x

Usai PSM Gugur di Semifinal Piala AFC 2019, Ini Jejak Memori Klub-klub Indonesia di Kompetisi Asia

Kamis, 27 Juni 2019 16:58 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Ilustrasi perjalanan klub-klub Indonesia di kompetisi Asia (Foto: FOOTBALL265.COM/Tiyo Bayu)

FOOTBALL265.COM - Wakil Liga 1 Indonesia, PSM Makassar pun harus gugur usai kalah gol tandang meski agregat imbang 2-2 menghadapi Becamex Binh Duong, Rabu (26/06/19) kemarin.

Perjalanan PSM Makassar yang berhasil mencapai babak semifinal zona ASEAN Piala AFC 2019 patut diapresiasi. Pasalnya, semenjak format kompetisi berubah berdasarkan zona, ini merupakan raihan terbaik untuk tim-tim Indonesia.

Klub sepak bola Indonesia memang jarang berbicara banyak di kompetisi Asia, baik itu kasta tertinggi Liga Champions Asia atau kasta kedua Piala AFC.

Baca Juga

Dengan tersingkirnya PSM Makassar, nampaknya ini menjadi sebuah kekecewaan. Pasalnya, kuota tim Indonesia yang mengikuti kompetisi Asia kemungkinan sangatlah sedikit.

Apalagi untuk slot Piala AFC 2020, wakil Indonesia merupakan pemenang dari Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19. Yang artinya hanya satu klub saja yaitu peringkat kedua Liga 1 2019.

Mungkin masih harus menunggu lama untuk melihat tim-tim Indonesia tampil gemilang di kompetisi Asia. Oleh karena itu, ada baiknya kita rangkum seperti apa deretan klub Indonesia di kompetisi Asia.


1. Perjalanan Klub-klub Indonesia di Asia

Klub-klub Liga 1 Indonesia.

Kita mulai langsung dari perjalanan klub sepak bola Indonesia di kompetisi Asia dalam lima tahun terakhir ini, yang artinya sejak Liga Champions Asia dan Piala AFC 2014 lalu.

Baca Juga

Kompetisi Asia 2014: Arema FC dan Persipura Jayapura

Skuat Persipura di Tahun 2014 saat mengikuti kompetisi Liga Indonesia dan Piala AFC 2014.

Pada musim 2014, Liga Indonesia tak lagi mendapat jatah untuk mengikuti Liga Champions Asia. Juara dan runner-up Liga 1 2013 harus memulai kompetisi Asia di babak penyisihan grup Piala AFC 2014.

Runner-up Liga 1 2013, Arema FC hanya bisa melaju ke babak 16 besar kompetisi tersebut. Sementara Persipura Jayapura menorehkan tinta emas dengan mencapai babak semifinal Piala AFC 2019.

Raihan Persipura ini merupakan yang terbaik yang pernah ditorehkan klub Indonesia di sepanjang sejarah kompetisi Asia. Babak perempat final, Persipura berhasil menyingkirkan Al-Kuwait dengan skor agregat 6-1.

Sementara itu di babak semifinal, mereka tak kuasa menghadapi klub Kuwait lainnya, Al-Qadsia. Bahkan skor yang didapat sangatlah telak, yaitu agregat 2-10.

Baca Juga

Kompetisi Asia 2015: Persib Bandung dan Persipura Jayapura

Persib Bandung saat belaga di Liga Champions Asia 2015

Persib Bandung berhasil menjadi juara Liga 1 2014 dan berhak melaju ke babak kualifikasi Liga Champions Asia. Sayang sekali, langkah Maung Bandung harus terhenti di babak kualifikasi putaran kedua dan turun ke Piala AFC.

Persib juga tak telrlau berbicara banyak dengan terhenti di babak 16 besar Piala AFC 2014. Sementara itu wakil Indonesia satunya lagi, Persipura yang sebagai peringkat kedua, juga masuk babak grup Piala AFC.

Pada babak 16 besar, Persipura Jayapura juga harus mengikut jejak Persib yang pulang ke Indonesia. Persipura harus kalah 0-3 dari klub Malaysia, Pahang FA.

Baca Juga

Kompetisi Asia 2016, 2017: Tidak Ada.

Ilustrasi PSSI yang pernah mendapat sanksi dari FIFA untuk menggelar kompetisi resmi pada tahun 2015 dan 2016.

Untuk kompetisi Asia 2016, klub Liga Indonesia tidak ada yang ikut serta. Pertengahan tahun 2015, sepak bola Indonesia harus menjalani sanksi larangan beraktivitas dari FIFA karena intervensi pemerintah.

PSSI pun tak menyelenggarakan satu kompetisi resmi pun yang setiap tahunnya menyetor klub ke kompetisi Asia.

Sanksi pun baru dicabut FIFA pada bulan Mei 2016, yang membuat kompetisi Asia tahun 2017 juga tak ada wakil Indonesia.

Kompetisi Asia 2018: Bali United dan Persija Jakarta

Ilija Spasojevic saat terjun membela Bali United di Kualifikasi Liga Champions 2018.

Liga Indonesia kembali mengirim wakilnya ke kompetisi Asia pada tahun 2018. Namun juara Liga 1 2017, Bhayangkara FC tak bisa mengikuti kompetisi Asia karena belum punya lisensi AFC.

Alhasil, Bali United dan Persija Jakarta yang merupakan runner-up dan peringkat ketiga yang ikut ke Piala AFC 2018.

Bali United yang tadinya mengikuti babak kualifikasi Liga Champions Asia, terlempar ke babak grup Piala AFC. Mereka pun tak mampu menjadi runner-up terbaik babak grup Piala AFC dan terhenti di sana.

Sementara Persija Jakarta, berhasil mencapai babak semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018. Bertemu wakil Singapura, Home United, kekalahan agregat 6-3 harus dirasakan Macan Kemayoran saat itu.

Baca Juga

Kompetisi Asia 2019: PSM Makassar dan Persija Jakarta

Asnawi Mangkualam berduel pada laga PSM Makassar vs Becamex Binh Duong di Piala AFC 2019, Rabu (26/06/19).

Untuk tahun ini, wakil Liga Indonesia adalah PSM Makassar dan Persija Jakarta. Kedua tim memiliki perjalanan yang jauh berbeda. 

Persija Jakarta gagal merebut peringkat kedua di klasemen akhir babak grup, setelah kalah bersaing dengan Ceres Negros, Becamex Binh Duong menempati urutan pertama dan kedua.

Baca Juga

Sementara PSM Makassar berhasil lolos ke babak semifinal zona ASEAN Piala AFC 2019. Namun mereka harus menelan kekalahan 1-0 di leg pertama semifinal zona ASEAN Piala AFC 2019 di markas Becamex Binh Duong.

Memainkan leg kedua di markas sendiri, Stadion Pakansari, Bogor, kemarin malam, PSM Makassar berhasil mengunci kemenangan 2-1 atas Binh Duong. Namun mereka harus tersingkir karena kalah gol tandang meski agregat akhir 2-2.

Persib BandungPersija JakartaPSM MakassarPiala AFCBali UnitedBola InternasionalLiga IndonesiaBali United FCArema FCLiga 1Piala AFC 2019Becamex Binh DuongSepak Bola

Berita Terkini