x

Menilai Penampilan Gelandang Termahal Liga 1 Milik Bali United, Brwa Nouri di Musim Ini

Selasa, 24 Desember 2019 18:44 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni

FOOTBALL265.COM - Brwa Nouri disebut-sebut sebagai gelandang termahal Liga 1 yang di musim 2019 kembali memperkuat Bali United dan sukses juara, lantas bagaimana penampilannya?

Brwa Nouri didatangkan dari klub asal Swedia, Ostersund pada pertengahan Liga 1 bulan Juli 2018 musim lalu. Mampu membuktikan kelas Eropa yang dimilikinya, Nouri kembali dikontrak Bali United untuk Liga 1 2019.

Bali United sendiri baru saja mengakhiri musim ini dengan status juara kompetisi sepak bola kasta tertinggi Indonesia, Liga 1 2019 dengan raihan 64 poin dan unggul 10 poin dari Persebaya Surabaya di posisi runner-up.

Baca Juga

Ini merupakan gelar pertama bagi Bali United, setelah menancapkan kukunya pertama kali di persepakbolaan Tanah Air pada tahun 2015 lalu, menggantikan Persisam Putra Samarinda yang kesulitan finansial.

Selain trofi, satu kado lainnya yang juga di kantongi Bali United usai meraih gelar juara Liga 1 adalah tiket tampil di kompetisi utama antar klub di Benua Kuning, Liga Champions Asia musim depan melalui babak kualifikasi.

Kesuksesan yang diraih oleh tim asuhan Stefano Cugurra Teco ini pun nampaknya tak lepas dari penampilan konsisten Brwa Nouri mengawal lini tengah sepanjang Liga 1 2019.

Baca Juga

Nouri yang menyandang status pemain asing termahal di Liga 1 tentu punya beban untuk menunjukkan kelayakannya atas market value yang dimilikinya berdasarkan Transfermarkt.

Gelandang kebangsaan Iran dan Swedia itu memiliki harga pasar sebesar 650 ribu euro atau sekitar Rp10,05 miliar. Harga pasar Nouri bahkan mencapai 800 ribu euro atau sekitar Rp12,37 miliar saat pertama kali gabung Bali United.

Setelah musim lalu hanya tampil 13 kali di Liga 1 2018, di tahun 2019, Bali United benar-benar merasakan adanya sosok Nouri di lini tengah mereka. Apalagi dilengkapi dengan kreativitas yang dimiliki Paulo Sergio.

Selalu dipasang Teco sebagai gelandang bertahan, Nouri berhasil mencatat 27 penampilan bersama Bali United di Liga 1 2019 dengan hanya satu assist. Tapi harus diingat, assist bukanlah tugas utama Nouri.

Tugas utamanya adalah menjaga celah pertahanan tetap rapat sehingga menyulitkan lawan mengeksploitasi kotak penalti Bali United. Tugas gelandang bertahan juga memutus serangan-serangan lawan.

Hal itu ditunjukkan oleh Nouri lewat catatan clean sheet Bali United sebanyak 11 pertandingan sepanjang Liga 1 musim ini. Ke-11 pertandingan itu, Nouri selalu tampil 90 menit dan artinya Teco sangat butuh dengan kehadirannya.

Baca Juga

Bahkan kontribusinya kian nyata untuk Bali United di mana dirinya menjadi sosok dengan umpan sukses terbanyak, yakni sebanyak 1189 passes menurut statistik dari laman resmi Liga 1.

Hal itu mencerminkan bahwa Brwa Nouri juga adalah sosok penyambung di lini tengah Bali United. Tidak ada alasan bagi manajemen Serdadu Tridatu untuk melepasnya di Liga 1 2020 nanti.

Bali UnitedStefano Cugurra TecoLiga 1Brwa NouriBerita Liga 1

Berita Terkini