x

3 Statistik Stefano Pioli yang Buat Fans AC Milan Berkeringat Dingin

Kamis, 10 Oktober 2019 17:11 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Stefano Pioli, pelatih baru AC Milan.

FOOTBALL265.COM - Stefano Pioli secara resmi ditunjuk sebagai pelatih AC Milan dengan membawa beberapa catatan statistik, menjanjikankah?

Ditunjuk sebagai penganti Marco Giampaolo di AC Milan, Stefano Pioli banyak ditentang oleh suporter klub berjuluk Rossoneri karena latar belakangnya yang merupakan suporter klub rival mereka Inter Milan, Interisti.

Selain itu penolakan terhdapa Pioli juga muncul lantaran pria 53 tahun itu dianggap sebagai pelatih medioker yang tak layak membesut tim sebesar AC Milan.

Baca Juga

Jika dibanding nama lainnya yang sempat dirumorkan menjadi pelatih AC Milan menggantikan Marco Giampaolo, yakni Luciano Spalletti. Pioli memang tak memiliki pengalaman yang lebih besar.

Namun apakah benar Stefano Pioli seburuk itu buat AC Milan? Berikut INDOSPORT mencoba mengulasnya, berbekal tiga catatan statistik yang dimilikinya.


1. Jumlah Pertandingan

Stefano Pioli eks pelatih Fiorentina.

Statistik pertama adalah jumlah pertandingan Stefano Pioli saat menjadi pelatih. Jumlah tersebut bisa menjadi gambaran mengenai kualitas pria berkepala plontos itu, berkaitan dengan kepercayaan sebuah klub untuk memakai jasanya.

Dan dengan ukuran tersebut, rasanya Pioli tak memiliki catatan yang cukup bisa dibanggakan. Itu tercermin dari fakta bahwa selama 13 kali memimpin sebuah klub, Pioli tak sekalipun mampu mencatatakan lebih dari 100 pertandingan bersama satu klub.

Baca Juga

Paling banyak dirinya hanya sempat 97 kali memimpin pertandingan sebagai pelatih Bologna, sejak Oktober 2011 sampai dengan 7 Januari 2014.

Sementara di Lazio, klub dimana Pioli terhitung sukses bisa berada di peringkat tiga Liga Italia musim 2014/15, dirinya hanya mampu bertahan hingga 91 pertandingan.


2. Rasio Kemenangan

Stefano Pioli eks pelatih Fiorentina.

Setelah jumlah pertaningan, keberhasilan Pioli membesut sebuah tim bisa dilihat dari rasio kemenangan yang bisa dihasilkannya. Dan dalam statistik tersebut, Pioli juga belum bisa mengharumkan namanya. Karena dari total 631 pertandingan yang dijalani, dirinya hanya mampu mencatatkan rasio kemenangan 37,08 persen.

Baca Juga

Secara lengkap dari 631 pertandingan, Pioli hanya menang di 234 pertandingan, imbang di 192 kaga dan 205 sisanya berujung kekalahan.

Dalam urusan gol, Pioli juga tak cukup menjanjikan. Karena tim yang dipimpinnya hanya berhasil menciptakan 822 gol, di saat kemasukan mencapai 735 gol.


3. Menang Lawan Tim Besar

Juventus, klub yang paling sering mengalahkan Pioli.

Statistik selanjutnya berkaitan langsung dengan kiprah AC Milan di bawah kendali Pioli dalam menghadapi tim-tim besar. Karena ketika memimpin sejumlah tim, Pioli justru tak juga meyakinkan ketika menghadapi tim-tim besar.

Baca Juga

Tiga tim besar berada dalam urutan teratas, klub yang paling sering mengalahkan Pioli. Yakni Juventus dengan 14 kemenangan di 17 pertemuan, AS Roma dengan 11 kemenangan dari 21 pertemuan, juga Napoli dnegan sembilan kekelahan di 25 laga.

Ironisnya ketika menghadapi Juventus, Pioli tak sekalipun mampu membawa timnya meraih kememenangan. Bahkan ketika melawan klubnya saat ini, AC Milan, catatan statistik Pioli juga mengecewakan. Yaitu dirinya sembilan kali kalah dan hanya tiga kali menang dari 19 kali pertemuan.

AC MilanJuventusLazioPelatihStefano PioliLiga ItaliaTRIVIA

Berita Terkini