x

4 Klub Liga 1 2020 Tak Pakai Pemain Asing Dari Brasil, Persib Menyusul?

Kamis, 6 Februari 2020 20:13 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Sedikitnya ada 4 klub Liga 1 2020 yang tak memakai jasa pemain asing dari benua Amerika Latin, tepatnya negara Brasil. Lantas Persib akan menyusul?

FOOTBALL265.COM - Sedikitnya ada 4 klub Liga 1 2020 yang tak memakai jasa pemain asing dari benua Amerika Latin, tepatnya negara Brasil. Lantas Persib akan menyusul?

Kompetisi Liga 1 musim ini tampaknya tetap mempertahankan regulasi soal slot pemain asing, yakni tiga negara bebas dan satu dari Asia.

Pada masa bursa transfer saat ini setiap peserta Liga 1 tengah berlomba-lomba dalam mendatangkan pemain incaran mereka demi membawa dampak positif.

Baca Juga

Tak hanya pemain lokal, legiun luar negeri juga turut masuk dalam daftar belanja klub Liga 1. Sebab kualitas mereka dianggap di atas pemain lokal.

Selain itu kehadiran pemain asing juga berdampak baik bagi klub karena keberadaan mereka bisa juga mendatangkan sponsor demi menjaga kesehatan keuangan klub.

Kompetisi Liga 1 2020 rencananya bakal digulirkan 29 Februari mendatang. Namun para peserta masih terus berburu pemain sesuai dengan kebutuhan sang pelatih.

Baca Juga

Kompetisi sepak bola Indonesia sudah sejak lama terkenal diwarnai dengan para pemain kelahiran Brasil. Tiap musim ada saja klub yang mengontrak pemain asal Brasil.

Seperti musim 2020, sebanyak 14 peserta telah memenuhi kuota pemain asing dan didalamnya turut mengontrak legiun asing asal Brasil.

Maka dari itu para penggemar sepak bola nasional bisa mengetahui siapa saja klub yang tak mengontrak pemain dari Brasil dalam mengisi slot legiun luar negeri bebas pada awal Liga 1 2020.

Baca Juga

1. Arema FC

Tiga asing baru Arema, Elias Alderete, Matias Malvino dan Jonathan Bauman

Kedatangan Roberto Carlos Mario Gomez sebagai kepala pelatih anyar, Arema FC langsung menuruti pemain asing yang diinginkan oleh sang juru taktik.

Berbeda dengan tiga musim terakhir, dimana Arema FC kerap mengontrak pemain dari Brasil, pada edisi 2020 kali ini mereka tak mendaratkan satupun legiun dari negara tersebut.

Arema FC sejauh ini telah mengontrak Elias Alderete (Argentina), Jonathan Bauman (Argentina), dan Matias Malvino (Uruguay). Sedangkan untuk slot Asia diisi oleh Oh In-kyun (Korea Selatan).

2. Persija Jakarta

Marco Motta saat diperkenalken sebagai pemain baru Persija Jakarta.

Berikutnya ada Persija Jakarta yang juga ikut mengisi tiga slot pemain asing bebas dengan tak mendaratkan satupun legiun dari Brasil.

Persija bisa disebut cukup dekat dengan pemain dari Brasil. Lantaran dalam tiga musim terakhir selalu ada saja satu atau dua pemain dari Brasil yang diamankan.

Pada musim 2020, Persija melepas stigma tersebut dengan mendapatkan Marko Simic (Kroasia), Marco Motta (Italia), dan Marc Klok (Belanda). Untuk slot Asia Rohit Chand (Nepal) masih dipercaya.

3. Persita Tangerang

Pemain Baru Persita Tangerang, Mateo Bustos (baju abu-abu) dan (Elder Hasanovic baju putih).

Lalu ada runner up Liga 2 2019 Persita Tangerang yang juga tak mengisi slot pemain asing bebas dengan mendaratkan salah satu legiun dari Brasil.

Bahkan mayoritas pemain asing Persita yang didatangkan pun belum pernah berkancah di Indonesia alias mereka masih 'hijau' dengan kultur sepak bola Tanah Air.

Persita, di bawah kepala pelatih Widodo Cahyono Putro, mengontrak Mateo Bustos (Argentina), Eldar Hasanovic (Bosnia-Herzegovina), dan Yvhen Budnik (Ukraina). Untuk legiun Asia Persita menogntrak Tamirlan Kozubaev (Kyrgyzstan).

4. Persik Kediri

Calon pemain baru Persik Kediri Patrik Bordon.

Terakhir ada juara Liga 2 2019 Persik Kediri yang juga tak mendaratkan satu pemain kelahiran Brasil dalam menyambut pagelaran musim 2020 ini.

Persik bahkan mendatangkan tiga pemain luar negeri ini dengan riwayat belum pernah bermain di Indonesia sama sekali. Hanya satu yang pernah mencicipi ketatnya pagelaran Liga 1.

Persik diketahui mengontrak Gaspar Vega (Argentina), Patrik Bordon (Slovenia), dan Fode Camara (Guinea). Sedangkan pemain asal Asia dipercaya Ante Bakmaz (Australia) dan pernah bermain untuk Madura United.

Baca Juga

Kendati demikian masih ada satu klub yang belum mengontrak pemain asing dari Brasil, yakni Persib Bandung. Klub kebanggaan warga Jawa Barat itu baru mengamankan Nick Kuipers (Belanda) dan Omid Nazari (Filipina).

Akan tetapi rumor yang beredar kalau Persib akan menyodorkan kontrak ke salah satu pemain asing yang diseleksi, yakni Wander Luiz (Brasil). Namun andai tak jadi dikontrak, Persib akan menyusul empat klub tadi?

BrasilPersija JakartaPersita TangerangPersik KediriLiga IndonesiaArema FCLiga 1TRIVIABola IndonesiaShopee Liga 1Berita Liga 1

Berita Terkini