x

Laga Pembuka Liga 1 2019 Ricuh, Akmal Marhali: Liga Sekadar Jalan!

Kamis, 16 Mei 2019 12:08 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Penjagaan ketat pihak kepolisian di antara tribun suporter PSS Sleman dan Arema FC.

FOOTBALL265.COM – Kericuhan mewarnai laga pekan perdana kompetisi sepak bola Shopee Liga 1 2019 antara PSS Sleman vs Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (15/05/19) kemarin.

Tak hanya kericuhan antar suporter, laga PSS Sleman vs Arema FC juga diwarnai dengan keputusan-keputusan kurang tepat yang diambil oleh wasit yang memimpin jalannya pertandingan tersebut.

Baca Juga

Sejumlah masalah yang terjadi pada laga pembuka Shopee Liga 1 tak lepas dari perhatian Koordinator Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali. Akmal menyebut, kompetisi Liga Indonesia musim ini terkesan dipaksakan karena ada berbagai masalah krusial yang belum diperbaiki.

“Kompetisi Liga Indonesia 2019 dipaksakan berjalan tanpa ada langkah-langkah perbaikan progresif yang dilakukan. Akhirnya, kick off yang dimulai di Stadion Maguwoharjo, Sleman, antara tuan rumah PSS Sleman vs Arema FC meninggalkan masalah,” tulis Akmal melalui akun Instagram pribadinya.

Akmal menambahkan, reformasi dan perbaikan tata kelola kompetisi sepak bola Indonesia hingga kini belum berjalan sesuai harapan. Secara khusus, Akmal menyoroti dua masalah yang terjadi pada laga PSS Sleman vs Arema FC.

Masalah yang pertama adalah buruknya pengadil lapangan alias wasit. Menurutnya, ada beberapa keputusan blunder yang dilakukan oleh wasit yang memimpin laga PSS Sleman vs Arema FC, salah satunya adalah masalah offside.

Akmal menilai, beberapa kali hakim garis tidak bisa memahami aturan International Football Association Board (IFAB) tentang aturan offside.

Selain menyoroti kinerja pengadil lapangan, Akmal juga berpendapat insiden kericuhan antar suporter yang terjadi pada laga PSS Sleman vs Arema FC merupakan akibat dari minimnya edukasi dan sosialisasi mengenai standar FIFA tentang keamanan stadion.

Baca Juga

Seharusnya, masih menurut Akmal, sebelum kompetisi dimulai semua pihak harus memahami regulasi dan aturan pertandingan yang diberlakukan FIFA. Ia pun berharap, PSSI serta semua pihak terkait bisa memberikan tindakan tegas dan nyata untuk menciptakan atmosfer sepak bola Indonesia yang lebih baik lagi.

Progres Pembangunan Stadion BMW 3 Bulan Setelah Peletakan Batu Pertama 

Terus Ikuti Berita Liga Indonesia Lainnya Hanya di FOOTBALL265.COM

PSS SlemanLiga IndonesiaSave Our Soccer (SOS)Akmal MarhaliArema FCBola IndonesiaShopee Liga 1

Berita Terkini