlangsung seimbang, dengan Watford juga berhasil keluar dari tekanan dan mampu menciptakan peluang di depan gawang Everton.

Keunggulan 1-0 Everton bertahan hingga babak pertama usai. Dengan babak kedua dimulai, dengan Watford berharap bisa membalikkan keadaan. Sayang, kenyataan tidak sesuai dengan harapan.

Menit ke-51, Everton kembali mencetak keunggulan menjadi 2-0 berkat Andy Gray. Gol ini terlihat sangat kontroversial dan harusnya tidak sah oleh wasit pertandingan.

Kiper Watford, Steve Sherwood terlihat sudah berhasil menangkap bola. Namun Gray berhasil melompat melewati Steve Terry dan melakukan kontak dengan menanduk tangan kiper dan bola yang terlepas pun masuk ke dalam gawang.

Semua mata pun tertuju kepada wasit pertandingan saat itu, John Hunting. Tidak berapa lama, Hunting menyatakan gol tersebut sah dan Sherwood tampak tidak percaya dengan keputusan wasit pertandingan.

Baca Juga

"Saya benar, saya tidak salah. Saya ada di tempat yang pas untuk melihat insisden itu, dan tidak perlu dipertanyakan lagi keputusan saya," ucap Hunting usai pertandingan final Piala FA 1984 silam tersebut.

Mau tidak mau, Watford harus menerima kegagalan mereka mengangkat trofi Piala FA di final pertama mereka sepanjang sejarah klub. Sabtu mendatang, kesempatan itu datang untuk kedua kalinya. Jangan disia-siakan.

Cerita Rizky Saat Bertemu Riyad Mahrez di Inggris

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT

Manchester CityEvertonLiga Primer InggrisPiala FAWatfordDuel KlasikLiga InggrisBola InternasionalFeaturePertandingan KlasikSepak Bola

Berita Terkini