x

3 Alasan Persija Harus Depak Ivan Kolev dari Kursi Pelatih

Sabtu, 1 Juni 2019 09:31 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
Pelatih Persija Jakarta Jakarta, Ivan Kolev saat sesi jumpa pers jelang laga menghadapi PSIS Semarang. Foto: Media Persija

INDOSPORT. COM - Klub sepak bola Persija Jakarta sepertinya harus mulai mempertimbangkan untuk mendepak Ivan Kolev dari kursi pelatih. Mengapa?

Ya, Persija Jakarta nampaknya kurang berjodoh dengan kesuksesan selama ditangani Ivan Kolev. Mulai dari tersingkir di ajang Piala AFC, hingga terdampar di zona degradasi Liga 1 2019, harus diderita Persija Jakarta.

Penderitaan teranyar terjadi ketika Persija Jakarta melakoni laga pekan ke-3 Liga 2019, Sabtu (31/05/19) kemarin. Bertandang ke markas Bali United, tim sepak bola berjuluk Macan Kemayoran ini menyerah dengan skor 0-1.

Baca Juga

Melihat segala hasil yang ada, manajemen Persija Jakarta tentu harus mengambil kebijakan tegas. Mendepak Ivan Kolev dari kursi pelatih mungkin jadi solusi terbaik yang dapat diambil Persija Jakarta.

Lalu, mengapa Persija Jakarta perlu mempertimbangkan ulang status Ivan Kolev sebagai pelatih? Berikut INDOSPORT sajikan beberapa alasannya lewat rangkuman singkat di bawah ini.


Sulit Menang

Persija Jakarta mungkin harus segera mempertimbangkan status Ivan Kolev di kursi pelatih. Jika tak ada perbaikan, Ivan Kolev pun sepertinya pantas untuk didepak.

Ya, selama di bawah asuhan Ivan Kolev, Persija Jakarta sulit meraih kemenangan. Bahkan, dari 10 pertandingan terakhir di tahun 2019 (berbagai ajang sepak bola), Persija Jakarta hanya dua kali bisa menuai kemenangan.

Parahnya lagi, dua kemenangan itu tak pernah ditorehkan Persija Jakarta di ajang Liga 1 2019. Kemenangan dicatatkan Persija Jakarta saat jumpa Bali United (2-1) di ajang Piala Indonesia, dan Shan United (6-1) di Piala AFC 2019.


1. Alasan Persija Harus Depak Ivan Kolev

Pelatih Ivan Kolev dan asistennya Mustaqim membriefing para pemain Persija sebelum melakukan latihan di Lapangan PSAU TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (22/05/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Lini Belakang dan Depan Hancur

Kinerja Ivan Kolev sejatinya sudah terlihat dari penjelasan dari poin pertama tadi. Akan tetapi, untuk detail lagi, mari kita jabarkan pencapaian skuat Persija Jakarta dari lini per lini.

Ya, kemampuan lini belakang serta tengah Persija Jakarta dalam mengantisipasi serangan lawan tergolong lemah. Buktinya, dalam tiga laga Liga 1 2019, Persija Jakarta total sudah kebobolan empat gol.

Parahnya, ketika lini belakang rapuh, pemain depan juga tak bisa mencetak gol lebih banyak. Persija Jakarta hanya bisa membukukan dua gol dari tiga laga Liga 1 2019 yang telah dijalani.


Rekam Jejak Masa Lalu Kolev

Ivan Kolev punya portofolio yang kurang mengesankan saat menjadi pelatih di ajang Liga 1. Mari menengok ke belakang, tepatnya pada gelaran Liga 1 2017 lalu.

Kala itu, Kolev dipercaya menukangi klub PS TNI yang kini telah berganti nama menjadi Tira Persikabo. Namun, kebersamaan Kolev dan PS TNI hanya bertahan selama 21 pertandingan saja.

Baca Juga

Manajemen PS TNI memutuskan untuk memutus hubungan kerja sama dengan Kolev. Hal ini disebabkan peforma buruk PS TNI selama ditangani Ivan Kolev yang hanya bisa menuai 21 poin dari 21 laga.

Persija JakartaIvan KolevBali UnitedLiga IndonesiaLiga 1TRIVIABola Indonesia

Berita Terkini