x

De Ligt Segera Datang, Siapa Pemain Juventus yang Bakal Terbuang?

Sabtu, 22 Juni 2019 20:57 WIB
Editor: Coro Mountana
Cristiano Ronaldo ketika mengejar bola yang digiring oleh Matthijs de Ligt

FOOTBALL265.COM – Matthijs de Ligt dikabarkan sedikit lagi akan bergabung dengan Juventus, jika benar demikian, siapa yang bakal terbuang?

Masih muda dengan usia 19 tahun, tapi sudah menjadi kapten Ajax Amsterdam dan menjadi penggawa Timnas Belanda, merupakan rentetan capaian seorang De Ligt.

Baca Juga

Oleh karena itu wajar ketika ia membuka pintu keluar dari Ajax, banyak klub sudah mengantri meminta tanda tangannya. Tak terkecuali Juventus yang disebut oleh pundit senior di Sky Sport Italia, Gianluca Di Marzio, akan menjadi tim terdepan untuk dapatkan De Ligt.

Baca Juga

Pernyataan Di Marzio semakin diperkuat oleh laporan dari De Telegraaf yang menyebut De Ligt sudah hampir pasti merapat ke Juventus dengan nilai transfer 70 juta euro (sekitar 1,1 triliun rupiah). Jika De Ligt jadi ke Juventus, siapa yang bakal terbuang?


1. Sosok yang Bakal Terbuang Akibat De Ligt

Mauro Icardi dan Giorgio Chiellini.

Matthijs de Ligt jika jadi ke Juventus sudah pasti akan mengincar satu posisi di bek tengah. Untuk itu, 3 bek tengah yang ada saat ini di Juventus pasti sedang berharap-harap cemas tidak terbuang dari skuat inti.

Giorgio Chiellini

Pertama ada sosok bek tengah senior di Juventus, Giorgio Chiellini, yang sepertinya justru ia yang akan menemani De Ligt di skuat inti. Hal itu dikarenakan peran kapten yang diemban Chiellini rasanya tidak akan bisa didelegasikan ke orang lain begitu saja.

Terlebih, kehadiran Chiellini bisa membuat De Ligt belajar bagaimana caranya menjadi bek tengah Juventus yang solid serta kapten di masa depan.

Satu kelebihan lain dari Chiellini adalah kedispilinannya dalam menjaga pertahanan yang bisa membuat De Ligt leluasa membantu serangan. Sehingga De Ligt juga bisa mematangkan kemampuannya sebagai ball playing defender.

Leonardo Bonucci

Leonardo Bonucci saat sedang berusaha menghentikan pemain Ajax.

Sedangkan Leonardo Bonucci, diyakini akan tetap masuk skuat hanya saja tidak akan sevital Chiellini. Alasannya, Bonucci merupakan tipe bek tengah yang sama yaitu ball playing defender yang rajin membantu penyerangan.

Memang, De Ligt dapat belajar langsung dari Bonucci untuk mematangkan perannya sebagai ball playing defender, tapi itu juga akan meninggalkan lubang di pertahanan bila kedua pemain itu maju menyerang.

Selain itu, Bonucci bukanlah sosok pemimpin yang bisa menuntun De Ligt. Hal itu sudah dibuktikan ketika dirinya mendapatkan kesempatan sebagai pemimpin di AC Milan pada musim 2017/18, tapi Bonucci gagal melaksanakan peran tersebut.

Daniele Rugani

Daniele Rugani saat berseragam Juventus.

Terakhir ada Daniele Rugani yang merupakan proyeksi bek masa depan Juventus sebelum kedatangan De Ligt. Akan menarik tentunya melihat duet Rugani dengan De Ligt di masa depan nanti mengawal pertahanan Juventus.

Namun, sepertinya itu tidak bisa terjadi di musim 2019/20 karena sejatinya Rugani masih inkonsistens dalam mengawal pertahanan Juventus. Sehingga mungkin Rugani akan lebih banyak berperan sebagai pelapis sembari memperbaiki inkonsistensi permainan.

Kesimpulan

Pada akhirnya sosok Chiellini di luar masalah cederanya, diyakini akan tetap menjadi pilihan utama mendampingi dan membimbing Matthijs de Ligt. Sedangkan Bonucci akan tetap dijadikan panutan bagi De Ligt tapi mungkin intensitas jam bermainnya bakal berkurang.

Sehingga yang besar kemungkinan bakal benar-benar terbuang dari skuat utama Juventus adalah Rugani yang masih sering inkonsistens. Meski bakal terbuang, Rugani diprediksi tidak akan dibuang Juventus mengingat kebiasaan mereka yang selalu memiliki empat bek tengah di skuat.

Serie A ItaliaJuventusGiorgio ChielliniAjax AmsterdamLeonardo BonucciDaniele RuganiLiga ItaliaMatthijs de LigtSepak Bola

Berita Terkini