x

3 Alasan Jacksen F. Tiago Pantas Latih kembali Persipura Jayapura

Selasa, 2 Juli 2019 14:42 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT. COM - Jacksen F. Tiago, sosok pelatih sepak bola berkebangsaan Brasil tersebut sepertinya pantas untuk kembali menangani eks klubnya, Persipura Jayapura.

Ya, Jacksen saat ini memang sedang menyandang status sebagai pelatih yang tidak memiliki klub. Jacksen menganggur setelah beberapa waktu lalu mengundurkan diri dari kursi kepelatihan Barito Putera.

Mundurnya Jacksen dari Barito Putera, ternyata memunculkan sebuah isu baru. Jacksen belakangan mulai dikaitkan dengan klub yang dahulu pernah dilatihnya, Persipura Jayapura.

Baca Juga

Jacksen dikaitkan lantaran kondisi Persipura Jayapura kini sedang terpuruk di papan bawah klasemen Liga 1 2019. Kehadiran Jacksen diyakini bisa membangkitkan Mutiara Hitam dari tren buruk itu.

Bila ditelaah, Jacksen punya beberapa alasan kuat untuk dirinya kembali latih Persipura Jayapura. Apa sajakah alasan-alasan yang dimaksudkan? Berikut rangkuman INDOSPORT.


Kenangan Kejayaan Masa Lalu

Jacksen F. Tiago dahulu memang pernah menukangi Persipura Jayapura. Jacksen tercatat membesut Mutiara Hitam selama kurang lebih enam tahun, tepatnya dari 2008 hingga 2014.

Selama menangani Persipura Jayapura, Jacksen berhasil memberikan prestasi luar biasa. Ia mampu mengantarkan timnya tiga kali menjuarai Liga Super Indonesia, masing-masing di musim 2008/09, 2010/11, dan 2012/13.

Melihat kenangan kejayaan masa lalu itu, Jacksen jelas pantas untuk kembali ke Persipura Jayapura. Bila terwujud, bukan mustahil Jacksen akan mengulangi kesuksesan masa lalunya itu dan memberikan kejayaan jilid dua untuk Persipura Jayapura.


1. Alasan Jacksen Pantas Kembali Latih Persipura

Jacksen Fereira Tiago.

Kualitas Sudah Terbukti

Jacksen sepertinya memang pantas untuk kembali melatih Persipura Jayapura. Bukan hanya karena kenangan kejayaan masa lalu, kualitasnya sebagai pelatih juga sudah terbukti.

Buktinya, selama berkarier sebagai pelatih, bukan Persipura Jayapura saja yang bisa dibawanya menjadi juara. Tahun 2004 silam, Persebaya Surabaya juga mampu diantarkan Jacksen merengkuh trofi Liga Indonesia.

Kualitas itu sudah menjelaskan betul bahwa Jacksen merupakan pelatih bermental juara. Tinggal ditunggu bagaimana respons manajemen Persipura Jayapura selanjutnya, apakah benar Jacksen akan kembali?


Tak Perlu Banyak Adaptasi

Setiap perubahan pasti memerlukan adaptasi. Mencoba terbiasa dan memahami suasana baru, terkadang butuh waktu yang tak sebentar.

Persipura Jayapura pun tentu butuh waktu adaptasi jika sampai akhirnya ganti pelatih. Namun, bila mengingat urgensi Persipura Jayapura untuk segera bangkit, proses adaptasi harus dilangsungkan secara cepat.

Nama Jacksen pun sepertinya cocok untuk menjadi pelatih baru dengan masa adaptasi singkat. Maklum saja, dahulu Jacksen pernah membesut Persipura Jayapura, dan ia tentu sudah tahu tentang atmosfer sepak bola di sana.

Baca Juga

Apalagi, di skuat Persipura Jayapura sekarang ada beberapa pemain yang dulunya pernah dibesut Jacksen juga, seperti Boaz Solossa, Ian Kabes, dan juga Titus Bonai. Bantuan dari ketiga pemain itu diyakini bisa makin mempermudah kelancaran proses adaptasi yang diperlukan Jacksen.

Persipura JayapuraJacksen F. TiagoLiga IndonesiaLiga 1TRIVIABola Indonesia

Berita Terkini