x

On This Day: Taklukan AC Milan di Piala Super Italia, Juventus Bayar Dendam Liga Champions

Sabtu, 3 Agustus 2019 07:20 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Isman Fadil
Juventus kala menjuarai Piala Super Italia 2003 (03/08/03).

FOOTBALL265.COM - Tepat di tanggal 3 Agustus 16 tahun yang lalu, Juventus berhasil membalaskan dendamnya ke AC Milan dengan menjadi juara Piala Super Italia 2003.

Juventus harus mengakui ketangguhan sesama tim Italia, AC Milan, di final Liga Champions 2002/03 yang berlangusng tanggal 3 Mei 2003 di Stadion Old Trafford.

Namun hanya tiga bulan setelah pertandingan yang berakhir dalam adu penalti itu, Juventus langsung berhasil membalaskan dendamnya ke AC Milan.

Baca Juga

Saling berhadapan di Piala Super Italia 2003 pada 3 Agustus 2003, Juventus tak mengulangi kegagalannya, dengan mengandaskan AC Milan melalui cara yang sama, adu penalti.

Berlangsung di New Jersey Amerika Serikat, pertandingan Piala Super Italia Juventus vs AC  Milan itu berjalan cukup ketat sejak menit awal.

Dengan nama-nama besar seperti Gianluigi Buffon, David Trezeguet, Alessandro Nesta hingga Andrea Pirlo, pertandingan yang dipimpin wasit legendaris Pierluigi Collina itu harus berakhir imbang tanpa gol di waktu normal 90 menit.

Drama kemudian baru terjadi ketika memasuki perpanjangan waktu. Di awali dari ditunjuknya titik putih oleh Collina setelah pemain Juventus dianggap menjatuhkan Massimo Ambrosini. Andrea Pirlo yang kala itu berseragam AC Milan, dengan berkelas mampu memperdaya Buffon lewat tendangan panenka pada menit ke-106.

Baca Juga

Namun tak butuh waktu lama, selepas melakukan kick off kembali, Juventus langsung bisa membalas gol. Di awali dari umpan yang ditanduk Nicola Legrottaglie, bola muntah tepisan Abbiati langsung disambut mudah oleh Trezeguet, hingga skor kembali imbang 1-1. Tanpa adannya gol tambahan, pertandingan Piala Super Italia 2003 itupun terpaksa harus diakhiri dalam adu penalti.

Dalam drama adu penalti tersebut, kualitas seorang Buffon menjadi penentu gelar juara Piala Super Italia 2003 untuk Juventus. Ketenangan penjaga gawnag Timnas italia itu mampu menggagalkan satu sepakan pemain AC Milan, Cristian Brocchi.

Sementara itu, lima pemain Juventus mampu menjalankan tugasnnya dengan baik. Mulai dari Di Vaio, Trezeguez, Birindelli, Camoranesi dan ditutup tendangan keras Ciro Ferrara. Juventus pun keluar sebagai juara Piala Super Italia 2003 dengan skor akhir penalti 5-3, tepat di tanggal 3 Agustus 2003.

Susunan Pemain:

Juventus XI: Buffon; Zambrotta, Iuliano, Legrottaglie, Birindelli; Tacchinardi, Appiah; Nedved, Del Piero, Miccoli; Trezeguet.

Pelatih: Marcello Lippi.

AC Milan XI: Abbiati; Cafu, Maldini, Nesta, Kaladze; Gattuso, Pirlo, Seedorf; Rui Costa; Inzaghi, Shevchenko.

Pelatih: Carlo Ancelotti.

Andrea PirloAC MilanJuventusGianluigi BuffonDavid TrezeguetPiala Super ItaliaLiga ItaliaBola InternasionalOn This Day

Berita Terkini