x

Ini Alasan Jacksen F Tiago Terapkan Pertahanan Kaku di Lini Belakang Persipura

Jumat, 11 Oktober 2019 19:57 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago

FOOTBALL265.COM - Lini pertahanan Persipura Jayapura mengalami perubahan signifikan dalam beberapa pertandingan terakhir Shopee Liga 1 2019. Terlihat jauh berbeda dengan formasi pertahanan kaku yang diterapkan sang pelatih, Jacksen F. Tiago.

Di lini pertahanan Persipura saat ini, Yohanis Tjoe yang berposisi sebagai bek tengah lebih sering dimainkan di posisi bek kiri menggantikan peran Valentino Telaubun dan Kevin Rumakiek.

Sementara Tinus Pae (Tipa) juga diinstruksikan untuk tak terlalu sering melakukan overlap hingga ke garis pertahanan lawan. Tipa kini lebih sering bertahan di garis pertahanan sendiri.

Baca Juga

Menanggapi hal tersebut, Jacksen F. Tiago mengaku punya alasan tersendiri untuk menerapkan formasi seperti itu.

"Saya coba strategi itu karena tidak butuh transisi, tapi saya butuh pertahanan yang kokoh dan dulu sewaktu diisi Valentino dan Kevin kita sering kebobolan, dan semenjak Yohanis Tjoe di kiri kita sukses hasilkan clean sheet," ungkapnya kepada awak berita olahraga INDOSPORT, Jumat (11/10/19).

"Tipa juga tidak banyak melakukan serangan dan alhasil pertahanan kita jadi lebih kokoh," tambahnya.

Baca Juga

Pelatih asal Brasil ini juga memuji performa Yohanis Tjoe yang menurutnya sudah tampil memukau sejauh ini.

"Saya lihat kemampuan dia dan tidak ada yang tahu Yohanis jauh lebih dari saya karena saya sudah lama dengan dia. Dulu dia banyak lakukan kesalahan dan sekarang dia sudah lebih tangguh. Kita sudah semakin mendapatkan yang lebih baik," tandas Jacksen F. Tiago. 

Persipura JayapuraJacksen F. TiagoLiga IndonesiaLiga 1Shopee Liga 1

Berita Terkini