x

Kabar Pemain Indonesia di Luar Negeri yang Pernah Ikut Seleksi Timnas U-19 2017 (Part 1)

Minggu, 11 Agustus 2019 16:09 WIB
Editor: Coro Mountana
George Brown, salah satu wonderkid Indonesia yang main di luar negeri

FOOTBALL265.COM – Bagaimana kabar pemain Indonesia di luar negeri yang pernah ikut seleksi Timnas U-19 pada 2017 lalu?

Piala AFF U-19 2017 merupakan salah satu kompetisi sepak bola yang benar-benar dipersiapkan dengan sangat serius. Bukan apa-apa, saat itu pelatih Indra Sjafri diberi misi untuk menjadi juara, terlebih ajang itu diselenggarakan di Indonesia.

Baca Juga

Untuk itu saat masih pelatnas, sejumlah pemain Indonesia yang bermain di luar negeri dipanggil untuk mengikuti seleksi. Tak kurang sebanyak 14 pemain Indonesia yang bermain di luar negeri mengikuti seleksi seperti Rafid Habibie, George Brown, dan masih banyak lagi.

Baca Juga

Piala AFF U-19 2017 sendiri berakhir dengan cerita menyedihkan bagi Timnas Indonesia usai disingkirkan Malaysia di semifinal. Kini 2 tahun sudah berlalu sejak seleksi dan Piala AFF U-19 2017, kini bagaimana kabar para pemain Indonesia di luar negeri tersebut kini?


1. Jack Brown

Jack Brown Saat Menandatangani Kontrak Bersama Lincoln FC

Pertama ada Jack Brown yang sempat mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-19 2017 lalu. Namun Jack Brown ternyata tak berhasil lulus seleksi dari tim kepelatihan Timnas Indonesia U-19 saat itu sehingga memutuskan kembali ke Eropa.

Selepas itu, Jack Brown pun pulang ke Inggris dan bergabung dengan salah satu terkemuka di sana West Ham United dan sempat balik lagi ke Indonesia untuk latihan bersama Persija Jakarta U-19 pada 2018.

Di tahun ini kabar bahagia menghampiri Jack Brown usai dirinya dikontrak oleh klub divisi tiga Liga Inggris, Lincoln City.

"Satu tahun dulu kontraknya. Karena umurnya baru 17 tahun, 1 tahun ke depan Jack akan dilihat perkembangannya dan bisa main profesional bersama team inti Lincoln City,” kata Indah Brown, ibu dari Jack Brown kepada INDOSPORT pada 14 Juli lalu.

George Brown

George Brown, si Wonderkid Indonesia

Saudara kembar Jack Brown, George Brown juga diketahui pernah mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-19 untuk Piala AFF 2017. Namun senasib dengan 13 pemain lainnya, mereka semua gagal lulus seleksi dari Indra Sjarif.

"Terus terang tidak seperti yang kita harapkan dan bayangkan. Ada beberapa faktor kenapa para pemain tidak dipilih, pertama karena mereka sekolah, yang kedua kualitas, dari 14 itu," ucap Indra saat ditemui di Lapangan Atang Sutresna, Senin (17/04/17).

Usai gagal seleksi di Timnas Indonesia U-19. George Brown bersama Jack Brown memilih untuk mengikuti latihan bersama Persija Jakarta U-19 pada 2018 lalu. Kini George Brown tengah melanjutkan pendidikannya di Amerika Serikat.


2. Rafid Habibie

Bakat muda Indonesia Muhammad Rafid Habibie merupakan penggemar PSM Makassar.

Menjadi cucu dari seorang Presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie tidak serta merta membuat Rafid Habibie mendapat suatu keistimewaan. Dengan kesederhanaan hatinya, ia menerima dirinya gagal lolos seleksi Timnas Indonesia U-19 untuk Piala AFF 2017.

Setelah kegagalan itu, Rafid Habibie menuju Italia untuk bermain bersama tim Serie C, AC Cuneo. Sebelumnya, Rafid Habibie juga sempat merumput bersama Santarcangelo Calcio 1926 pada tahun lalu.

Kini, dirinya sempat mengikuti latihan bersama dengan klub Liga 2, Persib B yang diasuh oleh Liestiadi. Namun ternyata jodoh Rafid Habibie tidak dengan Persib B karena ia dinyatakan gagal bergabung untuk musim ini.

"Seperti yang coach Liestiadi bilang, cuma masalah di kondisi fisik dan saya juga sekarang sedang menunggu kabar dari klub Eropa," ujar Rafid saat dihubungi awak redaksi olahraga INDOSPORT, Sabtu (22/6/19)


3. Adam Putra Firdaus

Adam Putra Firdaus (kiri) saat berada di Real Valladolid

Selanjutnya ada Adam Putra Firdaus yang sempat mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-19 pada 2017 lalu. Setelah lama tidak ada kabar darinya, Adam Putra Firdaus yang sempat bermain di Real Valladolid ternyata sudah pensiun dini.

"Sekitar awal tahun 2018 lalu mata kiri saya gak bisa melihat sama sekali, selama 1-2 menit. Kejadiannya mulai rutin dua minggu sekali, satu bulan sekali, bahkan pernah sehari dua kali kehilangan penglihatan," ujar Adam.

Setelah sempat diobati, Adam Putra Firdaus akhirnya menyerah dan memutuskan untuk gantung sepatu sakit mata yang dideritanya terus kambuh berkali-kali. Kini setelah pensiun, Adam Putra Firdaus sedang mengenyam pendidikan kuliah jurusan hukum di Universitas Indonesia.

Nathan Ariel Muskitta

Nathan Muskitta saat mengenakan kaos Timnas

Pemain terakhir yang akan kita bahas dalam part 1 kali ini adalah Nathan Ariel Muskitta. Pemain yang juga memiliki darah Australia ini termasuk dalam 14 pemain yang gagal seleksi untuk Piala AFF U-19 2017.

Sepulangnya dari Indonesua, Nathan Ariel Muskitta akhirnya memutuskan untuk trial di West Ham pada awal 2018. Selepas itu, sempat berada di Ajax Amsterdam, ternyata kini Nathan Ariel Muskitta sedang berstatus tanpa klub dan sedang menunggu tawaran.

Baca Juga

“Nathan saat ini di Inggris dan sedang menunggu klub baru yang belum bisa didiskusikan,” cerita Iwan Muskitta kepada redaksi berita olahraga, INDOSPORT pada 18 Juli 2019.
 

Muhammad Rafid HabibieLiga IndonesiaBakat Muda IndonesiaJack BrownAdam Putra FirdausGeorge BrownNathan Ariel MuskittaTimnas Indonesia U-19Bola Indonesia

Berita Terkini