x

Hasil Pertandingan Liga 1 Tira Persikabo vs Persipura: Mutiara Hitam Tertikung

Minggu, 23 Juni 2019 17:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
Prediksi TIRA-Persikabo vs Persipura Jayapura

FOOTBALL265.COM – Laga pekan kelima Shopee Liga 1 2019 antara Tira Persikabo vs Persipura Jayapura berakhir dengan skor 2-1 untuk keunggulan tuan rumah saat bermain di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu (23/06/19) sore.

Sempat memimpin skor terlebih dahulu melalui gol yang dilesakkan Titus Bonai di menit ke-12, Persipura Jayapura gagal mempertahankan keunggulan di babak kedua. Skuat asuhan Luciano Leandro gagal meraih kemenangan perdana musim ini, setelah sebelumnya hanya mampu meraih dua hasil imbang dan satu kekalahan.

Sementara Tira Persikabo semakin mengukuhkan diri di papan atas klasemen, setelah memastikan kemenangan hari ini melalui gol yang masing-masing dilesakkan oleh Wawan Febrianto dan Ciro di babak kedua. Dua kemenangan dan satu hasil imbang membuat skuat asuhan Rahmad Darmawan bertengger di peringkat ketiga klasemen sementara.

Baca Juga

Sejatinya kedua tim sama-sama bermain menyerang dan saling membahayakan satu sama lain, namun keberuntungan tidak menyertai Persipura, sehingga gagal mempertahankan keunggulan.

Berikut ulasan pertandingan antara Tira Persikabo vs Persipura Jayapura:

Babak Pertama:

Persipura Jayapura sebenarnya sudah on fire sejak menit awal, dan bertubi-tubi menggempur pertahanan Tira Persikabo. Pada menit kelima, Titus Bonai sudah menciptakan peluang meski bola masih melambung di atas mistar gawang Angga Saputra. Tak lama berselang, tendangan bebas dari penggawa Mutiara Hitam lagi-lagi digagalkan kiper Tira tersebut.

Baca Juga

Kemudian serangan balik Persipura di menit ke-12 tak mampu dibendung pemain Tira. Umpan matang dari Ronaldo Wanma kepada Titus Bonai yang berdiri di kiri gawang Tira  sukses dikonversi menjadi gol, setelah bola membentur kiper Angga.

Tertinggal satu gol, tuan rumah mulai gegabah untuk segera menyamakan kedudukan, sayangnya serangan di menit ke-20 digagalkan oleh Ricardo Salampessy yang sengaja menjebak Osas Saha dalam posisi offside.

Baca Juga

Bertubi-tubi serangan penggawa Persipura terus mengancam gawang Tira. Mamadou Samassa dan Titus Bonai saling berganti melesakkan tendangan ke gawang, meski belum ada gol tambahan yang tercipta di babak pertama.

Satu-satunya peluang Tira Persikabo di babak pertama datang jelang menit akhir pertandingan. Tendangan Louise Parfait dari luar kotak penalti masih dapat ditangkap oleh kiper muda Mario Londok.


1. Babak Kedua

Kapten Persipura Jayapura Boaz Solossa.

Menit awal babak kedua, anak asuh Rahmad Darmawan mulai bermain ngotot dan mengejutkan Persipura. Terbukti saat akselerasi Ciro melalui umpan crossing mampu disambut dengan heading oleh Osas Saha, meski bola melesat tipis di luar sisi kiri gawang Persipura.

Kedua tim mulai jual beli serangan. Persaingan dua pilar asing Tira dan Persipura, Ciro dan In-kyun Oh mendominasi serangan kedua tim. Sayangnya tumpuan lini depan Persipura, Titus Bonai harus keluar dari lapangan lantaran terlibat cedera usai dilanggar Osas Saha pada menit ke-51.

Wonderkid Papua, Gunansar Mandowen masuk menggantikan Tibo, dan kehadirannya justru semakin memberikan peluang Persipura untuk menggandakan kedudukan, dengan beberapa kali melakukan tendangan on target ke gawang Tira Persikabo.

Baca Juga

Asik menyerang di kotak penalti, penggawa Persipura justru dikejutkan dengan serangan balik yang dilakukan oleh bek asing Khurshed Beknazarov. Umpan silang menuju Abduh lestaluhu langsung dieksekusi oleh Wawan Febrianto menjadi gol penyeimbang. Skor berubah menjadi 1-1 untuk kedua tim.

Sejatinya Persipura berpeluang untuk kembali unggul, setelah serangan dari In-kyun Oh disambut dengan baik oleh Gunansar Mandowen di menit ke-67. Sayangnya umpan matang yang diberikan ke Wanma gagal menembus gawang Angga Saputra dan hanya membentur tiang gawang.

Lagi-lagi karena asik menyerang, serangan balik Tira Persikabo menjadi momok bagi tim Mutiara Hitam. Loris Arnaud mengirimkan assist dari sisi kanan, dan tendangan kuat Ciro menembus sisi kiri gawang Persipura. Gol kedua untuk tuan rumah membalikkan kedudukan menjadi 2-1.

Baca Juga

Guna menambah daya gedor tim, Luciano Leandro memasukkan Boaz Solossa guna menggantikan Wanma. Tak ingin kalah, Rahmad Darmawan juga memasukkan striker Guntur Triaji untuk menggantikan peran Osas Saha di menit ke-74.

Sepuluh menit terakhir, Tira Persikabo semakin menekan lini pertahanan. Beberapa peluang dari Ciro dan Arnaud terus-menerus mengancam gawang yang dikawal Mario Londok. Namun di sisi lain, penggawa Persipura bahu-membahu membangun serangan, meski empat bek Tira cukup sulit untuk ditembus.

Babak kedua ditutup dengan skor akhir 2-1 untuk kemenangan Tira Persikabo. Dengan demikian, Persipura Jayapura gagal meraih kemenangan perdananya musim ini, sementara Laskar Padjadjaran sukses menembus papan atas klasemen sementara dengan capaian delapan poin dari empat laga.

Persipura JayapuraRahmad DarmawanTitus BonaiLuciano LeandroLiga IndonesiaTira-PersikaboBola IndonesiaShopee Liga 1

Berita Terkini