x

Kisah Sedih Fabiano Beltrame, Rela Gabung Persib Bandung hingga 'Terbuang' ke Liga 2 2019

Rabu, 22 Mei 2019 09:21 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Fabiano Beltrame logo Persib Bandung, dan Liga 2

FOOTBALL265.COM - Kisah sedih harus dialami oleh Fabiano Beltrame, yang baru saja gabung Persib Bandung namun kini harus 'dibuang' ke Liga 2 2019.

Sejak Liga 1 2019 dimulai pada tanggal 15 Mei 2019 lalu, Persib Bandung masih belum bisa memainkan bek asal Brasil yang sedang menjalani proses naturalisasi WNI, Fabiano Beltrame.

Bahkan pada pekan pertama Liga 1 2019 saat Persib Bandung menjamu Persipura Jayapura di Stadion Si Jalak Harupat, nama Fabiano Beltrame sama sekali tak ada dalam skuat, baik itu starting XI atau pun bangku cadangan.

Baca Juga

Ternyata setelah diketahui, proses naturalisasi Fabiano Beltrame menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), belum kelar dan membuat Persib Bandung tidak bisa memainkannya.

Hal ini jelas bahwa kuatnya duet jantung pertahanan Persib saat ini, Achmad Jufriyanto dan Bojan Malisic, bukan menjadi alasan kenapa Robert Rene Alberts tak kunjung memainkan Fabiano.

Melainkan proses naturalisasi yang belum rampung menjadi penyebab utama Fabiano belum juga main untuk Persib Bandung. Padahal batas pendaftaran pemain Liga 1 2019 adalah hari ini, Rabu (22/05/19).

Baca Juga

Dengan proses naturalisasi belum rampung, Persib yang sudah punya komposisi yang pas untuk slot empat pemain asing, terpaksa harus melepas Fabiano Beltrame.

Menarik untuk kita ulas kembali seperti apa urutan kisah sedih Fabiano Beltrame, yang rela tinggalkan Madura United untuk gabung Persib Bandung, tapi akhirnya 'terbuang' ke Liga 2. Simak di bawah ini.


1. Fabiano Beltrame, Pemain Kesayangan Madura United

Fabiano Beltrame saat membela Madura United di Liga 1 2018.

Fabiano Beltrame memang merupakan pemain asing yang sudah lama malang melintang di sepak bola Indonesia. Dia pertama kali bermain di Liga Indonesia saat gabung Persela Lamongan pada tahun 2005 silam.

Dia pun bergabung ke Madura United, klubnya sebelum Persib Bandung, pada tahun 2016 didatangkan dari Arema FC. Sejak bergabung, Fabiano terbukti menjadi pemain kesayangan di Madura United.

Seperti pada Liga 1 2017, Fabiano tercatat oleh Transfermarkt memainkan sebanyak 30 pertandingan. Menariknya, ternyata dia menjabat sebagai kapten Laskar Sapeh Kerrab di musim tersebut.

Liga 1 2018 karier Fabiano di Madura United membuat para suporter klub semakin sayang kepadanya. Dari 31 penampilan, dia berhasil mencetak sembilan gol. Dengan catatan tersebut, Fabiano menjadi bek tengah tersubur di Liga 1 2018.

Oleh karena kontribusinya untuk klub, Madura United pun tak ragu untuk membantu Fabiano menjalani proses naturalisasi agar segera menjadi Warga Negara Indonesia dan tentunya bisa membela Timnas Indonesia.

Baca Juga

Fabiano memang sudah memenuhi syarat lama bermain di sepak bola Indonesia. Terhitung sejak 2005 silam, dia sudah mewarnai Liga Indonesia selama 14 tahun lamanya, wajar jika dia ingin menjalani proses naturalisasi.

Proses naturalisasi Fabiano sendiri sudah berjalan sejak Desember 2018, yang kabar awalnya dibantu oleh Madura United.

Namun saat pergantian tahun, spekulasi masa depan Fabiano di Madura United mulai digoyang dengan isu gabung Persib Bandung. Lalu seperti apa kelanjutannya?


2. Gabung Persib Bandung, Fabiano Bikin Madura United Marah

Fabiano Beltrame resmi diperkenalkan manajemen Persib

Spekulasi transfer Fabiano Beltrame gabung Persib Bandung cukup lama berlangsung. Hingga barulah pada akhir Maret lalu, Fabiano resmi gabung Persib Bandung.

Jauh sebelum gabung Persib Bandung, spekulasi transfer Fabiano Beltrame sudah membuat Madura United murka. Bahkan sampai mengancam akan mencabut dukungan naturalisasi kepada Fabiano.

"Jangan Madura United dibandingkan dengan klub yang lain. Saya terus terang marah. Saya pastikan, tadi pagi saya sudah ketemu bagian mengurus naturalisasi, dan saya tegaskan sponsor Madura United terhadap Beltrame untuk proses naturalisasi akan kita cabut," tegas Haruna, selaku manajer Madura United.

Baca Juga

Amarah yang terlontar dari manajemen Madura United, ternyata tak mampu menghalangi niatan Fabiano gabung Persib untuk Liga 1 2019. Dia bahkan mengumumkan perpisahannya dengan Madura United, tepatnya pada tanggal 12 Februari 2019 lalu.

Hingga pada tanggal 23 Maret 2019, Fabiano diperkenalkan oleh Persib Bandung. Pengumuman yang dikeluarkan lewat akun Twitter resmi Persib itu, mengundang banyak tanggapan positif dari Bobotoh.

Gagal Bela Persib, Terbuang ke Liga 2 2019

Fabiano Beltrame dan logo Sriwijaya FC

Sejak resmi gabung Persib Bandung pada akhir Maret lalu, Fabiano pun sudah ikut berlatih, baik itu saat masih dilatih oleh Miljan Radovic dan Robert Rene Alberts.

Sudah sebulan penuh sejak kedatangannya ke Maung Bandung, Fabiano Beltrame tak kunjung bermain di pertandingan resmi. Bahkan hingga pekan pertama Liga 1 2019, saat Persib Bandung vs Persipura Jayapura, dirinya tak sama sekali masuk skuat.

Hingga akhirnya pada Selasa (21/05/19) kemarin malam, Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts menjelaskan masa depan Fabiano yang ternyata tak bisa dimainkan di putaran pertama Liga 1 2019.

Robert Alberts mengatakan bahwa Fabiano yang diakui oleh pelatih asal Belanda itu punya kualitas di atas rata-rata, akan merumput di Liga 2 terlebih dulu. Dengan Sriwijaya FC menjadi klub terdepan untuk mendapatkan tanda tangannya.

Baca Juga

"Fabiano tidak bisa kami daftarkan sekarang, jadi dia akan kami pinjamkan ke klub lain di Liga 2. Pendaftaran Liga 2 belum ditutup, sementara Liga 1 sudah ditutup. Ketika dia sudah dapat kewarganegaraan Indonesia, dia bisa kembali ke Persib di putaran kedua Liga 1 2019," ucap Robert Alberts kepada awak wartawan.

Dengan pernyataan Robert Alberts itu, sangat miris melihat sederet kisah sedih yang dialami Fabiano Beltrame pada tahun 2019 ini. Mulai dari dirinya tinggalkan Madura United, hingga 'dibuang' oleh Persib ke Liga 2 2019. 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persib BandungSriwijaya FCBobotohFabiano BeltrameFabiano Rosa BeltrameRobert Rene AlbertsMadura United FCLiga IndonesiaHaruna SoemitroLiga 1Liga 2

Berita Terkini