x

Dari Persipura Jayapura Hingga Persebaya Surabaya, Siapa Layak Duduki Runner-up Liga 1 2019?

Selasa, 17 Desember 2019 15:21 WIB
Editor: Coro Mountana
Dari Persipura Jayapura Hingga Persebaya Surabaya, Siapa Layak Duduki Runner-up Liga 1 2019?

FOOTBALL265.COM – Liga 1 2019 telah memasuki pekan-pekan terakhir, tapi persaingan untuk memperebutkan posisi runner-up masihlah sangat ketat.

Setidaknya hingga berita ini diturunkan, masih terdapat 5 klub yang berpeluang untuk menduduki posisi runner-up. Lantas pertanyaannya kini, mengapa posisi runner-up Liga 1 2019 saat ini begitu seksi hingga diperebutkan oleh 5 tim?

Baca Juga

Usut punya usut posisi runner-up memang menjadi sangat seksi karena tak hanya gengsi dapat menduduki tempat yang sangat tinggi tetapi juga ada hadiah yang menanti di musim depan. Yaitu, tiket bermain di Piala AFC musim depan.

Tetapi tiket main di Piala AFC baru bisa dicairkan andai Bali United mampu lolos dari kualifikasi Liga Champions Asia musim depan.

Baca Juga

Berkaca pada 5 klub yang masih memiliki peluang untuk menduduki tempat di bawah Bali United saat ini, sekiranya siapa layak untuk mendapatkan tempat kehormatan itu?

Persipura Jayapura

Hasil pertandingan Liga 1 2019 Bali United vs Persipura Jayapura yang berlangsung Minggu (08/12/19) malam, memperlihatkan parade gol tendangan bebas.

Pertama ada Persipura Jayapura yang setidaknya hingga sebelum Borneo FC bertanding melawan Semen Padang pada hari ini, masih menjadi kandidat terkuat untuk posisi kedua. Pasalnya, Persipura untuk sementara masih berada di posisi kedua dengan perolehan 52 poin.

Bicara soal performa musim ini, memang Persipura Jayapura termasuk salah satu tim paling mencuri perhatian. Bagaimana tidak, kedatangan Jacksen Tiago di tengah berjalannya musim sukses mengangkat Persipura dari kubangan zona degradasi jadi posisi kedua.

Persipura Jayapura pun sangat dinantikan kiprahnya di kompetisi level Asia karena kisah dongeng di Piala AFC 2014 masih melekat bagi pecinta sepak bola Indonesia. Keberhasilan melaju hingga semifinal Piala AFC masih menjadi prestasi terbaik tim Indonesia di tingkat Asia.

Bhayangkara FC

Selebrasi para pemain Bhayangkara FC saat sukses kalahkan Persija Jakarta di kandang

Bhayangkara FC yang saat ini menghuni tempat ketiga juga memiliki peluang untuk finis di bawah Bali United. Tertinggal dua poin dari Persipura menjadikan Bhayangkara memiliki kans yang cukup besar juga untuk posisi terhormat itu.

Bhayangkara FC juga termasuk tim yang mengejutkan dapat bersaing hingga pekan terakhir untuk posisi kedua mengingat tren buruk sempat mendera klub. Akan tetapi kedatangan Paul Munster di pertengahan musim membuat Bhayangkara FC mampu menang 6 dari 7 laga terakhir Liga 1.

Namun perlu juga dicatat kalau lawan terakhir Bhayangkara FC merupakan salah satu tim kuat di Liga 1 yaitu PSIS Semarang. Bahkan klub mapan Liga 1 seperti PSM Makassar dan Arema FC saja pernah kalah di kandang PSIS, termasuk juga juara Liga 1 yaitu Bali United.

Borneo FC

Renan Silva berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Kalteng Putra.

Meski tertinggal 3 poin dari Persipura Jayapura, Borneo FC ternyata tetap memiliki peluang untuk posisi kedua karena masih menyimpan 2 tabungan laga. Di bawah asuhan Mario Gomez, Borneo FC mampu menjelma menjadi tim yang sangat tangguh di Liga 1.

Bahkan juara Liga 1 2019, Bali United saja dibantai oleh Borneo FC dengan skor telak 0-6. Dengan laga selanjutnya hanya melawan tim degradasi, Semen Padang, rasanya Borneo FC akan segera menyamai perolehan poin Persipura Jayapura.

Persebaya Surabaya

Selebrasi pemain Persebaya David da Silva dan Diogo Campos usai mencetak gol ke gawang Arema FC Shopee Liga 1 di Stadion Batakan, Samarinda, Kamis (12/12/19).

Setali tiga uang dengan Borneo FC, Persebaya Surabaya masih menyimpan tabungan 2 laga yang dapat menyalip Persipura. Dengan duel terakhir melawan tim degradasi seperti Perseru Badak Lampung FC rasanya Persebaya Surabaya sudah bisa mendapatkan tabungan 3 poin.

Hanya saja satu laga lainnya mungkin akan menjadi masalah bagi Persebaya karena hari ini mereka harus bertamu ke kandang Persija Jakarta. Semakin sulit bagi Persebaya karena Persija bakal habis-habisan untuk menang mengingat ada rumor Bambang Pamungkas segera pensiun.

Madura United

Aleksandar Rakic (kanan) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Bhayangkara FC.

Terakhir ada Madura United yang juga masih memiliki peluang meski kecil tetapi secara matematis tetap ada. Berbekal tabungan dua laga, Madura United masih bisa menempati posisi kedua Liga 1 dengan catatan tim-tim di atasnya alami kekalahan di laga terakhir.

Kesimpulan

Bicara soal kelayakan, kelima tim itu memiliki standar itu karena memang telah tampil baik di sepanjang Liga 1 2019 dan jangan lupa mereka semua telah memiliki lisensi AFC. Akan tetapi kalau soal peluang, tampaknya Persipura Jayapura dan Borneo FC menjadi yang paling besar mengingat sisa lawan dan perolehan poinnya saat ini.

Oleh karena itu duel antara Persipura Jayapura vs Borneo FC di pekan terakhir pada Minggu (22/12/19) akan menjadi penentu siapa layak jadi runner-up Liga 1 2019.

Persebaya SurabayaPersipura JayapuraBorneo FCIn Depth SportsMadura United FCLiga IndonesiaBhayangkara FCLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1

Berita Terkini