x

Inikah Faktor yang Membuat Pemain Persib Tak Dilirik Oleh Simon McMenemy?

Minggu, 29 September 2019 16:00 WIB
Editor: Juni Adi
Simon McMenemy tangah memperhatikan perkembangan anak asuhnya jalani latihan.

FOOTBALL265.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy telah memanggil sebanyak 25 pemain untuk melakukan pemusatan latihan di Jakarta, mulai Selasa (01/10/19) nanti. 

Hal tersebut dilakukan sebagai persiapan menghadapi Uni Emirat Arab pada 10 Oktober 2019, dan Vietnam pada 15 Oktober 2019 di laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Setelah itu, Skuat Garuda akan bertolak ke UEA pada keesokan harinya Rabu (02/10/19). Andritany Ardhiyasa dan kawan-kawan akan melakukan latihan dan persiapan di sana lebih awal.

Dari nama-nama yang dipanggil, mayoritas adalah muka lama selain kiper Wawan Hendrawan dari Bali United dan gelandang Wawan Febrianto dari Tira Persikabo.

Baca Juga

Keduanya dipanggil setelah menunjukan performa yang mengesankan sepanjang Liga 1 2019 ini. Sementara untuk tim yang paling banyak menyumbangkan pemainnya ada tiga.

Mereka adalah Bali United, Madura United dan Persija Jakarta yang masing-masing menyumbang empat pemain. Menariknya, kali ini pelatih asal Skotlandia itu tidak memanggil satupun pemain dari tim Persib Bandung.

Padahal di dua laga awal melawan Malaysia dan Thailand pada bulan Mei lalu, Maung Bandung sempat menyumbang satu pemainnya yakni Febri Hariyadi.

Lantas, faktor apa yang membuat Simon McMenemy tak melirik pemain dari tim jawara Liga Indoneisa tahun 2014 itu? Salah satu indikasinya bisa jadi karena performa yang tidak konsisten baik pemain di sektor belakang, tengah maupun depan.

Di sektor belakang, sulit menemukan bek tangguh untuk membela Timnas Indonesia dari Persib Bandung. Karena pertahanan mereka sendiri sangat rapuh di Liga 1, hingga sulit merangsek ke papan tengah.

Saat ini, mereka berada di peringkat ke-11. Hingga pekan ke-22, Persib sendiri sudah kebobolan sebanyak 28 gol. Lebih banyak daripada Persija yang saat ini menempati urutan ke-14. Macan Kemayoran sejauh ini kebobolan 22 gol.

Baca Juga

Sementara di lini tengah, gelandang-gelandang yang dimiliki Persib penampilannya kurang maksimal karena bergantung dengan pemain tua, seperti Esteban Vizcarra dan pemain asing. 

Hal itu yang membuat Simon nampaknya sulit, menemukan pemain dari Persib di sektor tengah. Apalagi ada beberapa tim lain yang mempunyai gelandang bagus, yang sering dimainkan serta tak terlalu tua seperti Stefano Lilipaly, Zulfiandi, dan debutan Wawan Febrianto.

Lantas bagaimana di lini depan? Nyaris dipastikan tak ada harapan untuk dilirik Simon, karena Maung Bandung mengandalkan striker asing.

Ada sih satu yang sejatinya layak dipanggil, yaitu Febri Hariyadi. Winger berusia 23 tahun itu menunjukan penampilan apik di beberapa laga terakhir Persib di Liga 1.

Termasuk saat menyumbang satu gol kemenangan 3-1 Persib atas Persipura pekan lalu. Sayangnya, Simon lebih memilih untuk menggunakan jasa Saddil Ramdani, yang baru memainkan 8 laga di Liga Malaysia, dan lebih banyak menghuni bangku cadangan.

Kendati tak ada pemainnya yang dipanggil ke Timnas Indonesia, pelatih Persib, Robert Rene Alberts tak mempermasalahkannya.

"Saya pikir itu hak dari pelatih Timnas untuk memilih pemain terbaik yang cocok untuk sistem yang digunakannya," kata Robert Alberts, Sabtu (28/09/19). 

"Kami punya pemain yang bagus dan bertalenta tapi pemain lain punya tipe bermain yang berbeda dan itu jadi wewenang pelatih Timnas. Tapi kami tetap mendukung Timnas dan mendoakan hasil terbaik untuk Indonesia," tutup eks juru taktik PSM Makassar itu.

Persib BandungTimnas IndonesiaLiga IndonesiaSimon McMenemyBola Indonesia

Berita Terkini