x

Gemilang di Persib, Mengapa 'The Next Firman Utina' Abdul Aziz Masih Tak Masuk Timnas Indonesia?

Kamis, 14 November 2019 17:52 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
Terus tampil gemilang bersama Persib Bandung, ternyata belum cukup untuk membuat 'The Next Firman Utina' Abdul Aziz mendapat panggilan Timnas Indonesia.

INDOSPORT. COM - Terus tampil gemilang bersama klub Liga 1 Persib Bandung, ternyata belum cukup untuk membuat 'The Next Firman Utina' Abdul Aziz mendapat panggilan Timnas Indonesia.

Abdul Aziz jadi salah satu nama bintang yang kini tengah bersinar bersama Persib Bandung. Baru bergabung pada awal musim, Abdul Aziz langsung mendapat menit bermain reguler, dengan catatan 21 penampilan di Liga 1 2019.

Apalagi semenjak Liga 1 2019 memasuki putaran kedua, sinar Abdul Aziz kian terasa. Ia terus menjadi andalan utama oleh pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, untuk mengisi lini tengah.

Baca Juga

Setidaknya dalam 11 laga terakhir Persib Bandung, Abdul Aziz telah tujuh kali tampil sejak menit awal. Hebatnya, dari tujuh kesempatan itu, Persib sama sekali tak tersentuh kekalahan, rinciannya enam kemenangan dan satu imbang.

Kegemilangan tersebut mungkin saja karena pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, telah menemukan tandem sepadan bagi Abdul Aziz. Putaran kedua Liga 1 2019, Robert Alberts memang mendatangkan gelandang tengah anyar asal Filipina, Omid Nazari.

Sang tandem anyar, Omid Nazari juga memberikan pujian kepada penampilan Abdul Aziz. Menurut Omid Nazari, keberadaan Abdul Aziz membuatnya merasa lebih mudah untuk beradaptasi dan tampil apik.

"Saya merasa nyaman bermain dengan Abdul Aziz di lini tengah. Ia dan semua pemain sangat membantu saya. Tentunya, sejauh ini semuanya berjalan cukup bagus,” ucap Omid dilansir dari situs Viking Persib.

Baca Juga

Pujian kepada Abdul Aziz tak hanya muncul dari Omid Nazari saja. Beberapa publik pecinta sepak bola nasional juga mengutarakan hal serupa kepada Abdul Aziz lewat media sosial.

Sorotan pertama datang dari akun Instagram @simamaungcom. Pada tanggal 9 November 2019 lalu, Simamaungcom membuatkan video yang khusus membahas skill memukau Abdul Aziz.

Ada pula akun Instagram @indos.transfer yang membuatkan konten khusus untuk Abdul Aziz. Akun @indos.transfer menyebut Abdul Aziz sebagai pemain elegan dan menyamakannya dengan legenda Timnas Indonesia, Firman Utina.

Walau terus mendapatkan pujian, Abdul Aziz ternyata belum jua mendapatkan panggilan Timnas Indonesia. Tak ada nama Abdul Aziz di Skuat Garuda yang akan berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 kontra Malaysia, 19 November 2019 mendatang.

Kalau mempertimbangkan Abdul Aziz yang belum punya pengalaman internasional, nampak cukup aneh. Pasalnya, ada pula muka-muka anyar dalam 23 nama pemain yang dipanggil Timnas Indonesia, seperti rekannya sesama pemain Persib Bandung, Ardi Idrus, serta bek Semen Padang, Dedi Gusmawan.

Entah apa yang membuat Abdul Aziz belum mendapatkan kesempatan emas itu. Namun jika Abdul Aziz mampu menjaga konsistensi permainannya, panggilan Timnas Indonesia rasanya tinggal menunggu waktu saja.

Persib BandungTimnas IndonesiaLiga IndonesiaAbdul AzizLiga 1Bola Indonesia

Berita Terkini