x

Mengenal Gong Oh-kyun, Pelatih yang akan Dampingi Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Jumat, 27 Desember 2019 07:09 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Juni Adi
Gong Oh-kyun dirumorkan kuat sebagai asisten pelatih yang akan mendampingi Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, bersama dua Indra Sjafri dan Seto Nurdiantoro.

FOOTBALL265.COM - Gong Oh-kyun dirumorkan kuat sebagai asisten pelatih yang akan mendampingi Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, bersama dua nama lainnya yakni Indra Sjafri dan Seto Nurdiantoro.

Meski belum diperkenalkan langsung di hadapan publik sepak bola nasional, Shin Tae-yong disebut-sebut akan bertugas di Timnas Indonesia didampingi oleh tiga nama asisten sekaligus. Salah satunya asisten yang berasal dari Korea Selatan, Gong Oh-kyun.

Baca Juga

Nama Gong Oh-kyun tentu masih sangat asing buat publik sepak bola Indonesia. Namun dibanding dua nama lainnya yang juga disebut akan menjadi pendamping Shin Tae Yong, Indra Sjafri dan Seto Nurdiantoro, pelatih 45 tahun itu jelas memiliki kualitas yang tak kalah mumpuni.

Setidaknya tercermin dari rekam jejak Gong Oh-kyun yang begitu mentereng di dunia kepelatihan. Malang melintang di Liga Korea Selatan bersama Daejeon Citizen FC dan Gyeongnam FC sebagai pemain. 

Hingga sempat merumput di klub semi-profesional Australia, Sunshine Coast FC, Gong Oh-kyun mengawali karier kepelatihan di klub Liga Super China Shenzhen FC sebagai asiten pelatih di tahun 2015.

Setahun kemudian, kualitas Gong Oh-kyun yang memiliki latar belakang Pascasarjana Kesehatan Masyarakat Universitas Konyang, dipercaya memimpin sebagai pelatih di Timnas Korea Selatan U-18.

Baca Juga

Karier Gong Oh-kyun terus beranjak ke jenjang Timnas Korea Selatan dengan usia yang lebih tinggi. Mulai sebagai asisten pelatih U-17, U-20, U-23 hingga terakhir di Timnas Korea Selatan U-20, dengan bekal lisensi AFC A yang dirinya miliki.

Jika melihat rekam jejaknya, Gong Oh-kyun pernah bekerja sama dengan Shin Tae-yong di Timnas Korea Selatan U-20 pada tahun 2017.

Kepastian Gong Oh-kyun sebagai asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia sendiri, nantinya akan menemui kejelasan dalam seremoni perkenalan yang rencananya akan dilakukan PSSI di Stadion Pakansari, bertepatan dnegan final Liga 1 Putri 2019, Sabtu (28/12/19).

Korea SelatanPelatihTimnas IndonesiaLiga IndonesiaBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini