x

Starting XI Timnas U-19 di Piala Dunia U-20 Beserta Pemain Luar Negeri

Minggu, 3 November 2019 19:35 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Starting XI Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 Beserta Pemain Luar Negeri

FOOTBALL265.COMTimnas Indonesia U-19 bisa saja mengkombinasikan wonderkid lokal dengan pemain luar negeri dalam ajang Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Karena cukup banyak pemain muda tanah air yang berkiprah di luar negeri, baik keturunan maupun asli Indonesia. Situasi ini bisa menambah opsi bagi sang pelatih untuk menyambut turnamen sesungguhnya.

Kebanyakan pemain muda Indonesia itu bermain di Eropa. Pengalaman itu pun cukup dibutuhkan untuk membuat Timnas Indonesia U-19 mampu menyaingi bintang-bintang dunia.

Meski begitu, Timnas Indonesia usia muda hampir tidak pernah memanggil pemain muda yang tengah berkarier di Eropa saat mereka akan bersaing di Piala AFF atau Piala Asia.

Baca Juga

Namun agenda yang akan dihadapi Timnas Indonesia U-19 nanti akan sangat serius, yakni Piala Dunia U-20 2021. Bukan tidak mungkin jika Fakhri membutuhkan sosok pemain yang berpengalaman di Eropa.

Meski demikian, bukan berarti pelatih Fakhri Husaini harus bergantung pada para pemain luar negeri tersebut. Ia juga ditugaskan untuk meningkatkan kualitas pemain muda lokal.

Kali ini INDOSPORT pun mencoba untuk mengkombinasikan pemain lokal dan luar negeri di starting XI Timnas Indonesia U-19 dalam ajang Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Kiper: Ernando Ari

Kiper Timnas U-19, Ernando Ari saat menjalani sesi latihan.

Ernando Ari telah dipercaya sebagai kiper utama sejak Timnas Indonesia U-16. Penampilan konsistennya itu membuat dirinya tetap dipanggil Fakhri ke Timnas Indonesia U-19.

Bek: Joseph Simatupang, Elkan Baggott, Tristan Gooijer, Bagas Kaffa

Bek Garuda Select yang tampil konsisten selama menimba ilmu sepak bola di Inggris, Bagas Kaffa.

Pada posisi kanan, Joseph Simatupang Ferguson bisa saja menjadi opsi Fakhri Husaini. Sang pelatih pun bisa menggeser Bagas Kaffa ke sisi kiri sayap pertahanan Indonesia.

Karena seperti yang sudah beredar di media, bahwa Bagas Kaffa sering dimainkan sebagai bek kiri selama proses seleksi.

Sementara itu, di posisi krusia pertahanan Timnas Indonesia U-19. Fakhri bisa saja memanfaatkan kekuatan dua bek beradah Indonesia, yakni Elkan Baggott dan Tristan Gooijer.

Pengalamannya dalam menghadapi lawan dengan postur yang lebih tinggi bisa menjadi nilai tambah bagi sang pemain.

Karena lawan yang akan dihadapi Timnas U-19 di Piala Dunia U-20 2021 kemungkinan besar berpostur tinggi.

Tengah: David Maulana, Beckham Putra, Jack Brown

Beckham Putra saat latihan di Lapangan Jenggolo, Sidoarjo, Rabu (17/7/19).

Pada posisi gelandang, Fakhri kemungkinan besar tetap akan memanfaatkan kualitas pemain lokal seperti Beckham Putra dan sang pemimpin lapangan, yakni David Maulana.

Dua gelandang lokal tersebut bisa dikatakan hampir tak tergantikan di lini tengah Timnas Indonesia U-19. Keduanya memiliki peran krusial, dalam menjaga keseimbangan dan membantu serangan.

Baca Juga

Fakhri pun bisa saja memanfaatkan kualitas pemain luar negeri seperti Jack Brown untuk membantu Beckham dalam membongkar pertahanan lawan.

Depan: Yussa Nurgraha, Bagus Kahfi, Supriadi

Duel pemain Timnas Indonesia U-18, Supriadi dengan pemain Malaysia pada Piala AFF 2019.

Pemain HBS Craeyenhout U-19, Yussa Nugraha bisa menjadi opsi tambahan untuk membentuk trio mematikan di lini serang Garuda Muda.

Fakhri bisa memanfaatkan produktivitasnya dengan menempatkan Yussa sebagai pemain sayap kanan. Sedangkan Bagus Kahfi bisa dijadikan sebagai Target Man.

Sementara di sisi sayap kiri Timnas Indonesia U-19, Fakhri kemungkinan besar bakal memainkan Mochammad Supriadi. Kecepatan yang dimiliki sang pemain, membuat dirinya hampir tak tergantikan.

Starting XI Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 Beserta Pemain Luar Negeri.

Kiper: Ernando Ari

Bek: Joseph Simatupang, Elkan Baggott, Tristan Gooijer, Bagas Kaffa

Tengah: David Maulana, Beckham, Jack Brown

Depan: Yussa Nurgraha, Bagus Kahfi, Supriadi

Timnas u-19Fakhri HusainiIn Depth SportsYussa NugrahaBeckham Putra NugrahaJack BrownTimnas Indonesia U-19Bagas KaffaBagus KahfiMochammad SupriadiBola IndonesiaJoseph Simatupang FergusonTristan GooijerErnando Ari SutaryadiPiala Dunia U-20 2023Elkan Baggott

Berita Terkini