x

Kabar Terakhir Eric Djemba-Djemba, Eks Manchester United yang Dipecat Persebaya

Jumat, 24 Mei 2019 14:59 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Eric Djemba-Djemba, mantan pemain Manchester United yang dipecat Persebaya Surabaya. Foto: John Peters/Manchester United via Getty Images

FOOTBALL265.COM - Eric Djemba-Djemba, pemain asing yang pernah gabung Persebaya Surabaya tapi juga sempat main untuk Manchester United di Liga Primer Inggris.

Djemba-Djemba merupakan pemain asal Kamerun yang pernah mendapat kesempatan berkarier di Manchester United saat dirinya bergabung dari FC Nantes pada musim panas 2003 silam.

Catatan karier pernah membela Manchester United inilah yang membuat Djemba-Djemba langsung menarik perhatian publik sepak bola Indonesia saat dirinya gabung Persebaya Surabaya jelang Indonesia Super League (ISL) 2015.

Baca Juga

Namun, nasib pemain yang lahir pada 4 Mei 1981 itu benar-benar mimpi buruk. Dia diputus kontraknya oleh Persebaya Surabaya, yang disebut-sebut karena ketidakjelasan kompetisi saat itu.

Ya, semua juga tahu bahwa tepatnya pada tanggal 30 Mei 2015, lewat surat yang dikirimkan kepada Sekretaris Jenderal PSSI, Azwan Karim, FIFA resmi menjatuhkan sanksi suspensi terhadap Indonesia.

Sanksi tersebut membuat ISL dan seluruh aktivitas sepak bola yang resmi di bawah naungan PSSI harus dihentikan dan dianggap ilegal. ISL 2015 pun berhenti di tengah jalan.

Baca Juga

Dengan peristiwa ini, Persebaya Surabaya pun dengan berat hati memutus kontrak Djemba-Djemba. Dan sejak saat itu kabarnya tak lagi terdengar di ranah sepak bola Indonesia.

Menarik untuk diketahui, kabar terakhir Eric Djemba-Djemba, eks Manchester United yang sempat menggemparkan publik sepak bola Indonesia dengan bergabung ke Persebaya.


1. Djemba-Djemba Lama Berkarier di Liga Primer Inggris

Eric Djemba-Djemba dua musim membela Manchester United dan beberapa klub Liga Primer Inggris lainnya.

Eric Djemba-Djemba cukup lama bermain di Liga Primer Inggris. Khusus di Manchester United, pemain yang sekarang berusia 39 tahun itu hanya bertahan dua musim.

Bersama Manchester United, pemain yang pernah merumput beberapa kali di Persebaya Surabaya itu punya total penampilan sebanyak 39 kali, dengan hanya menorehkan dua gol dan dua assist.

Di Old Trafford, Djemba-Djemba sukses merengkuh dua trofi. Saat Manchester United menjuarai Piala FA 2003/04 dan Piala Super Inggris 2004.

Baca Juga

Setelah menyudahi kerja sama dengan Manchester United, Djemba-Djemba ternyata masih berkarier di Inggris. Aston Villa dan Burnley menjadi klub yang pernah dia bela sebelum banting setir ke Qatar.

Sejak terbang ke Qatar, Djemba-Djemba pun sering berpindah-pindah negara untuk meneruskan karier sepak bola, seperti Denmark, Serbia, Israel, Skotlandia, India hingga Indonesia.

Kabar Terakhir Djemba-Djemba Usai Dipecat Persebaya

Eric Djemba-Djemba (Persebaya Surabaya)

Ya, Djemba-Djemba dipecat oleh Persebaya Surabaya karena kompetisi saat itu tidak bergulir sama sekali. Setelah itu, Persebaya pun mengaku tidak tahu menahu tentang keberadaan Djemba-Djemba.

"Yang saya ketahui, terakhir dia di Prancis. Tapi sekarang tidak tahu lagi dia di mana," pernyataan dari Rahmad Sumanjaya, Sekretaris Persebaya pada tahun 2015 lalu.

Benar sekali, menurut catatan Transfermarkt, Djemba-Djemba memang melipir ke Prancis pada awal tahun 2016 lalu. Dia sempat bermain untuk klub amatir di Prancis, Voltigeurs de Chateaubriant.

Tidak lama kemudian, pada November 2016, dia pindah ke klub kasta kelima sepak bola Swiss, FC Vallorbe-Ballaigues. Di sana, Djemba-Djemba masih berkarier hingga saat ini, dengan total 31 penampilan dan juga mencetak empat gol.

Baca Juga

Sementara menurut unggahan terakhir dari akun pribadi Instagram miliknya yang bernama @djembadjemba1999 yang tercatat pada tanggal 12 Mei 2019 kemarin, dia sedang berada di Bandara Brussels, Belgia.

Ya, Djemba-Djemba dan timnya, Vallorbe-Ballaigues baru saja mengakhiri kompetisi sepak bola Swiss musim 2018/19 ini. Sepertinya, dia sedang berlibur ke Belgia saat ini.

Manchester UnitedKamerunSwissPrancisPersebaya SurabayaAston VillaBurnleyLiga Primer InggrisIndonesia Super League (ISL)Liga IndonesiaLiga 1Feature

Berita Terkini