x

Hasil Liga 1 2019 Persebaya Surabaya vs Persela Lamongan: Amido Balde Pahlawan

Senin, 1 Juli 2019 17:30 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Isman Fadil
Selebrasi irfan jaya setelah mencetak gol ke gawang persela dimenit 62'.

FOOTBALL265.COM - Persebaya Surabaya dengan susah payah berhasil menyudahi derby Jawa Timur di Liga 1 2019 melawan Persela Lamongan dengan kemenangan 3-2, Senin (01/07/19).

Dipimpin oleh asisten pelatih Danur Dara, Erik Ibrahim, dan Ragil Sudirman, Persela Lamongan sukses mengejutkan Persebaya Surabaya lewat pol cepat Lucky Wahyu.

Baca Juga

Pemain yang pernah berseragam Bajul Ijo itu mengejutkan publik Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) lewat sepakan kerasnnya yang berujung gol dari sudut sempit sisi kanan pertahanan Persebaya Surabaya pada menit ke-3.

Selepas ketinggalan, mau tak mau tuan rumah Persebaya Surabaya langsung berusaha cepat membalas. Gempuran ke gawang persela langsung dilancarkan, mengandalkan pemain asingnya Damian Lizio.

Hasilnya pun langsung tercipta pada menit ke-17. Berawal dari umpan matang sepak pojok Lizio, Oktafianus Fernando dengan cerdik berhasil mengambil ruang untuk menanduk bola dan mengarahkannya masuk ke gawang. Skor pun kembali imbang, Persebaya Surabaya 1-1 Persela Lamongan.

Sebagai tim tamu, Persela Lamongan tak segan untuk bermain terbuka di laga ini. Peluang untuk unggul pun mereka dapatkan kembali pada menit ke-27.

Sayang sepakan penyerangnya Alex Santos masih sedikit saja melebar di sisi kiri gawang Persebaya Surabyaa dan tak mengubah angka di papan skor.

Baca Juga

Masih terus mendominasi Persela, Persebaya Surabaya justru harus ditinggal pencetak golnya Oktafianus Fernando di menit ke-41. Oktafianus cedera sehingga harus digantikan Amido Balde.

Masuk di sisa babak pertama, Balde pun smepat beberapa kali mendapatkan peluang yang sayangnya tak satupun berbuah gol. Skor imbang bertahan saat turun minum, Persebaya Surabaya imbang 1-1 atas Persela Lamongan.

 


1. Babak Kedua

Ekspresi Amido Balde setelah kembali mencetak gol dimenit 66'.

Di babak kedua, kejutan Persela Lamongan kembali berlanjut pada awal-awal laga. Tim berjuluk Laskar joko Tingkir itu kembali unggul pada menit ke-55.

Gol diciptakan Alex dos Santos, yang dengan mudah meneruskan bola sodoran Sugeng Effendi yang sudah terbebas di muka gawang Persebaya.

Persebaya Surabaya hampir saja langsung membalas tiga menit kemudian. Namun bola yang dilambungkan Irfan Jaya dari sisi kanan, hanya menerpa tiang dan tak berbuah apa-apa.

Gagal di percobaan pertama, Irfan akhirnya benar-benar mencetak gol pada menit ke-61. Menyudahi sodoran Osvaldo Haay, sepakan Irfan yang sempat membentur pemain Persela, membuat bola melaju dan bergulir ke dalam gawang. Persebaya 2-2 Persela.

Semakin bersemangat usai menyamakan skor, Persebaya akhirnya mampu berbalik unggul pada menit ke-66. Lagi-lagi lewat asis Osvaldo Haay, kali ini giliran Amido Balde yang mencetak gol lewat tandukannya sambil menjatuhkan diri.

Di sisa pertandingan, kedua tim bermain sangat terbuka. Meski beberapa peluang berhasil diciptakan, tak satupun yang berbuah gol. Bajul Ijo pun berhak atas raihan tiga poin penuh. Persebaya Surabaya 3-2 Persela Lamongan.

Susunan pemain

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra. Novan Setya, Hansamuyama, Otavio Dutra, Ruben Sanadi; Fandi Eko, Muhammad Hidayat,  Damian lizio; Irfan Jaya, Osvaldo Haay, Oktafius Fernando.

Cadangan:  Imam Arief, M. Syaifuddin, Rachmat Irianto, Misbakus Solikin, Alwi Slamat, Rendi Irwan, Amido Balde. 

Persela Lamongan (4-3-3): Dian Gus; Samsul Arifin, Zaenuri, Arif Satria, Eky Taufik; Kei Hirose, Ahmad Baasith, Luck Wahyu; Yohanis Nabar, Alex Dos Santos, Malik Risaldi.

Cadangan:  Dwi Kuswanto, Amevor, Marsel Kararbo, Sugeng Effendi, Birrul Walidain, Delfin Rumbio. 

Persebaya SurabayaPersela LamonganReviewHasil PertandinganLiga IndonesiaLiga 1Irfan JayaAmido BaldeBola Indonesia

Berita Terkini