x

FIFA Bakal Sambangi Indonesia untuk Pelatihan VAR, Masyarakat Dituntut Bersabar

Kamis, 7 November 2019 10:43 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, meminta masyarakat Indonesia untuk lebih bersabar soal pelatihan VAR di sepak bola Indonesia.

FOOTBALL265.COM - Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) akan menyambangi Indonesia untuk melakukan pelatihan teknologi video bantuan wasit (VAR) kepada PSSI. Hal itu dijelaskan Ketua umum PSSI, Iwan Bule pada Rabu (6/11/2019).

Iwan Bule yang baru saja terpilih menjadi ketua PSSI dalam kongres menjelaskan nantinya FIFA akan datang pada akhir November. Ia juga ingin masyarakat bersabar demi kemajuan sepak bola Indonesia.

Baca Juga

"Nanti tanggal 27 November 2019 perwakilan FIFA akan datang ke Indonesia untuk pelatihan VAR. Kegiatannya kemungkinan berlangsung selama sembilan bulan. Jadi masyarakat harus sabar. Kita bersama ingin sepak bola Indonesia maju," kata Iwan Bule dilansir dari Antara.

Waktu sembilan bulan tersebut memang waktu yang sangat lama. Diperkirakan Indonesia baru bisa menerapkan VAR saat bergulirnya kompetisi pada 2021 mendatang.

Saat ini Indonesia juga belum memiliki wasit atau operator yang tersertifikasi untuk menjalankan prosedur VAR. Berdasarkan hukum pertandingan, bila ingin menerapkan teknologi VAR harus juga memiliki ruang operasional video (VOR) dan area tinjauan wasit.

Baca Juga

VOR tersebut berisikan tiga orang yakni wasit VAR, asisten wasit VAR, dan operator replay. Dengan hal itu setidaknya membutuhkan tujuh wasit dalam sekali pertandingan sepak bola.

VAR sangat membantu untuk melihat suatu pelanggaran atau gol yang dianggap kontroversial. Para suporter bola di Indonesia meyakini bila Indonesia menerapkan sistem VAR, maka akan membasmi para mafia.

Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji

FIFAPSSIBola InternasionalVideo Assistant Referees (VAR)Sepak BolaIwan Bule

Berita Terkini