x

Profil Klub Liga 1 2020: Persik Kediri, Tim Promosi Siap Beri Kejutan

Sabtu, 22 Februari 2020 15:35 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Yohanes Ishak
Sebentar lagi kompetisi sepak bola Indonesia Liga 1 2020 bakal dimulai. Berikut profil salah satu peserta Liga 1, yakni Persik Kediri yang siap beri kejutan.

FOOTBALL265.COM - Sebentar lagi kompetisi sepak bola Indonesia Liga 1 2020 bakal dimulai. Berikut profil salah satu peserta Liga 1, yakni Persik Kediri yang siap beri kejutan.

Persik baru saja sukses promosi ke Liga 1 2020 usai berhasil meraih gelar juara Liga 2 2019 kala mengalahkan Persita Tangerang dengan skor 3-2, akhir November lalu.

Pertandingan final Liga 2 2019 itu berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Gelar tersebut cukup spesial bagi Persik sejauh ini.

Baca Juga

Pasalnya pada edisi 2018 lalu, Persik mampu ke luar sebagai kampiun ajang Liga 3. Kemudian saat 2019, Persik kembali menggondol gelar Liga 2.

Meski begitu perjuangan Persik untuk bisa naik kasta secara singkat itu tidaklah mudah. Sebab klub asal Jawa Timur ini harus melewati berbagai pertandingan sulit.

Terlebih para peserta Liga 2 juga mengusung daya juang untuk bisa naik kasta tertinggi di musim berikutnya. Namun Persik bisa melewatinya dengan cukup meyakinkan.

Baca Juga

Persik bukanlah klub asing di kancah sepak bola nasional. Tim yang berjuluk Macan Putih ini pernah berkiprah di kasta teratas Liga Indonesia bahkan level internasional.

Bukti sahihnya ialah Persik sempat mencicipi gelar juara Liga Indonesia sebanyak dua kali tepatnya edisi 2003 dan 2006. Lalu pernah pula bermain di Liga Champions Asia pada 2004 dan 2007.

Bisa disebut kalau Persik bukanlah klub sembarangan, karena performa mereka terus menanjak. Prestasi yang pernah digapai tampaknya bisa menjadi nilai positif dalam mengembalikan kejayaan klub.

Baca Juga

Pada masa bursa transfer Liga 1 kali ini, Persik melakukan beragam perombakan mulai dari kepala pelatih, staf, hingga pemain-pemain yang bakal didaratkan.

Persik pun mempercayakan kursi kepelatihan kepada lulusan lisensi AFC Pro, yakni Joko Susilo. Hal itu disampaikan langsung oleh Chief Executive Officer (CEO) Persik Abdul Hakim Bafagih.

Abdul juga menegaskan kalau Persik tak ingin menjadi klub yang numpang lewat di pentas Liga 1 seperti tim-tim promosi yang sudah-sudah alias macam edisi sebelumnya.

Pemain Persik Kediri saat merayakan keberhasilan menjadi juara Liga 2 2019.

"Kepada coach Joko Susilo, kami targetkan uintuk membawa tim ini menembus posisi 10 besar. Kami berpikir target itu menjadi yang paling realistis," ujar Abdul kepada wartawan termasuk awak INDOSPORT di Mess Persik, Sabtu (04/01/20).

Sementara itu Joko Susilo menyatakan siap menjalankan amanah pasca ditunjuk sebagai kepala pelatih Persik dan siap menampilkan kejutan luar biasa.

"Soal apa kejutan? Saya no comment dulu," ujar Joko dalam konferensi pers pada kesempatan yang sama.

Baca Juga

Menurut PT Liga Indonesia Baru (LIB) kalau Liga 1 2020 rencananya bakal berlangsung pada 29 Februari. Ajang Liga 1 pun terdiri dari 18 peserta yang bakal saling sikut untuk menjadi juara.

Di sisi lain, berdasarkan draft jadwal yang dirilis PT LIB, Persik akan melawan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Jawa Timur, Sabtu (29/2/20). pukul 18.30 WIB.


1. Bedah Taktik dan Skuat

Starting Terbaik Persik Kediri di Liga 1 2020.

Pelatih baru Persik Joko Susilo tampaknya bakal mengenakan skema bermain 4-4-2 menyerang. Namun perannya bisa saja berubah ketika pertandingan di lapangan.

Joko Susilo tampaknya akan memanfaatkan kemampuan talenta muda dengan pemain kaya pengalaman hingga menciptakan sebuah pakem yang cukup menjanjikan.

Dengan skuat yang dimiliki, khususnya sektor kiper bakal dipercaya oleh Junaidi Bachtiar. Kemampuannya telah teruji sejak di Liga 3 hingga Liga 2 dalam mengamankan gawang.

Baca Juga

Lalu lini belakang Persik diprediksi bakal diisi oleh Andri Ibo, Ante Bakmaz (Australia), Vava Yagalo, dan Dany Saputra. Kuartet ini siap berjubaku dalam menahan gempuran lawan selama laga.

Pindah ke pos gelandang tampaknya duet Paulo Sitanggang dan Gaspar Vega (Argentina) akan saling bantu dalam mengalirkan bola dari belakang ke depan termasuk menjadi benteng pertama ketika lawan menyerang.

Untuk sektor winger kemungkinan dihuni oleh Ronaldo Wanma dan Faris Aditama. Dua pemain ini cukup berbahaya dalam menyisir ke area sayap lini belakang lawan hingga memberikan umpan-umpan ke dalam kotak penalti.

Baca Juga

Sedangkan lini depan tampaknya duet Patrik Bordon (Slovenia) dan Septian Satria Bagaskara bakal saling mengisi kesempatan dalam mencetak gol ke gawang lawan.

Skuat Sementara Persik Kediri (per 22 Februari 2020)

Kiper: Dimas Galih Pratama, Junaidi Bachtiar, Fajar Setya Jaya

Bek: Agung Prasetyo, Vava Yagalo, Ante Bakmaz (asing), Handoyo Putro, Dany Saputra, Arif Setiawan, Yusuf Meilana, Andri Ibo, Fahad Abdullah, Ibrahim Sanjaya

Gelandang: Reksa Maulana, Juan Revi, Adi Eko Jayanto, Paulo Sitanggang, Gaspar Vega (asing), Galih Akbar, Bayu Otto, dan Eka Prasetya, Arif Yangggi Rahman, Faris Aditama, Antoni Nugroho, Romario Rumpaisum, Ronaldo Wanma, Rudy Foller, Alfian Prastyo, Jefferson Alves Oliveira (asing)

Penyerang: Patrik Bordon (asing), Septian Satria Bagaskara, Wimba Sutan, Iqmal Samsu


2. Pelatih: Joko Susilo

Joko Susilo (tengah) resmi jadi pelatih Persik Kediri untuk Liga 1 2020 didampingi manajer tim Beny Kurniawan (kiri) dan Abdul CEO klub Hakim Bafagih (kanan).

Persik sempat memiliki kisah manis dengan kepala pelatih Budiardjo Thalib. Karena juru taktik asal Makassar itu yang mengantarkan Macan Putih promosi.

Akan tetapi lisensi Budiardjo yang belum sesuai dengan ketetapan PT LIB membuat Persik harus mencari pelatih baru. Joko Susilo pun dipilih sebagai nakhoda baru.

"Kami tahu kapasitas dari seorang coach Joko Susilo. Proyek kami itulah yang juga menarik minatnya untuk menerima pinangan Persik," ujar CEO Persik Abdul Hakim Bafagih, Sabtu (04/01/20).

Baca Juga

Joko Susilo juga telah cukup laman berkecimpung di dunia kepelatihan klub Arema FC. Sempat pula dipercaya menjadi juru latih Singo Edan di Liga 1 2017.

Pelatih berusia 49 tahun itu juga mendapat ilmu dari Milan Petrovic (Slovenia) serta Simon McMenemy (Skotlandia) kala menjadi asisten di Arema FC dan Timnas Indonesia.

Bintang: Septian Satria Bagaskara

Selebrasi Septian Satria Bagaskara usai mencetak gol

Pemain bintang Persik yang kemungkinan bakal bersinar di Liga 1 2020 ialah striker muda andalan, yaitu Septian Satria Bagaskara (22 tahun).

Septian yang memiliki tinggi hingga 182 cm itu memiliki berbagai keunggulan mulai dari bola udara, ketahanan fisik yang cukup, serta insting bagus mencetak gol.

Tak pula Septian mempunyai kelincahan dalam menggiring bola untuk menusuk ke area kotak penalti lawan hingga penempatan ruang yang pas untuk mencetak gol.

Dikontrak oleh Persik sejak 2017 lalu, Septian tercatat telah mengemas 30 gol dari 30 penampilan di ajang kompetisi Liga 3 (2018) dan Liga 2 (2019).

Tak hanya itu Septian juga turut menjadi juru gedor Persik kala mengantarkan Macan Putih meraih gelar Liga 3 2018 dan Liga 2 2019. Ketajamannya pun bakal di uji dalam ajang Liga 1 2020.

Persik KediriJoko SusiloJawa TimurDjoko SusiloPelatihIn Depth SportsLiga IndonesiaLiga 1profilBola IndonesiaShopee Liga 1Septian Satria BagaskaraBerita Liga 1

Berita Terkini