x

Road to Final Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019

Senin, 9 Desember 2019 11:50 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay usai mencetak gol ke gawang Myanmar U-23 babak semifinal SEA Games Filipina 2019, Sabtu (07/12/19).

FOOTBALL265.COM - Timnas Indonesia U-23 lolos ke final SEA Games 2019. Berikut perjalanan Timnas Indonesia U-23 menuju final SEA Games 2019. 

Cabor sepak bola SEA Games 2019 akan segera memasuki fase akhir. Empat tim tersisa akan memperebutkan medali emas, perak, dan perunggu. 

Myanmar vs Kamboja akan memperebutkan medali perunggu pada Selasa (10/12/19). Kemudian pertandingan final akan berlangsung di hari yang sama pada malam harinya. 

Baca Juga

Pertandingan final memperebutkan medali emas akan menyajikan pertarungan antara Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam. Kedua negara sebelumnya sudah bertemu di fase grup. 

Sebelum menyaksikan pertandingan final SEA Games 2019, berikut INDOSPORT menyajikan perjalanan Timnas Indonesia U-23 menuju final cabor sepak bola SEA Games 2019. 

Euforia Melawan Thailand 

Thailand menjadi lawan perdana Timnas Indonesia U-23 di Grup B SEA Games 2019. Timnas U-23 menang dengan skor 2-0 berkat gol dari Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay

Kemenangan melawan Thailand membuat optimisme dan euforia yang cukup tinggi di dunia sepak bola Indonesia. Pasalnya, Thailand merupakan musuh bebuyutan yang sering mengalahkan Indonesia. 

Euforia kemenangan melawan Thailand berdampak positif pada pertandingan kedua. Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Singapura dua hari berselang. 

Timnas U-23 menang 2-0 berkat gol dari Osvaldo Haay dan Asnawi Mangkualam. 

Kekalahan vs Vietnam 

Sayangnya, momentum kemenangan atas Thailand dan Singapura tak bisa dilanjutkan Timnas Indonesia U-23 saat melawan Vietnam. 

Timnas sebenarnya sempat unggul 1-0 pada menit ke-23 berkat gol dari Sani Rizki Fauzi. Sayang keunggulan tersebut tak mampu dilanjutkan di babak kedua. 

Vietnam akhirnya berhasil comeback dan menang 2-1 setelah Nguyen Thanh Chung dan Nguyen Hoang Duc mencetak gol kemenangan bagi Vietnam. 

Kebangkitan Melawan Brunei 

Kekalahan saat melawan Vietnam mulai menimbulkan kekhawatiran tentang Timnas yang bisa saja gagal lolos ke babak semifinal. 

Apalagi Thailand sempat mengamuk dan menang 7-0 atas Brunei dan menang 3-0 atas Singapura, sehingga Thailand unggul selisih gol atas Timnas di klasemen. 

Tetapi kekhawatiran itu dijawab Timnas dengan menang 8-0 atas Brunei pada pertandingan ke-4 Grup B. Hasil ini membuat Indonesia mengalahkan selisih gol Thailand. 

Pertandingan penentuan melawan Laos, Indonesia kembali menang besar, kali ini dengan skor 4-0. Tambahan dua gol dari Osvaldo Haay membuatnya menjadi top skor sementara. 

Kemenangan tersebut membawa Indonesia ke babak semifinal karena pada saat bersamaan Thailand hanya bermain imbang 2-2 melawan Vietnam. 

Semifinal vs Myanmar 

Menjadi runner up Grup B membuat Indonesia berhadapan dengan Myanmar yang merupakan juara Grup A dan belum tersentuh kekalahan di fase grup. 

Indonesia tampil sangat baik dan berhasil unggul 2-0 lebih dulu atas Myanmar. Akan tetapi Myanmar berhasil menyamakan skor menjadi 2-2 dan memaksakan perpanjangan waktu. 

Baca Juga

Di babak perpanjangan waktu Indonesia berhasil menambah dua gol lagi sehingga skor akhir menjadi 4-2 dan Timnas Indonesia U-23 berhak melangkah ke final cabor sepak bola SEA Games 2019. 

VietnamThailandTimnas Indonesia U-23Thailand U-23Bola InternasionalOsvaldo HaaySEA Games 2019Vietnam U-23Serba Serbi SEA Games 2019

Berita Terkini